Apa itu Iframe? Apa Dampak Iframe Pada SEO?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
memasang iframe pada blog dan apa akibatnya untuk SEO
Apa itu Iframe? Apa dampak Iframe pada SEO? Ini adalah pertanyaan yang sering masuk ke moderasi saya. Jadi kali ini saya mau membahas sedikit tentang iframe. Iframe adalah "bingkai" untuk menampilkan webpage lain pada suatu halaman. Salah satu contoh Iframe yang banyak digunakan adalah chatbox dan video dari youtube. Pertanyaannya adalah apa dampak atau akibat dari penggunaan Iframe? Tapi sebelum itu kita bahas sedikit bagaimana cara membuat iframe.

Bagaimana cara membuat Iframe?

Membuat Iframe itu sangat mudah, cukup gunakan perintah di bawah ini:
<iframe src="http://trikmudahseo.blogspot.com" width="350px" height="300"></iframe>

Keterangan:
  • Ubah http://trikmudahseo.blogspot.com dengan URL yang ingin anda tayangkan
  • Ubah nilai width dan height dengan nilai yang anda suka


Kalau mau mencoba demo kode ini bisa coba demo iframe
Dengan melakukan ini anda akan membuat browser anda memuat dua halaman sekaligus, yaitu halaman anda dan halaman yang anda beri iframe.

Apa dampak membuat Iframe pada SEO?

Sudah menjadi isu di dunia maya bahwa iframe buruk untuk SEO. Saya sendiri sudah berkali-kali mengatakan bahwa Iframe itu tidak SEO friendly. Tapi benarkah itu? Jadi daripada terlalu mengambang, saya mencari dari beberapa sumber yang membahas iframe untuk membuat artikel ini.

Hal yang perlu anda garis bawahi pertama kali adalah saat membuat Iframe anda membuat browser anda memuat tambahan halaman web dalam satu tab. Semakin banyak iframe yang anda gunakan, maka semakin banyak pula halaman web yang dibuka secara bersama-sama. 

Anggap saja blog anda mempunyai beberapa gambar sampai total file yang harus didownload adalah 600kb. Lalu bagaimana jika halaman yang anda beri iframe juga mempunyai ukuran yang lumayan besar? Atau bahkan lebih parah lagi, halaman tersebut mempunyai javascript yang butuh waktu lama untuk dimuat?

Perlu anda ketahui bahwa proses memuat halaman anda tidak akan selesai sebelum semua komponen web page yang anda masukkan dalam iframe itu termuat semua. Anggap saja halaman web yang anda tempel itu lancar tebuka saat ini. Tapi apa itu berarti bebas masalah? Belum tentu. Bagaimana jika setelah dua bulan halaman itu bermasalah pada javascript?

Kalau waktu muat blog anda terlalu lama, itu bisa berpengaruh pada pengindeksan blog anda. Kenapa? Anggap saja robotnya google sampai di halaman web anda dan berusaha memuat halaman anda, kalau iframe anda berisi website yang berat atau bahkan macet, maka blog anda bisa "kehabisan waktu" dan googlebot harus meninggalkan website anda sebelum menyapu semua link yang ada di dalamnya.

Lalu apa akibatnya pada SEO blog anda jika ternyata iframe berisi website yang berat atau bahkan macet itu anda pasang di sidebar dan muncul di semua halaman? Silahkan saudara asumsikan sendiri.

Apakah Google Meneruskan Poin Pada Web yang kita Iframe?

Jawabnya adalah ya. Google bukan hanya mengindeks halaman web yang kita Iframe, Google bahkan meneruskan poin halaman dari halaman web kita ke halaman web yang kita iframe. Jadi sifat dari iframe bagi Googlebot adalah Index, Follow. Ini berbeda dengan Bing dan Yahoo! Kedua search engine ini menyikapi sebuah iframe sebagai noindex, nofollow.

Jadi sebelum anda memasang ini pada halaman web anda, pertimbangkanlah beberapa hal berikut ini:
  • Apakah anda yakin ingin memasang iframe yang ditayangkan di semua halaman web anda?
  • Apakah anda yakit server dari halaman web yang anda tempel itu mempunyai kecepatan muat yang prima
  • Apakah anda tidak keberatan memberikan poin halaman pada halaman web yang anda tempel di webpage anda?

Jika anda sudah sangat yakin dengan ketiga poin di atas, maka silahkan pasang iframe anda. Sekian dulu artikel Apa itu Iframe? Apa dampak Iframe pada SEO?

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!