APA ITU CONTENT MARKETING? CARA MELAKUKAN PEMASARAN KONTEN

cara melakukan content marketing untuk konversi penjualan
Untuk anda yang sudah lama belajar SEO mungkin mengira content marketing atau pemasaran konten ini adalah SEO. Sebenarnya tidak seperti itu; content marketing adalah sesuatu yang lebih luas dari SEO. SEO hanya mencakup permasalahan agar suatu halaman bisa ranking di mesin pencari dan itu saja, sedangkan content marketing berbicara bukan hanya menjaring banyak calon konsumen, tetapi juga bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak penjualan

Jadi bagi anda yang membuat halaman web dengan tujuan mempromosikan perusahaan atau produk anda, maka sangat direkomendasikan anda mempelajari apa yang dimaksud dengan pemasaran konten ini.

Apa itu Content Marketing?

Berdasarkan definisi dari content marketing institute, disebutkan bahwa:
Content Marketing adalah sebuah pendekatan marketing yang berfokus pada pembuatan dan penyebaran konten yang berkualitas, relevan dan konsisten untuk menarik dan mendapatkan perhatian audiens --- dan terutama, untuk mengarahkan konsumen untuk mendapatkan keuntungan.
Seorang pemasar dan blogger yang cukup sukses, Heidi Cohen memberikan definisi:
Content Marketing menyediakan prospek, konsumen dan publik dengan informasi yang berguna saat berbelanja ataupun setelah pembelian, tanpa meneriakkan pesan-pesan promosinya.
Jadi anda bisa melihat bahwa content marketing atau pemasaran konten ini mempunyai tujuan untuk mendapatkan perhatian konsumen dengan menyediakan apa yang mereka perlukan, dan bukan semata-mata mengajak membeli saja. Sebuah usaha sangat penting untuk membangun image kepedualian pada konsumen mereka, jika ingin mendapatkan trust atau kepercayaan yang sangat penting untuk penjualan.

Kata-kata di atas terdengar klise? Bagi kebanyakan orang mungkin akan seperti itu, makanya yang berhasil di pemasaran itu hanya sedikit saja. Hanya mereka yang mau memberikan manfaat lebih dan mau bekerja lebih keras yang bisa mendapatkan perhatian dari konsumen.

Kenapa Mempelajari Content Marketing?

mengubah trafik menjadi penjualan
Content Marketing ini sangat penting bagi anda yang mau menaikkan penjualan. Di bawah ini adalah beberapa hasil survey dari dunia internasional tentang penggunaan content marketing
  • Content Marketing atau pemasaran konten bisa mengubah trafik organik menjadi penjualan hingga 30% dan ini adalah angka konversi yang sangat besar. Bayangkan jika 3 dari 10 orang yang berkunjung ke website anda membeli barang anda. Itu adalah penjualan yang sangat besar.
  • Konversi website bisa naik hingga dua kali lipat
  • Besarnya angka konversi bisa menghemat budget promosi anda
Jadi bagi anda yang mau memulai bisnis sebaiknya anda memperhatikan bagaimana anda membahasakan bisnis anda ke prospek dan konsumen anda.

Fokus Utama Content Marketing

Jadi tindakan-tindakan apa yang akan menjadi fokus utama dari content marketing ini? Di bawah ini diberikan beberapa poin utamanya.
  • Mewujudkan elemen-elemen brand inti dari organisasi
  • Menggunakan beberapa media seperti teks, video, foto, audio, presentasi, ebook, dan infographic untuk menceritakan brand
  • Memastikan media promosi anda bisa dibaca di banyak alat seperti komputer, tablet, smartphone, dll
  • Menyebarkan konten anda di media yang anda miliki, media nasional, dan media sosial
  • Memastikan konsumen mendapatkan penjelasan tentang hasil yang terukur dan ajakan untuk mengambil tindakan
Tentunya poin-poin di atas akan memerlukan sesuatu yang tidak dipunyai oleh banyak orang, yaitu budget promosi. Hanya saja sesuatu yang harus anda ketahui bahwa membangun bisnis dengan benar memang harus menyediakan budget untuk promosi. Jika ini tidak ada, maka anda harus melakukan pengembangan usaha anda dalam cakupan yang sangat terbatas dan sangat perlahan.

Aneka Ragam Media Content Marketing

Saat ini ada banyak sekali strategi untuk content marketing. Munculnya taktik content marketing yang sangat beragam ini karena ada banyak sekali media pemasaran yang bisa digunakan saat ini. Beberapa media pemasaran yang mempunyai strategi atau taktik pemasaran yang cukup beragam antara lain adalah.
  • Social Media
  • eNewsletters
  • Artikel Website
  • Blog
  • In-Person Events
  • Studi Kasus
  • Video
  • Ilustrasi
  • Jurnal
  • Presentasi Online
  • Infographics
  • Webinars
  • Laporan Riset
  • Microsites
  • Aplikasi

Bagaimana Membuat Content Marketing?

Adalah bukan hal yang mudah untuk membuat konten yang bisa menaikkan penjualan kita. Anda harus memposisikan diri anda sebagai seorang konsumen dan mencoba memikirkan apa yang ingin anda lihat dari sebuah halaman website yang menawarkan suatu produk atau jasa.

Suatu konsep yang disebut SMART dikembangkan untuk membantu pemahaman orang-orang dalam membuat strategi untuk konten mereka.

Specific/Spesifik ini menekankan untuk membuat startegi konten yang tujuannya sangat spesifik. Anda harus paham kenapa anda harus melakukan content marketing ini. Jika anda tidak tahu apa yang sedang anda lakukan dan kenapa anda melakukannya, maka itu akan terlihat dari konten yang anda buat yang tentu saja akan ikut kabur dan tidak terarah.

Measurable/Terukur ini menekankan untuk membuat strategi content marketing yang bisa anda ukur atau lacak penyebaran informasinya. Ini adalah sesuatu yang sangat penting bagi anda yang melakukan marketing, karena jika anda tidak mempunyai data ini anda akan "buta" dan tidak tahu apa tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki penargetan dari market anda.

Attainable/Dapat Dicapai ini menekankan pada penentuan target Content Strategy yang bisa dicapai. Jangan sampai anda menentukan target yang terlalu ringan atau terlalu berat. Buat target yang maksimal untuk bisnis anda, dan tidak melebihi kemampuan anda.

Realistic/Realistis ini menekankan pada sikap yang mampu melihat batasan-batasan yang dimiliki dalam melakukan marketing. Tentunya realistis ini bukan hanya melihat batasan saja, tetapi juga mempertimbangkan solusi-solusi yang realistis untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Sikap realistis ini bisa diwujudnyatakan dengan menentukan persentase target pemasaran.

Time Bound/Batas Waktu ini menekankan pada penetapan batas waktu untuk mencapai gol atau target dari pemasaran anda.
SMART dari content Marketing strategi yang bisa diterapkan

TAHAPAN DALAM MELAKUKAN CONTENT MARKETING

Perlu anda ketahui bahwa seberapa besar alokasi waktu dan budget yang bisa kita berikan untuk content marketing ini sangat bergantung pada kelas dari niche bisnis kita. Semakin besar kelas dari niche bisnis kita, maka hampir semua metode ini bisa kita terapkan. Tapi pada dasarnya semua content marketing itu terdiri dari 3 garis besar, seperti yang ada di bawah ini:

Perencanaan

Dalam tahap perencanaan ini kita melakukan perhitungan untuk semua hal di dalam optimasi content marketing kita ke depannya. Kita bisa menentukan dengan seksama di tahap ini siapa saja yang menjadi target bisnis kita dan alasan-alasan apa saja yang membuat target tersebut memerlukan bisnis yang sedang kita bangun. Di sini juga kita bisa menggali banyak ide tentang cara memasarkan konten yang akan kita buat. Ide-ide apa yang kemungkinan bisa kita pakai di dalam strategi pemasaran konten kita nantinya dan channel apa saja yang akan kita gunakan. Pemilihan ide ini adalah tahap yang sangat penting karena di sini ada merancang konsep dari PENCITRAAN yang akan anda lakukan.

Saat dikatakan PENCITRAAN bukan berarti anda harus berbohong; yang dimaksud dengan PENCITRAAN di sini adalah mengemas bisnis anda dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan kepercayaan dari pembaca kampanye iklan anda. Salah satu "kebohongan" yang lazim terjadi di kalangan marketing adalah "kecap kami no.1". Tapi kebohongan ini diberi tanda kutip karena bisa jadi dalam perspektif marketing tersebut memang kecapnya no.1. Jadi tugasnya untuk membantu orang melihat produk tersebut dari perspektif yang sama dengan yang dilihatnya.


Pembuatan Konten

Anda bisa memulai ini dengan membuat sebuah blog atau membuat halaman website untuk mempromosikan website anda. Berbeda saat anda belajar SEO untuk membuat halaman web anda menjadi ranking 1 di mesin pencari seperti Google. Tujuan dari content marketing adalah menyentuh perasaan manusia yang melihat konten anda atau iklan dari konten anda. Jadi ada perbedaan dari belajar SEO dengan melakukan content marketing ini. 
Untuk melakukan content marketing, maka tentunya anda harus menguasai content writing yang baik. Gaya bahasa, dan penataan tulisan beserta media lainnya di dalam landing page sangat menentukan seberapa besar pengunjung yang datang ke website tersebut diubah menjadi pembeli.

Perlu anda ketahui saat seseorang ingin berbelanja, maka kebanyakan mereka melakukan scanning saat membaca. Ini berbeda dengan membaca saat belajar di mana anda bisa melewatkan banyak hal saat anda melakukan scanning. Jadi karena pembaca melakukan scanning, maka sangat perlu bagi anda untuk memberi tampilan yang berbeda dari poin-poin utama di setiap pembahasan. Anda bisa memberi hurufnya warna yang berbeda atau ukuran huruf yang berbeda.

Membuat tampilan yang bisa discan ini akan membantu pengunjung website anda untuk mendapatkan poin-poin yang ingin anda sampaikan. Cukup banyak pembaca yang meninggalkan suatu halaman web bisnis online yang tampilannya mirip koran. Anda bisa mencegah ini dengan membuat tampilan anda lebih menarik....
  • Beri warna berbeda pada penekanan-penekanan di halaman tersebut (saya tidak melakukannya di sini karena tulisan pembelajaran bukan untuk discan)
  • Gunakan banyak gambar untuk variasi
  • Beri spasi jarak yang lebar antar paragraf untuk membuat ruang kosong yang bisa memberi jeda pada pembaca, dan ini membantu landing page anda terlihat lebih clean design
  • Masukkan video yang ilustratif tentang produk anda
  • Gunakan dasar terang tulisan gelap.
  • Jika ada sesi di mana anda mengharapkan perhatian yang lebih, maka beri sesi itu warna latar yang berbeda

Adapun hal-hal yang sebaiknya anda hidangkan di dalam landing page anda adalah:
  • Judul yang membuat penasaran atau memprovokasi
  • Deskripsi yang memberi penjelasan singkat tentang keuntungan yang bisa didapatkan pengunjung landing page anda
  • Gambar produk yang ditata dengan baik
  • Video untuk menjelaskan produk anda
  • Keuntungan yang anda sajikan dalam bentuk poin-poin
  • Masukkan link-link tambahan yang bisa membantu pengunjung anda
  • Deskripsi yang lebih mendetail tentang produk anda
  • Testimoni dari konsumen anda juga bisa anda lampirkan
  • Verifikasi dari lembaga ternama juga bisa membantu menaikkan konversi anda.

Optimasi Untuk Pencarian, Promosi Sendiri Dan Promosi Berbayar

Setelah konten anda jadi, maka anda bisa melakukan optimasi SEO, promosi sendiri dan juga promosi iklan untuk menjaring trafik. SEO akan menjaring trafik organik, sedangkan iklan akan menjaring trafik berbayar. Anda bisa membaca sesi belajar SEO yang ada pada navbar di atas; karena materi di sini bukan tentang SEO.

Untuk melakukan promosi sendiri anda bisa masuk ke dalam halaman-halaman forum di mana anda merasa produk anda dibutuhkan. Jangan bertindak seperti sales yang mau menawarkan produk. Di dalam ilmu marketing diajarkan bahwa pemasar juga sebaiknya menjadi pengguna produk, karena pernyataan yang berasal dari pengguna produk lebih akan dipertimbangkan daripada kata-kata seorang sales. Jadi masuklah ke forum-forum dan beri kesaksian sambil memasang link menuju website anda.

Untuk beriklan, anda harus membuat konsep iklan dengan baik. Iklan itu harus membuat penasaran, memberi harapan bahwa itu adalah produk yang diperlukan, dan tidak lebay alias memuakkan. Desain iklan anda agar terlihat hadir untuk membantu orang dan bukan mau memanfaatkan orang. Jika anda gagal di sini, maka iklan anda tidak akan mendatangkan pengunjung yang anda harapkan.

Lakukan optimasi content marketing anda ini dengan seksama agar anda bisa mendapatkan pengunjung yang anda harapkan bisa mendorong bisnis anda naik ke level yang lebih tinggi.

Silahkan Berkomentar

5 comments:

ricky pratama said...

Untuk komentar di blogspot, harap tidak spam dan memasang link ya, komentarnya dimoderasi. TQ

Yayan Sihabuddin said...

Panjang mas, akunya bingung. Sebenarnya apa pentingnya belajar content marketing ya mas. Bisa dibahasakan dalam bahasa yang pendek saja biar bisa paham apa saya harus mempelajari content marketing ini atau tidak.

Kisnul said...

Thanks mas, belajar content marketing itu lebih luas dari SEO.... Jadi pengen bangun bisnis sendiri jadinya.

Mas Darsono said...

Maaf mas, kalau boleh nawar nih, kasih contoh dong untuk konten marketingnya :)

BTW, makasih ilmunya... blog sampeyan memang oye :)

ricky pratama said...

Ngak bisa Kang Yayan, itu sudah normal panjangnya. Content marketing memang rumit dan banyak opsinya, jadi agak sulit menyederhanakannya. Artikel ini saja belum lengkap dan perlu banyak penunjang tambahan.

Yang jelas pengertian content marketing itu, cara memasarkan konten anda agar orang tertarik membacanya dan setelah membacanya tertarik membeli barang anda.

======

Mas Darsono, iya mas...artikel content marketingnya sedang dilengkapi

 
TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

Mencari Sesuatu?

Masukkan kata kunci topik yang diinginkan. Misalnya meta description, onpage, atau apa saja

Popular Posts

Blog Followers

BLOG INI ONLINE SEJAK
22 MARET 2012
HATI-HATI COPY PASTE
Diharapkan agar tidak melakukan copy paste. Untuk pengutipan diharapkan disertai link ke halaman artikel di blog ini. Terima Kasih atas pengertiannya

Powered by Blogger.