Apa itu Duplikat Konten Dan Bagaimana Cara Google Menilai?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
duplikat konten dan pengaruhnya pada ranking Google
Duplikat konten adalah istilah yang mengacu kepada halaman-halaman web yang memuat konten yang sebagian sama atau bahkan sama semua. Duplikat konten ini jika terus bertambah akan membuat suatu halaman semakin tidak unik. Oleh karena itu di sini saya mau membahas secara singkat apa pengaruh dari duplikat konten tersebut dan bagaimana cara Google menangani duplikat konten.

Duplikat konten bisa terjadi secara internal maupun eksternal. Secara internal jika website kita sendiri yang menggandakan konten ke dalam banyak versi. Misalnya tampilan HTML dan tampilan untuk print; dan secara eksternal jika ada yang membajak artikel kita tanpa izin.

Sebenarnya duplikat konten sendiri adalah sesuatu yang mulai dipandang sebagai fenomena umum oleh Google. Alasannya adalah di internet adalah sesuatu yang lumrah jika terjadi kutip mengutip. Oleh karena itu pada akhirnya Google tidak bisa begitu saja menjatuhkan penalty ke halaman-halaman yang mengandung konten duplikat sebagaian atau penuh; karena itu bisa mempengaruhi hasil pencarian Google sendiri.

Jadi solusinya cuma satu; yaitu Google akan mensejajarkan semua duplikat konten tersebut untuk menilai satu yang terbaik di antara semuanya. Yang paling memenuhi standar dari Algoritma Google itulah yang akan menang; sedangkan yang kalah akan terdampar cukup jauh. Jadi jika anda adalah penulis aslinya; anda perlu memastikan bahwa optimasi anda tidak kalah dari para pembajak.

Mengetahui info ini mungkin terasa seperti angin segar bagi pembajak konten; tapi tetap saja akan ada resiko di mana artikel anda mungkin saja mendapatkan komplain hak cipta yang mengakibatkan blog anda dihapus dari hasil pencarian; atau jika anda memakai blogspot untuk melakukan penyadapan RSS; maka blog anda bisa saja dihapus oleh Google.

Jadi intinya adalah Google tidak akan serta merta menjatuhkan penalty hukuman pada duplikat konten; hanya saja resikonya tetap ada; jadi sebaiknya bagi mereka yang melakukan monetisasi dengan mengandalkan duplikat konten; ini dijadikan strategi jangka pendek saja.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!