Kenapa Google Tidak Melakukan Update Pagerank

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Buat blogger pemula mungkin mulai sering mendengar istilah pagerank; dan mulai mengamati bahwa setiap website ternyata mempunyai pagerank yang berbeda. Tapi sebagai pemula mungkin bingung apa yang dimaksud dengan pagerank itu dan kenapa setiap halaman web mempunyai pagerank yang berbeda?

Pagerank sebenarnya adalah sistem penilaian yang dilakukan oleh Google dengan menilai aliran poin dari semua halaman yang ada di dunia maya. Satu hal yang mungkin tidak diketahui oleh blogger pemula adalah pagerank dulunya selalu berubah setiap 4 bulan sekali; dan para blogger mengamati perubahan itu dari sebuah alat yang disebut pagerank toolbar.

Tapi sekarang ini sudah tidak pernah lagi diupdate perubahan nilai pagerank pada tiap halaman web. Apakah dengan tidak pernahnya dilakukan update berarti pagerank sudah mati? Tentu tidak; Google tidak pernah berhenti menghitung poin halaman; yang terjadi hanyalah Google berhenti memberitahukan kita nilai update dari pagerank ini.

Alasannya pemberhentian dari update pagerank ini karena di tahun 2012 sampai 2013 sudah sangat gencar sekali pergerakan dari spammer untuk menyedot pagerank dari website-website yang mendapatkan pagerank yang tinggi. Jadi pemberhentian update ini sendiri bertujuan untuk menghambat spammer.

Jadi sekarang jika anda melihat nilai pagerank dari sebuah halaman bisa dikatakan nilai tersebut adalah nilai yang kadaluarsa dan sudah tidak ada jaminan lagi bahwa nilainya masih seperti itu. Tapi anda masih bisa menebak mana halaman yang memang masih mempunyai pagerank dan mana yang kemungkinannya sudah berkurang pageranknya dengan melihat dua indikator utama:
  • Pagerank terakhir pada homepage cukup tinggi; dan 
  • Trafik pengunjung ke blog tersebut tetap besar.

Jika ada website yang nilai pagerank dari homepagenya tergolong besar dan trafiknya masih ramai; maka itu berarti websitenya masih mempunyai performa yang baik dan sangat mungkin masih menjaga nilai pagerank pada halaman-halamannya....

Anda juga perlu mencatat bahwa halaman yang linknya dipasang pada menu header dan sidebar kemungkinan besar mendapatkan nilai pagerank dari homepagenya; jadi jangan ragu mengomentari halaman yang ada di navigasi ataupun Artikel Top dari sebuah blog/website; walaupun secara toolbar nilainya not available.

Kenapa sangat penting untuk tetap berusaha menargetkan halaman-halaman yang kemungkinan besar mempunyai pagerank yang tinggi? Apakah tidak boleh berkomentar saja di semua halaman jika memang tidak ada jaminan pagerank tinggi? 

Jawabnya tentu saja boleh.... Semua backlink yang dofollow bisa menambah poin. Tujuan dari mencari backlink yang kemungkinan masih bernilai pagerank tinggi itu benar-benar hanya untuk mempermudah saja; karena backlink seperti ini memberikan pertambahan poin yang cukup besar ... dan jika anda bisa menemukan yang seperti ini akan membantu kenaikan peringkat halaman web yang lebih cepat.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!