Cara Penggunaan Kata Kunci Untuk SEO Yang Wajib Anda Ketahui

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mereka yang baru bermain di SEO untuk memahami penggunaan kata kunci. Kata kunci adalah sesuatu yang sangat penting untuk membuat halaman kita ranking dalam pencarian tertentu yang relevan dengan kata kunci tersebut.


Dalam hal kata kunci, jangan sembarangan. Jangan terlalu menumpuk kata kunci dan perhatikan semua kata yang muncul di dalam sebuah halaman web dan keseluruhan web. Bahkan kata-kata yang ada pada header, komentar, sidebar, dan footer pun bisa mengacaukan fokus dari kata kunci yang anda rancang di dalam artikel.

Jadi ini adalah hal-hal yang perlu anda perhatikan:

Penggunaan Standar Kata Kunci

Anda perlu mengetahui bahwa kata kunci yang anda gunakan seharusnya muncul di 3 komponen utama, yaitu title tag, meta description, dan body text/isi artikel. Khusus untuk body text pemunculannya pun bukan asal muncul. Harus ada beberapa pemunculan yang membentuk frasa yang persis sama; dan jumlah pemunculan pun jangan terlalu sedikit atau terlalu banyak.

Google memberikan nilai minimum 3 pemunculan sudah mulai dianggap penting, jadi anda harus terus menambah pemunculannya agar semakin terasa penting. Tapi jangan terlalu banyak, karena jika terlalu banyak akan membuat SEO mulai memburuk. Nilai yang aman untuk jumlah kata kunci saat ini ada di sekitar 2% sampai 4% dari jumlah kata di dalam halaman (termasuk header, sidebar, dan footer).

Baca: Cara Melakukan SEO Onpage

Frekuensi Kata Kunci Dalam Halaman Dan Dalam Website

Hal kedua yang harus anda ketahui bahwa Google tidak hanya mengamati frekuensi kata kunci di dalam halaman seperti yang dijelaskan sebelumnya. Google juga memperhatikan frekuensi dari pemunculan kata kunci di dalam keseluruhan website.

Dengan kata lain website yang isinya campuran alias website gado-gado akan sulit menjadi ranking jika berhadapan dengan website yang melakukan spesialisasi. Terlebih lagi jika bermimpi menguasai kata-kata kunci pendek. Itu akan membutuhkan banyak kerja keras. Jika anda adalah website dengan isi artikel campuran, maka sebaiknya fokus pada penguasaan long tail keyword saja.

Gunakan Sinonim Dan Kata-Kata Terkait Dengan Kata Kunci

Kesalahan yang sering dilakukan dalam penggunaan kata kunci adalah terlalu kaku. Misalnya mereka yang mengincar kata kunci jual baju wanita, maka sepanjang artikelnya itu selalu memakai kata baju. Padahal akan lebih alami jika ada kata yang lain seperti pakaian, dress, blus, gaun, dan lain sebagainya.

Baca: Perhatikan penggunaan sinonim dalam artikel

Gunakan Kata-Kata Yang Sering Muncul

Anda harus memperhatikan bahwa kata-kata yang sering muncul bersamaan dengan kata kunci yang anda pilih akan meningkatkan relevansi artikel anda. Jadi sebaiknya sebelum anda membuat artikel yang akan anda andalkan, kunjungilah artikel yang menjadi top 10 untuk kata kunci tersebut. Setelah itu catat kata-kata apa saja yang menjadi persamaan antara 10 halaman tersebut.

Posisi Kata Kunci Di dalam Halaman

Anda harus mengetahui bahwa di dalam sebuah halaman web, header dan kolom utama mempunyai poin terbesar. Jadi menaruh kata kunci anda pada kedua kolom utama ini akan memberikan poin yang sangat besar. Di dalam header sendiri posisi judul adalah posisi yang paling penting dan ditandai dengan <h1>. Dan di dalam h1 ini usahakan agar kata yang paling anda inginkan berada di awal judul.

Jadi menaruh kata kunci ataupun link di dalam dua kolom utama yaitu header dan post akan memberikan poin terbesar. Jadi sekarang anda tahu untuk tidak pernah menaruh kata-kata yang tidak relevan di dalam kedua kolom tersebut. Jangan juga menaruh link menuju web lain, karena anda hanya akan membuat blog anda terkuras poinnya.

Jadi sampai di sini anda sudah mengetahui beberapa aturan dasar dalam penggunaan kata kunci. Tapi yang terpenting adalah anda melakukan riset kata kunci sebelum melakukan semua hal di atas, karena jangan sampai anda bersusah payah untuk sesuatu yang kecil pencariannya.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!