Apakah SEO masih akan bertahan cukup lama?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Artikel ini saya beri judul apakah SEO masih akan bertahan cukup lama? bukannya tanpa alasan. SEO saat ini menjadi andalan banyak orang untuk membuat blognya ikut tampil di halaman pencarian search engine seperti Google. Tapi apakah semua trik itu masih bisa bertahan terus, atau malah trik itu sudah mendekati akhirnya?

Saya cukup percaya bahwa trik-trik yang katanya SEO beraliran "black hat" alias webspam sudah dekat kepada akhirnya. Semua ini dikarenakan perkembangan algoritma Google yang semakin pesat belakangan ini membuat sang Googlebot semakin mirip kemampuannya dengan pengunjung manusia. Kelak robot Google sudah tidak akan bisa lagi diperdayai semudah saat ini.

Dulu Google meluncurkan algoritma baru setelah bertahun-tahun. Sekarang hampir setiap tahun ada algoritma baru. Bahkan setiap bulan bisa muncul update dari versi algoritma yang sudah ada. Jadi kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari dalam dunia SEO ini.

Mungkin ada yang bertanya; kenapa Ricky membuat artikel ini? Saya membuat artikel ini karena saya melihat kebanyakan blogger pemula cenderung memulai blognya dengan style webspam. Tentunya mereka berharap dengan melakukan hal itu maka blognya akan melesat secara instant, dapat banyak pengunjung, dan otomatis bisa mendatangkan peluang bisnis.

Ini sepertinya benar-benar menjadi standar gaya blogger pemula yang blogging for money. Hanya saja, ini bisa berbuntut masalah jika di kemudian hari Google meluncurkan algoritma untuk mengantisipasi teknik yang digunakan. Kerja keras itu bisa menjadi sia-sia dalam waktu seketika.

Harus diakui bahwa bagi pemula atau blog baru, untuk menjadi 100% white hat itu nyaris mustahil. Akan tetapi sebisa mungkin harus dijaga agar corak dari blog kita dominan white hat daripada black hat. Untuk mengetahui standar dari search engine optimization, bisa saudara baca pada artikel checklist SEO, dan untuk mengetahui apa saja webspam bisa saudara baca dari artikel apa yang dimaksud dengan web spam.

Tapi tidak sedikit juga blogger yang mengambil jalan tengah, yaitu membangun blog white hat dan black hat secara bersamaan. Black hat diproyeksikan sebagai proyek jangka pendek (cepat melihat hasil), sedangkan yang white hat sebagai proyek untuk jangka panjangnya. Ya, style yang manapun bisa dipilih suka-suka.

Jadi jika ditanya, apakah SEO akan mati? Jawabnya bisa kita tanyakan ke pihak Google sendiri. Bos SEO Google mengatakan bahwa SEO tidak akan mati, tapi kalau webspam lain lagi. Yang menjadi masalah adalah banyak blogger yang menganggap webspam juga sebagai SEO dengan memberi embel-embel "black hat". Di mana pada kenyataannya Google sama sekali tidak menganggap teknik seperti itu sebagai SEO.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!