Cara Mencari Long Tail Keyword Untuk Dioptimasi

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
long tail keyword memberikan trafik tinggi
Salah satu penyakit umum yang diderita oleh teman-teman blogger pemula, adalah sindrom mau menguasai kata kunci pendek. Seharusnya seorang blogger memulai blognya dengan menargetkan long tail keywords dan adalah suatu kesalahan mengawali blogging dengan langsung mengejar short tail. Alasannya?

Karena dengan demikian blog yang dibuat tidak akan melihat trafik dalam waktu yang sangat lama. Kenapa mengejar short tail keyword bisa berujung pada tidak ada trafik dari mesin pencari untuk waktu yang lama? Mudah saja, karena kata kunci pendek sangat sulit untuk dikuasai sehingga butuh waktu yang sangat lama; dan trendnya adalah anda akan sulit melihat kunjungan dari Google jika anda tidak masuk di halaman pertama untuk kata kunci yang dicari tersebut.

Jadi jauh lebih baik menguasai 20 kata kunci panjang yang hanya dicari oleh 10 orang per hari, daripada tidak menguasai kata kunci pendek yang dicari 1000 orang per hari. Setidaknya dengan menguasai 20 kata kunci panjang kita masih bisa melihat trafik tambahan 200 kunjungan per hari.

Jadi misi pertama saat mengembangkan blog adalah menargetkan sebanyak mungkin penguasaan kata kunci panjang. Inilah landasan dasar dari teknik black hat "Auto generate Content" blog, yang menilap sebanyak mungkin artikel dari blog lain, jadi walaupun hanya mendapatkan 1-5 kunjungan per artikel, tapi kalau artikel yang ditilapnya banyak, maka besar juga jumlah total kunjungannya. Tapi saya sangat tidak merekomendasikan bermain black hat buat yang mau awet blognya.

Jadi buat teman-teman blogger pemula saat baru akan mengembangkan blognya sebaiknya fokus mengejar kata kunci yang panjang, karena mas akan melihat bahwa semakin lama semakin luas varian kata kunci yang dikuasai dari long tail keyword tadi. Bahkan suatu saat kata kunci yang pendeknya juga akan dikuasai dengan sendirinya.

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana mencari long tail keyword yang baik untuk dioptimasi?

Cara Memilih Long Tail Keyword

Salah satu cara untuk mencari ide dalam menentukan long tail keyword yang akan dioptimasi adalah dengan memanfaatkan Google Suggest, karena saat kita mengetikkan suatu kata kunci biasanya Google akan memberikan saran pilihan kata kunci variannya. Perhatikan gambar di bawah ini.
Untuk melihat variasi lain dari long tail keyword kita bisa memasukkan di belakang kata kunci tadi huruf a-z atau angka 0-9. Tapi tentu saja itu adalah kerjaan yang menghabiskan terlalu banyak waktu. Jadi kenapa anda tidak mencoba saja tool ubersuggest? Jika anda mau memakai tool ini silahkan mampir ke http://ubersuggest.org/

Anda cukup memasukkan kata kunci pendek, lalu tentukan wilayah target anda, dan setelah itu klik SUGGEST. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
masukkan kata kunci pendek pada ubersuggest

Nantinya akan terlihat hasil seperti di bawah ini....
tampilan hasil pencarian ubersuggest
Seperti yang anda lihat; kalau anda mengklik kata kunci yang pendek, maka akan muncul di bawahnya variasi long tail keywordnya yang lebih banyak lagi. Jika anda mau memasukkan kata kunci tersebut dalam daftar kata kunci pilihan anda, maka cukup klik tanda tambah yang ada di bagian kiri dari kata kunci. Kata-kata yang anda klik akan dimunculkan pada sidebar kanan seperti pada gambar di bawah ini.
pilihan kata kunci pada sidebar kanan
Jika anda sudah puas anda bisa mengklik tombol GET dan anda bisa mencopy paste semua pilihan kata ini ke notepad atau ms word sebagai file untuk dikerjakan.
copy paste kata kunci yang sudah dipilih


Jadi dengan alat ini anda bisa melihat pilihan-pilihan yang diberikan Google Suggest dengan cara yang lebih mudah.

Anda bisa mulai mengumpulkan banyak varian kata kunci dan anda bisa membuat 1 artikel untuk setiap varian dari long tail keyword tadi. Jangan pelit dalam membuat artikel yang berkualitas dan detil dalam pembahasannya, karena membuat 10-20 artikel itu lebih mudah dan lebih menghasilkan trafik dibandingkan fokus melakukan link bulding pada short keyword.

Jadi diulangi sekali lagi; kalau anda mau cepat melihat trafik, maka mulailah blogging anda dengan menargetkan long tail keywords. Buatlah sebanyak mungkin artikel dan suntikkan backlink dimulai dari homepage anda.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!