Bagaimana keluar dari sanksi hukuman Google Penguin?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Sudah empat minggu sejak Google meluncurkan update Algoritma Penguin. Google sepertinya cukup puas karena algoritma yang melawan spammer ini terus menunjukkan performa sesuai tujuan pembuatannya. Tentu saja di sisi lain, website yang terkena serangannya sibuk mencari cara keluar dari sanksi hukuman Penguin.

Penguin benar-benar difokuskan untuk melawan "black hat webspam". Walaupun demikian ada beberapa keanehan yang terjadi dari hasil pencarian. Website spammer seperti viagra benar-benar menghilang dari daftar.

Tapi di sisi lain website yang terkena hack (halaman kosong) justru terindex di halaman pertama. Saya juga mengamati sebuah website yang semula terdaftar pada halaman pertama Google untuk sebuah kontes SEO lenyap dari halaman pertama. Usut punya usut blog tersebut ada di halaman 36. Benar-benar pukulan yang luar biasa.

Jadi apakah blog anda terkena tendangan tanpa perasaan dari sang penguin? Mungkin anda penasaran bagaimana caranya untuk memulihkan blog anda. Ada begitu banyak jawaban dari Google Webmaster Forum, tapi tidak ada yang menyenangkan.

Setiap webpage yang terkena hukuman dari Google Penguin akan dipandang sebagai blog yang tidak dapat dipercaya oleh Google. Hal ini serupa bila blog anda kedapatan memalsukan klik dari akun adsense anda.

Mungkin ada yang berkata "Kita masih bisa meminta peninjauan ulang dari Google", sayangnya tidak bisa. Setiap webpage yang terkena tendangan penguin tidak bisa meminta layanan reconsideration dari Google. Webpage akan pulih dengan sendirinya segera setelah faktor-faktor web spam yang terhitung pada webpage tersebut diperbaiki.

Yang menjadi masalah adalah jika anda terlibat dengan tukaran link, atau membayar jasa penukaran link. Ada begitu banyak link yang sudah di luar kendali anda. Google tidak bisa memberi saran apapun untuk masalah ini selain "perbaiki apa yang bisa anda perbaiki dari faktor-faktor spam di halaman web anda".

Jika sudah membersihkan faktor-faktor webspam pada blog anda, maka silahkan menunggu penguin melakukan updatenya lagi pada blog anda.

Perlu anda ketahui: Algoritma penguin ini mirip dengan panda yang filternya terus diperbaharui dari waktu ke waktu. Penguin tidak beroperasi dalam grafik konstan, tetapi dipergunakan secara khusus untuk mentagging hal-hal yang berbau spam di internet secara periodik.

Itu berarti anda harus menunggu periode update berikutnya agar blog anda mendapat penilaian ulang. Mau dengar berita pahitnya? Perhatikan....

Website yang salah satu halamannya terkena hukuman oleh Penguin, akan mempengaruhi performa website secara keseluruhan. Satu-satunya cara keluar adalah dengan mencabut semua faktor spam yang bisa anda temui. Jika setelah melakukan itu tetap tidak pulih .... buat saja website baru kata Google.

Tapi jika anda benar-benar merasa Algoritma Google melakukan kesalahan, silahkan bertanya dengan sopan di halaman khusus pengaduan update Penguin, jangan emosi ya. 
Jangan mencoba membersihkan website anda kemudian komplain seolah-olah tidak pernah ada kesalahan. Ingat! Google punya cache dari website anda dari waktu ke waktu untuk meninjau riwayat pelanggaran dari blog saudara.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!