CARA MEMBUAT WEBSITE UNTUK PEMULA TERLENGKAP [VIDEO]

belajar cara membuat website untuk pemula 2018
Cara membuat website sendiri sebenarnya sangat mudah. Saat ini sudah ada banyak sekali pilihan cara yang bisa dipilih untuk membuat website anda. Alasan umum orang membuat website adalah untuk mendapatkan trafik; dan salah satu sumber trafik utama adalah dari hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Jadi di sini saya memberikan cara membuat website yang SEO ready, untuk anda yang ingin mencoba bersaing di Google.

INFORMASI PENTING:
Kalau anda belajar cara membuat website untuk pemakaian sendiri, dan bukannya untuk menjadi seorang web developer, maka kami lebih merekomendasikan untuk menggunakan jasa pembuatan website kami.

Jasa pembuatan website ini akan membuat anda lebih berhemat dan juga lebih santai karena tidak perlu memusingkan semua proses teknis dari pembuatan website. Keterangan selengkapnya bisa anda baca dari link Jasa Pembuatan Website di sidebar atau di bawah.


Penjelasan cara membuat website ini akan saya bagi dalam beberapa tahapan yang wajib anda ikuti kalau anda benar-benar ingin membuat website yang siap bersaing di halaman pencarian Google. Tidak perlu terburu-buru, anda bisa menyicil proses pembuatan website di bawah ini....

Adapun tahapan cara membuat website sendiri ini adalah sebagai berikut:
  1. Menentukan Niche Website
  2. Menentukan Kata Kunci
  3. Membeli Nama Domain dan Layanan Web Hosting
  4. Memilih Platform Website
  5. Cara Membuat Website Sendiri Menggunakan CMS Wordpress
  6. Memilih dan Mengganti Tema
  7. Cara Membuat Website Anda Kencang
  8. Plugins
  9. Mengisi Website Dengan Konten SEO Ready
  10. Cara Membuat Website Yang Lainnya (buat yang mau mahir membuat website dari nol langsung ke bagian ini saja .... tapi ini materi pembelajaran cara membuat website yang berat tentunya...)

Karena pembahasan cara membuat website ini akan panjang, jadi kita langsung saja....

1. Menentukan Niche Website

Ini adalah tahap paling awal jika anda ingin membuat sebuah website. Anda harus tahu kalau semua website itu mempunyai potensi yang berbeda-beda. Hanya karena anda melihat orang sukses memasarkan sepatu secara online, bukan berarti anda bisa mendapatkan sukses yang sama memasarkan bumbu pecel secara online.

memilih niche akan membanyu menentukan potensi website
Niche adalah batasan target market dari konten website yang akan anda buat

Niche adalah market dari website anda. Kalau memang anda mempelajari cara membuat website untuk tujuan yang komersil, maka saya merekomendasikan anda memilih niche yang paling anda kuasai dan paling mempunyai banyak peminat di internet.

Dengan kemampuan menentukan dan mengukur niche anda, maka sejak awal anda sudah bisa mengukur potensi yang akan anda dapatkan dari membuat website tersebut. 

Untuk lebih memahami masalah niche ini, anda bisa membacanya dari artikel:

2. Menentukan Kata Kunci

Jangan membuat website anda sebelum melakukan riset kata kunci. Di dalam setiap niche ada kata kunci utama dan ada kata kunci pembantu. Anda bisa menentukan potensi trafik dari niche yang anda pilih dengan melakukan riset kata kunci.

riset kata kunci untuk mengetahui potensi trafik
Riset kata kunci akan membantu anda mengukur potensi trafik dan membut rencana pengembangan website yang akan dibuat.

Anda akan membuang banyak sekali tenaga dalam mengembangkan website jika anda tidak menentukan kata kunci di awal. Menentukan kata kunci akan membuat anda lancar membuat artikel dan tentunya hirarki atau susunan prioritas posting di dalam website anda akan sangat jelas.

Ini sangat penting bagi anda yang baru belajar membuat website. Sangat banyak orang yang berhenti menjalankan websitenya di tengah jalan karena mengabaikan riset kata kunci ini. Jika anda mau mempelajari masalah riset kata kunci ini silahkan baca artikel berikut:
Cara Melakukan Riset Kata Kunci

3. Membeli Nama Domain Dan Layanan Web Hosting

Setelah anda memilih niche dan melakukan riset kata kunci, maka sekarang anda sudah siap untuk membuat website pertama anda. Langkah pertama dalam membuat sebuah website adalah dengan membeli nama domain dan layanan web hosting.

Memilih Nama Domain

Nama domain ini akan menjadi alamat dari website anda nantinya. Jadi jika ada orang yang mau mengunjungi website anda; mereka tinggal memasukkan nama domain anda ke dalam kolom alamat di browser.

memilih nama domain untuk website
Pilihlah nama domain yang mudah untuk diingat

Sebenarnya alamat dari sebuah website adalah IP address yang terdiri dari beberapa digit angkat. Tentunya akan sangat sulit menghafal angka-angka ini, makanya diperlukan nama domain yang "dilekatkan" pada alamat websitenya sehingga orang mudah mengingat alamat dari website tersebut.

Contoh dari nama domain itu seperti:
  • google.com
  • tokopedia.com
  • wikipedia.com
  • worpress.org
  • mncvision.tv, dll
Adapun .com, .org, .tv adalah TLD atau Top Level Domain.

Nah sebelum anda mempelajari cara membuat website, .... mungkin ada yang berpikir apakah Nama Domain bisa membantu SEO dari website anda?

menggunakan kata kunci di dalam nama domain
kata kunci di dalam nama domain bisa mempermudah optimasi SEO anda sampai pada tingkat persaingan tertentu.

Banyak orang yang tidak setuju dengan ini, tapi sampai hari ini di jasa backlink yang kami kelola....kami sudah melakukan optimasi untuk lebih dari 2000 website, dan website yang memakai kata kunci di dalam nama domain "terasa" lebih mudah untuk ranking. Jadi dari pengalaman ini, kami masih setuju kalau nama domain memang bisa membantu.

Tapi ini hanya berlaku pada tingkat persaingan menengah ke bawah. Di tingkat persaingan menengah ke atas; nama domain tidak akan terasa manfaatnya sama sekali. Jadi jika anda berencana membuat website untuk persaingan yang keras, silahkan saja memakai nama domain sesukanya.

Untuk mengetahui apakah nama domain anda bisa digunakan anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu. Anda bisa mengunjungi situs penyedia hosting, dan biasanya di situs ini ada kolom pencarian nama domain. Silahkan masukkan nama domain yang anda inginkan ke dalam kolom pencarian ini dan lihat apakah nama domain tersebut tersedia.

Sebenarnya mencari nama domain ini adalah langkah teknis pertama yang anda pelajari dari cara membuat website.

Saat ini ada banyak sekali penyedia layanan web hosting di Indonesia. Anda bisa Googling nama-nama berikut ini: Dracoola, Idwebhost, Idcloudhost, Dewaweb, Domainesia, Ardetamedia, Niagahoster, dan masih banyak lagi.

mencari nama domain di domainesia
Anda bisa mencari nama domain pada tools pengecekan nama domain yang tersedia di situs provider web hosting

Anda bisa membaca lebih lengkap masalah nama domain ini di artikel cara memilih nama domain, atau anda bisa langsung saja praktek dengan melihat video di bawah ini.

UNTUK PANDUAN LENGKAP CARA MEMILIH NAMA DOMAIN DALAM MEMBUAT WEBSITE BISA ANDA LIHAT DI VIDEO YANG ADA DI AKHIR ARTIKEL INI....


Memilih Top Level Domain

Jika anda mempelajari cara membuat website untuk SEO, maka anda perlu tahu bahwa TLD juga bisa membantu anda menambah poin SEO. Sebagai contoh; jika anda memilih target market dari Indonesia, maka sebaiknya anda memakai TLD .id.

Google akan memberikan prioritas pada website yang memakai cTLD .id untuk wilayah pencarian di Indonesia. Apa itu cTLD? ... Itu adalah singkatan dari Country Top Level Domain....
gunakan domain .id untuk market indonesia
TLD atau Top Level Domain untuk negara tertentu akan membantu prioritas trafik mesin pencari untuk website yang akan anda buat.
Selain itu anda juga bisa menambah poin TRUST dari website anda jika anda membeli nama domainnya untuk jangka waktu yang panjang. Misalnya anda langsung membeli nama domainnya untuk 5 tahun ke depan.

Ini akan menjadi sinyal dari Google bahwa anda membuat website untuk sesuatu yang serius dan bukan untuk sesuatu yang asal jadi apalagi untuk penipuan, karena biasanya penipuan membuat website untuk waktu yang singkat saja.

Jadi saat anda belajar cara membuat website untuk persaingan yang berat; anda harus mempertimbangkan nama domain, TLD, dan lamanya waktu pakai dari nama domain yang anda beli.

Membeli Paket Web Hosting

Ini adalah tahap selanjutnya dari cara membuat website. Jadi kalau anda sudah menemukan nama domain yang anda anggap sesuai keinginan anda dan merasa sudah fix akan membuat website, maka sekarang saatnya anda membeli paket hosting.

Apa itu hosting?

Layanan web hosting sebenarnya adalah server berupa CPU yang online. Di sini anda bisa menyimpan file website anda pada alamat tertentu, sehingga file-file dan database dari website anda bisa diakses oleh semua orang.

layanan web hosting
Layanan web server yang buruk bisa merugikan optimasi website yang anda buat

Apakah anda bisa membuat sendiri server website anda? Oh tentu bisa, tapi jauh lebih murah dan praktis jika anda sewa saja jasa web hosting.

Jika anda pemula yang baru mau membuat website, tentunya file dari website anda sangat sedikit. Terlalu berlebihan jika anda sampai harus mengelola sebuah server sendiri untuk website kecil-kecilan.

Penyedia jasa web hosting seharusnya mempunyai pilihan paket yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Paket ini bisa melayani dari website yang kecil-kecilan sampai website dengan file-file dan database yang sangat besar.

Apakah ada sesuatu dari layanan web hosting yang harus anda perhatikan terkait dengan SEO?

Tentu ada, .... faktor kecepatan halaman web bisa mempengaruhi SEO dari website anda....walaupun secara tidak langsung....

Kalau anda menggunakan web hosting yang lambat maka itu akan merusak SEO dari website anda. Kenapa bisa seperti itu? Perhatikan ini; saat ini algoritma Google sudah mengedepankan RankBrain yang melihat reaksi pengunjung di website anda.

Jika pengunjung mempunyai kesan yang baik pada website anda, maka peringkat anda akan naik, tapi jika pengunjung mempunyai kesan yang buruk pada website anda, maka website anda akan turun.

Apakah anda tahu perlu berapa detik untuk orang-orang mulai meninggalkan website anda? Mulai dari 3 detik pertama website anda tidak membuka, orang-orang sudah mulai membatalkan kunjungannya. Jadi kalau website anda lambat, maka website anda akan banyak menerima respon yang buruk dari pengunjung.

Belum lagi di tahun 2018 ini Google melakukan 3 update besar pada algoritmanya dan salah satunya adalah mobile first index yang akhirnya juga masuk ke dalam algoritma inti Google. Jadi anda pastinya harus memikirkan masalah kecepatan dari waktu muat website yang anda buat.

Kalau anda butuh panduan cara memilih server yang mempunyai kecepatan yang baik anda bisa membaca artikel berikut:

Cara Membeli Paket Hosting +Nama Domain

Untuk anda yang mau membeli paket web hosting dan nama domain; di bawah ini saya berikan tahapan-tahapan melakukan pemesanan paket hosting di domainesia.
Silahkan kunjungi alamat https://www.domainesia.com

tampilan homepage dari domainesia

Klik link HOSTING pada menu header

link hosting pada menu header domainesia

Klik PESAN pada paket yang diinginkan

pilihan paket web hosting

Pilih Server Jakarta jika target market dari website yang dibuat adalah Indonesia. Pastikan juga opsi Let's Encrypt SSL terpilih.

memilih server dan SSL

Masukkan nama domain dan jika nama domain tersedia, pastikan anda mengaktifkan DNS Zone Manager

memilih DNS zone manager

klik MASUKKAN TROLI

menyelesaikan pemesanan dengan mengklik masukkan troli

Pastikan data di troli benar, dan silahkan klik DAFTAR

daftar akun pengguna di domainesia

Masukkan nama depan, nama belakang, dan password setelah itu klik LANJUT

data pengguna di domainesia

Masukkan alamat dan pilih negara, provinsi, dan kabupaten. Masukkan juga kode pos, nomor telepon, dan pilih dari mana anda mendengar domainesia. Centang tanda setuju dengan syarat layanan dan klik SIGN UP

masukkan alamat saat pendaftaran akun domainesia

Di layar berikutnya silahkan klik SELESAIKAN DAN BAYAR. Anda akan mendapatkan invoice atau tagihan

tagihan atau invoice dari domainesia

Silahkan lakukan transfer, dan jangan lupa memasukkan BERITA TRANSFER untuk aktifasi instan yang ada dalam tagihan (lihat contoh di atas)

Setelah anda melakukan pembayaran anda akan mendapatkan email berisi data login ke akun cpanel anda. Itu berarti anda sudah siap untuk membuat website pertama anda.

4. Memilih Platform Website

Ada banyak sekali cara yang bisa anda pergunakan untuk membuat website. Bahkan jika anda hanya memerlukan website untuk menuliskan catatan-catatan harian anda, maka anda bisa membuatnya dengan memakai blog gratisan seperti blogspot.

Kalau anda adalah pemula yang baru mau belajar cara membuat website, maka kemungkinannya anda tidak tahu apa perbedaan antara blog dan website.

Sebenarnya ini tidak bisa dikatakan sebagai “perbedaan”; karena website adalah sekumpulan halaman web dalam satu nama domain yang bisa diakses oleh pengguna internet; dan blog adalah salah satu jenis website….

Anda bisa membuat website mesin pencari seperti Google, atau website sosial media seperti facebook, atau website forum seperti ads.id, atau website jual beli seperti tokopedia, atau website untuk menulis jurnal harian seperti blogspot….

Tapi bisa juga website anda merupakan gabungan dari beberapa fungsi ini….

Jadi kalau anda hanya memerlukan website untuk menulis jurnal harian, anda bisa membuatnya gratisan di blogspot. Anda bisa membaca panduan cara membuat blog dari link yang ada di bawah ini....
Cara Membuat Blog di Blogspot

Hanya saja kalau tujuan anda adalah SEO, maka blogspot mempunyai beberapa kelemahan. Akan terlalu panjang kalau saya membahasnya di sini, tapi anda bisa baca penjelasannya dalam artikel Kenapa SEO blogspot lebih sulit

Anda bisa mencoba mencari di kata-kata kunci persaingan menengah ke atas. Anda akan melihat kalau semakin sedikit saja blogspot yang bisa masuk ke halaman pertama hasil pencarian Google.

Kalau anda mau mempertimbangkan platform yang lainnya, maka saya merekomendasikan ke anda platform CMS WORDPRESS. Ini adalah platform di mana anda tidak memerlukan keahlian coding sama sekali, karena sudah banyak sekali plugins dan tutorial yang tersedia untuk mendapatkan efek apa saja yang anda inginkan dari wordpress.

Bagi anda yang sudah membeli nama domain dan hosting, saya sangat merekomendasikan pemula di dunia website untuk belajar cara membuat website menggunakan CMS Wordpress ini.

5. Cara Membuat Website Menggunakan CMS Wordpress

Ini adalah sesuatu yang sangat mudah sekali, anda bisa membuat website anda di wordpress hanya dalam hitungan menit saja. Adapun cara membuat website memakai CMS Wordpress ini adalah sebagai berikut:
  1. Buka halaman cpanel anda, biasanya URL-nya adalah namadomain.tld/cpanel
    login cpanel
  2. Login dengan memasukkan username dan password yang ada di email dari layanan hosting anda.
  3. Cari ikon SOFTACULOUS dan klik
    icon softaculous
  4. Klik logo WORDPRESS pada pilihan yang tersedia untuk membuat website anda menggunakan CMS WORDPRESS
    opsi CMS Wordpress
  5. Anda akan dibawa ke halaman instalasi Wordpess, cari tombol INSTALL NOW dan klik.
    klik install now
  6. Anda akan dibawa ke halaman formulir pembuatan website anda. Untuk mengisi formulir ini silahkan ikuti panduan di bawah ini.
    • Choose Protocol: Kalau anda mempunyai SSL atau secure socket layer pada layanan hosting anda, maka anda bisa memilih protocol https:// atau https://www. Jika anda tidak mempunyai SSL, maka anda hanya bisa memilih http:// atau http://www.
    • Choose Domain: Pilih nama domain yang tersedia yang akan menjadi target dari pemasangan website anda. Kalau anda hanya membeli 1 nama domain, maka hanya akan ada satu pilihan di sini. Kecuali anda membuat beberapa subdomain lainnya.
    • In Directory: Ini bisa anda kosongkan saja jika anda mau menginstal websitenya di nama domain dan bukannya di direktori. Maksudnya begini, kosongkan saja kalau anda mau menginstal di https://www.namadomain.com/ atau bisa anda isi dengan kata blog jika anda mau menginstal di direktori blog yang URL-nya adalah https://www.namadomain.com/blog
    • Site Name: Silahkan isi dengan judul berisi kata kunci utama anda, maksimal 7 kata. Jika anda tidak mempunyai kata kunci utama, maka masukkan saja brand dari bisnis anda di sini.
    • Site Description: Masukkan keterangan pendek tentang website anda.
    • Admin Username: Pilih username yang akan anda gunakan untuk masuk ke dalam website Wordpress anda
    • Admin Password: Pilih Password yang akan anda gunakan untuk mengamankan website anda.
    • Language: Ini memilih bahasa apa yang akan digunakan dalam halaman admin dari website wordpress yang akan dibuat.
    • Limit Login Attemps: Centang HANYA JIKA anda mau membatasi jumlah usaha login. Tapi pastikan bukan anda sendiri yang terhalangi untuk masuk nantinya.
    • Select Theme: Pilih tema tampilan dari website yang akan dibuat. Pilih sembarang tema saja karena ini nanti akan kita ganti.
    • Email Installation Details To: Masukkan alamat email anda di sini jika anda mau menerima info detil pemasangan wordpress.
    • Install Button: Tekan ini jika anda rasa semua informasi yang dibutuhkan sudah dimasukkan. Dengan begini CMS Wordpress akan segera membuat website yang diinginkan.
Proses membuat website anda sudah selesai. Sekarang anda tinggal melakukan pengaturan dan pengisian untuk membuat website anda bisa bersaing di mesin pencari seperti Google.

Jika masih bingung silahkan cek video cara membuat website terlengkap yang ada di bagian akhir dari artikel ini....

6. Mengganti Tema Website

Ok sekarang anda sudah tahu cara membuat website memakai CMS Wordpress, tapi ini hanyalah website awal saja. Anda akan sangat kesulitan untuk bersaing di kata kunci persaingan berat di Google kalau websitenya sangat standar seperti ini.

Langkah pertama dalam mengatur website yang baru dibuat adalah membuat tampilannya terlihat lebih menarik tapi tetap SEO ready.

Jadi kita akan belajar bagaimana caranya mengganti tampilan tema dari website.... Ada 2 metode yang bisa kita gunakan; yaitu menggunakan tema gratis yang tersedia dari tema wordpress, atau dengan mengupload tema premium yang kita beli.

Menggunakan Tema Gratis Yang Tersedia

Kalau anda tidak punya uang lebih untuk membeli tema, ada cara yang sangat mudah untuk membuat website anda terlihat keren, yaitu dengan menggunakan tema gratis di wordpress. Caranya sangat mudah:
Silahkan masuk ke dalam halaman admin dari wordpress anda dengan menggunakan username dan password yang tadi anda masukkan saat membuat website memakai Softaculous. Contoh URL untuk login-nya: https://www.namadomain.com/wp-admin

login admin wordpress

Di dalam halaman dasbor anda bisa mencari menu TAMPILAN dan pilih sub menu TEMA
Klik tombol TAMBAHKAN BARU

memilih tema gratisan dari wordpress.org

Di halaman penambahan tema baru anda bisa mengklik tab ANDALAN, POPULER, atau TERBARU untuk melihat tema-tema apa saja yang tersedia. Anda juga bisa memakai tab PENYARINGAN FITUR untuk menerapkan filter pada tema yang anda inginkan.

instal tema website gratis wordpress

Setelah anda menemukan tema yang anda suka, silahkan klik tombol INSTAL pada tema tersebut
Tunggu beberapa saat sampai tema tersebut selesai di pasang.

aktifkan tema yang diinstal

Klik link aktivasi untuk mengaktifkan tema yang sudah dipasang menjadi tampilan dari website anda.

Menggunakan Tema Premium

Selain tema gratis, anda juga bisa membeli tema premium yang biasanya sudah diset dengan fungsi yang spesifik. Jika anda membeli tema premium, biasanya anda akan mendapatkannya dalam bentuk file ZIP. Anda harus mengupload file ZIP ini untuk bisa menggunakan tema premium tersebut

Cara memasang tema premium ini sangat mudah....
    Di halaman Tambahkan Tema tadi ada tombol UNGGAH TEMA.

    unggah tema premium wordpress

    Klik tombolnya dan sesudah itu klik BROWSE untuk mencari tema yang simpan di komputer.

    browse file tema premium

    Setelah anda memilih file zip dari tema yang akan dipasang, silahkan klik PASANG SEKARANG


    Tema anda akan diupload beberapa saat. Setelah selesai silahkan klik AKTIFKAN

    aktifkan tema website yang sudah diunggah

    Selesai, anda sudah berhasil memasang tema premium di website anda
      Panduan cara mengganti tema ini juga tersedia dalam video cara membuat website terlengkap yang ada di bawah. Harap diperhatikan timeline yang tersedia untuk melihat bagian-bagian tertentu dari video.

      7. Cara Membuat Website Anda Kencang

      Belajar cara membuat website saja tidak cukup saat ini, jika anda bermimpi bisa bersaing di mesin pencari seperti Google. Anda harus belajar cara membuat website anda kencang alias cepat dimuat di browser mobile.

      Untuk membuat website anda kencang di browser mobile anda harus membuat website anda seringan mungkin, namun tetap terlihat elegan.

      Sebelum melakukan optimasi kecepatan pada website anda, maka sebelumnya anda harus melakukan 2 tes dasar terlebih dahulu. Kedua tes ini adalah:
      • PageSpeed Insight, dan
      • GTmetrix

      Untuk melakukan tes PageSpeed ikuti cara berikut:
      1. Kunjungi https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/?hl=id (copas URL ini ke browser anda)
      2. Masukkan URL anda ke kolom yang tersedia lalu klik ANALISIS
      3. Tunggu sampai hasil analisis dan lihat apakah di REKOMENDASI PENGOPTIMALAN ada saran untuk MENGURANGI WAKTU RESPON SERVER.
      4. Jika ada itu berarti waktu respon server anda lebih lambat dari 0,2 detik.
      5. Coba cek website yang menduduki TOP 5 di Google dan lihat apakah mereka ada yang lambat? Kalau sebagian besar website ini cepat, maka usahakan waktu respon server anda cukup seimbang dengan para pesaing. Jadi silahkan bicarakan masalah waktu respon ini dengan layanan web hosting. Ini adalah salah satu cara membuat website anda lebih cepat dimuat.
      Untuk melakukan tes GTmetrix ikuti cara berikut:
      1. Kunjungi https://gtmetrix.com/ (copas URL ini ke browser anda)
      2. Masukkan URL anda ke dalam kolom yang disediakan dan klik ANALYZE
      3. Terkadang anda harus menunggu antrian yang cukup lama, jadi tunggu saja sampai analisa selesai
      4. Pastikan PageSpeed Score anda tidak kurang dari 90%, dan Fully Loaded Time tidak lebih dari 5 detik. Jika website anda bisa memenuhi syarat ini, maka website anda sudah termasuk cepat.
      5. Jika tidak, maka sebaiknya anda melihat perbaikan-perbaikan apa saja yang direkomendasikan.
      6. Terkadang di RECOMMENDATION anda mendapatkan masukkan untuk menggunakan GZIP Compression, atau Leverage Browser Caching, atau  Content Delivery Network. Anda bisa membaca link-link ini untuk memahami 3 hal ini.
      7. Rekomendasi lainnya mungkin akan membutuhkan kemampuan pemrograman dari anda. Jika anda tidak mau repot, saya lebih merekomendasikan untuk mencoba beberapa tema yang berbeda dan lakukan tes ulang sampai menemukan tema dengan hasil yang bagus.

      8. Plugins

      Untuk membuat website anda lebih sesuai dengan standar-standar SEO anda bisa menggunakan setidaknya 2 plugin di bawah ini.

      Menambahkan Plugin

      Untuk menambahkan plugin ini anda cukup melakukan langkah sederhana di bawah ini:
      1. Pilih menu PLUGIN > TAMBAH BARU
      2. Di kolom CARI PLUGIN masukkan nama plugin yang ingin ditambahkan
      3. Setelah plugin yang anda inginkan ditampilkan, klik PASANG SEKARANG.
      4. Tunggu beberapa saat, dan setelah pemasangan selesai silahkan klik AKTIFKAN

      Cara Menggunakan Plugin

      WP Fastest Cache adalah cara untuk membuat website anda lebih cepat dengan memanfaatkan sistem cache secara maksimal. Tersedia juga beberapa fitur tambahan yang bisa membantu anda mempercepat website anda.

      Cara menggunakan WP Fastest Cache sangat sederhana:
      1. Cari di sidebar halaman admin menu WP FASTEST CACHE dan klik
      2. Anda akan dibawa ke halaman plugin; dan di tab SETTINGS anda akan diminta mencentang beberapa opsi sesuai kebutuhan anda.
      3. Coba centang beberapa opsi berikut: cache system, Logged-in Users, Mobile, New Post, Update Post, Minify HTML, Minify Css, Combine Css, Combine Js, Gzip, dan Browser Caching.
      4. Setelah itu klik SUBMIT (lihat gambar di bawah ini)
      opsi di dalam wp fastest cache
      Centang beberapa opsi di dalam WP fastest Cache seperti gambar di atas

      Yoast adalah plugin yang bisa membuat website anda lebih SEO ready. Ada banyak fungsi dari Yoast, tapi yang paling sering kita gunakan adalah fungsi pengaturan judulnya. Jadi untuk membuat website anda mempunyai judul yang SEO friendly ikuti cara di bawah ini:
      1. Klik menu YOAST di sidebar
      2. Pilih sub menu SEARCH APPEARANCE
      3. Di tab GENERAL pilih ENABLED untuk FORCE REWRITE TITLES
      4. Pada bagian homepage atur agar title hanya berisi %%sitename%% dan klik SAVE CHANGES
      5. Pada bagian CONTENT TYPE semua title atur agar berisi %%title%%, kecuali yang dibagian ARCHIVES dan klik SAVE CHANGES
      Ini juga bisa anda lihat penjelasannya dalam video cara membuat website di bagian bawah artikel ini...

      Sampai di sini anda sudah belajar bagaimana cara membuat website yang SEO ready dengan sangat mudah. Mudah-mudahan video-video di atas bisa membantu anda memahami bagaimana cara melakukan semua tahapan cara membuat website di atas.

      Sekarang anda sudah siap untuk mengisi konten di dalam website anda.

      9. Mengisi Website Dengan Konten SEO Ready

      Bagian terpenting saat anda belajar cara membuat website adalah membuat konten yang SEO ready. Anda harus mengisi website anda dengan konten yang disukai oleh mesin pencari seperti Google jika anda ingin mempunyai peluang untuk masuk ke halaman pertama Google.

      Jadi bagaimana cara membuat artikel yang SEO ready?

      Membuat artikel yang SEO ready tidak mudah, karena anda harus memenuhi beberapa syarat, yaitu:
        Syarat Untuk Mesin Pencari Google
        • Kata kunci ada di dalam judul
        • Kata kunci ada di 100 kata pertama di dalam halaman
        • Kepadatan kata kunci ada di kisaran 2% sampai 5% (dalam 1000 artikel ada 20 sampai 50 kali pengulangan kata kunci)
        • Memakai gambar dan media lain yang membantu ilustrasi
        • Gunakan internal link (link menuju artikel lain) yang relevan
        • Buat lebih lengkap dari pesaing dan 100% unik (jangan memakai artikel spin)

          Syarat untuk Pengunjung
          • Buat artikel yang memang menjawab kebutuhan pengunjung
          • Gunakan huruf yang cukup besar (16px ke atas)
          • Satu paragraf jangan terlalu panjang, cukup 2 sampai 6 baris saja untuk kenyamanan pembaca.
          Buat yang tidak tahu fungsi-fungsi editor di Wordpress bisa melihat dalam video panduan di bawah....

          ============

          VIDEO CARA MEMBUAT WEBSITE

          Video ini mempunyai penjelasan lengkap yang terbagi ke dalam beberapa bagian. Silahkan menggunakan timeline di bawah ini untuk membuka video cara membuat website terlengkap yang anda inginkan....

          TIMELINE VIDEO
          • 00:00  Cara Mencari Nama Domain
          • 00:50  Cara Membeli Nama Domain Dan Hosting
          • 06:12  Cara Membuat Website CMS Wordpress
          • 09:20  Cara Mengganti Tema Wordpress
          • 12:00  Plugins Standar SEO Wordpress
          • 15:50  Cara Membuat Artikel Di Wordpress 




          Kalau anda mengikuti 9 tahapan di atas dengan benar, maka seharusnya anda sudah membuat website yang kondisinya baik dan memenuhi standar SEO. Apakah anda sudah pasti ranking 1? Maaf, cara membuat website ini hanya memberikan anda panduan agar website anda disukai Google.

          Untuk menjadi ranking 1 anda harus menjadi YANG PALING DISUKAI oleh Google untuk kata kunci tertentu. Untuk bisa menjadi yang paling disukai Google anda masih harus melakukan segala sesuatu lebih baik dari pesaing anda....

          Lebih baik itu maksudnya bagaimana? Lebih baik itu bisa berarti lebih rajin update, lebih rajin menulis konten berkualitas dan lebih bekerja keras mendapatkan backlink.....

          TERAKHIR; pastikan di website anda sudah tidak ada lagi link yang berisi tanda pagar # dan tidak ada external link di awal anda melakukan optimasi

          Dengan begini saya rasa pengetahuan anda tentang cara membuat website CMS Wordpress yang SEO ready sudah sangat memadai.

          Lalu bagaimana dengan cara membuat website yang lainnya?

          10. CARA MEMBUAT WEBSITE YANG LAINNYA

          Seperti yang sudah disebutkan di atas; ada banyak cara untuk membuat website… dan di atas sudah kami berikan cara membuat website yang paling mudah. Hanya saja dirasa perlu untuk memberikan gambaran kepada anda tentang metode-metode apa saja yang bisa dipergunakan untuk membuat website… terlebih lagi untuk anda yang ingin serius menguasai kemampuan membuat website.

          Secara umum cara membuat website bisa dibagi ke dalam tiga kelompok besar, yaitu:
          • CMS
          • Website builder
          • Membuat dari nol

          Bahkan untuk CMS saja mempunyai banyak sekali pilihan. Artikel ini akan menjadi sangat panjang sekali jika semua CMS harus kita bahas. Jadi untuk CMS kami hanya membahas wordpress saja.

          Lalu bagaimana dengan cara membuat website menggunakan website builder atau bahkan membuat dari nol?

          Membuat website menggunakan website builder

          Ada beberapa layanan hosting yang menyediakan fitur website builder. Ini merupakan alat yang bisa anda gunakan untuk membuat website dengan mudah. Karena dengan menggunakan alat ini anda cukup melakukan drag and drop pada elemen-elemen halaman yang ingin anda pergunakan.

          Membuat website menggunakan builder seperti ini bisa jadi sangat menyenangkan, karena biasanya website builder sudah menyediakan tema-tema gratis yang bisa kita edit.

          Jadi membuat website menggunakan builder seperti ini sangatlah mudah. Anda cukup memilih tema dan mengeditnya dengan melakukan drag and drop untuk menambahkan elemen yang anda inginkan.

          Jika memang cara ini sangat mudah lalu kenapa tidak banyak yang menggunakannya? Karena fitur yang tersedia cukup terbatas begitu juga dengan pengembangannya ke depan relatif tidak praktis.

          Untuk anda yang ingin tahu bagaimana cara membuat website dengan menggunakan website builder ini, nanti akan kami buatkan artikel tersendiri

          Cara membuat website dari nol

          Untuk bisa membuat website dari nol anda memerlukan pengetahuan dasar HTML dan CSS. Dengan mempunyai 2 pengetahuan dasar ini anda setidaknya bisa membuat website statis. Di mana setiap halaman website harus anda buat satu persatu dan tidak menggunakan sistem database.

          Halaman-halaman web yang seperti ini mempunyai keunggulan dalam hal kecepatan loading. Sayangnya metode ini akan sangat tidak praktis dalam pengembangannya.

          Untuk bisa membuat website yang memanfaatkan sistem database dan fungsi editor yang lebih praktis anda setidaknya perlu menguasai bahasa pemrograman PHP dan juga menguasai MySQL.

          Apakah mendengar nama HTML, CSS, PHP, dan MySQL sudah membuat anda pusing?

          Jangan takut duluan mendengarkan nama-nama bahasa program di atas. Sebenarnya ini bisa sangat menyenangkan jika anda sudah menguasai istilah-istilah dan fungsi yang ada di dalam setiap bahasa pemrograman ini.

          Yang anda perlukan hanyalah waktu untuk menguasai semuanya itu….

          Sebagai langkah awal anda perlu mengetahui bentuk dasar dari sebuah halaman web. Anda bisa melihat contoh di bawah ini

          <html>
          <head>
          <title>Di Sini Adalah Judul Halaman Website Anda</title>
          <meta name=”description” content="deskripsi halaman web di sini" />
          <style>
          CSS di sini
          </style>
          <body>
          HTML konten halaman web di sini
          </body>
          </html>

          Anda bisa melihat bahwa sebuah halaman web punya dua bagian utama yaitu bagian head dan bagian body. Di bagian head anda bisa meletakkan title tag, meta tag, dan CSS. Sedangkan di bagian body anda bisa meletakkan HTML dari halaman web.

          HTML menentukan isi dari konten halaman yang ditampilkan, … sedangkan CSS menentukan bagaimana konten itu ditampilkan. Ada banyak sekali istilah di dalam HTML dan CSS yang harus anda ketahui sebelum anda cukup lancar membuat sebuah website.

          Jika semua istilah tersebut harus dibahas disini, maka artikel ini akan menjadi satu website yang sangat panjang. Jadi saya akan merekomendasikan kepada anda sebuah situs di mana anda bisa belajar cara membuat website dari nol.

          Jadi silakan mengunjungi website w3school yang ada di bawah ini. Saya memberikan anda beberapa bagian dari website ini yang membahas secara spesifik pengetahuan pengetahuan dasar yang anda perlukan untuk membuat website yang sederhana dan bahkan website yang sangat kompleks.
          PERHATIAN! Di bagian sidebar dari setiap link di atas ada urutan materi yang bisa anda pelajari. Jika anda benar-benar mau belajar bagaimana cara membuat website dari nol, maka sebaiknya mengikuti urutan materi pembelajaran di website ini.

          Materi HTML, CSS, JS, PHP, BOOTSTRAP, dan SQL di atas diberikan dalam bahasa inggris, jadi jelas bagi anda yang tidak menguasai bahasa Inggris akan sangat kesulitan mempelajari materi ini….

          Tapi itulah kenyataannya bro n sis, ilmu ini dari luar negeri dan terus berkembang. Kalau memang mau menguasai cara membuat website, ya anda harus bisa bahasa inggris….

          Mudah-mudahan panduan cara membuat website ini bisa memberikan anda materi yang anda perlukan untuk membuat website sesuai kebutuhan anda....

          Silahkan Berkomentar



          TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

          JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
          (KLIK LINK DI ATAS)

          Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

          JASA PEMBUATAN WEBSITE
          Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!