Apa itu SEO negatif? Apakah ada gunanya?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Apa itu SEO negatif? SEO negatif adalah bentuk kampanye gelap untuk merusak web orang lain. Jadi ini adalah bentuk pengelolaan SEO yang bertujuan untuk merusak ranking orang lain. Bagi teman-teman blogger pemula saya perlu menuliskan ini karena yang seperti ini akan teman-teman temui saat blog teman-teman semakin populer di dunia maya.

Pelaku dari SEO negatif ini tentu saja adalah pesaing anda yang ingin blog anda tenggelam di halaman hasil pencarian Google. Jadi di sini sebagai bekal saja sebelum blog anda terkenal saya mau sharing beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang SEO negatif ini.

Teknik SEO negatif yang umum dilakukan

Berikut ini adalah beberapa teknik SEO negatif yang mungkin dilakukan orang; tapi hanya dua yang adalah teknik rata-rata; sedangkan yang lainnya merupakan teknik yang memerlukan pengetahuan khusus karena menyangkut hacking. Saya hanya akan membahas teknik yang paling umum saja; yaitu:
  • Membuat Profil backlink yang tidak alami
  • Membuat banyak halaman 404 (Not Found URL), dan
  • Membuat banyak dummy yang meng-copas konten-konten anda.
Saya akan membahas secara ringkas saja biar teman-teman yang pemula mengerti apa itu negatif SEO dan pengaruhnya pada peringkat....

Membuat Profil Backlink Tidak Alami

Salah satu hal yang dulu sering menjadi penyebab Google mencampakan website seseorang ke sandbox; adalah profil backlink yang tidak alami. Negatif SEO bertujuan membuat website anda mengalami penalty google penguin agar mereka bisa menggeser blog/website anda.

Google sepertinya menyadari masalah ini dan belakangan Google mengubah caranya menyikapi pertambahan backlink yang mereka anggap tidak alami. Google lebih cenderung untuk mengacuhkan backlink-backlink yang dinilai tidak alami. Hal ini cukup ampuh mencegah terjadinya penalty pada pihak yang tidak melakukan pelanggaran.

Tapi bagi website yang memang benar-benar melakukan pemasangan backlink dan hasil pemasangannya dirasa tidak alami; maka semua yang sudah terpasang akan dianggap tidak bernilai dan sia-sia saja. Jadi sekarang untuk pemilik website bisa agak sedikit lega karena efek dari SEO negatif dari teknik ini sudah dilemahkan.

Perlu dicatat bahwa SEO negatif hanya diarahkan pada website yang sudah populer; jadi biasanya backlinknya memang sudah sangat banyak; sehingga pertambahan backlink dari pesaing yang ditujukan untuk mencelakakan akan kurang terasa.

Membuat banyak halaman NOT Found 404

Jika saya memasang link menuju blog anda; tapi saya membuat URL artikel yang tidak ada di blog anda; maka ini akan meningkatkan jumlah halaman 404 yang ada di halaman anda. Dulunya ini akan membuat website atau blog anda dianggap tidak berkualitas oleh Google. Tapi Google menyadari bahwa ini bisa dimodifikasi oleh pihak luar; maka untuk teknik ini juga Google sudah mengubah cara pandang mereka.

Sekarang google menganggap bahwa halaman 404 itu sudah menjadi sesuatu hal yang wajar; sehingga apa yang terjadi pada URL halaman 404 tidak akan mempengaruhi SEO halaman-halaman lain dalam website anda.

Mencuri Konten Anda

Ini adalah langkah yang paling lazim dilakukan karena memang cukup merusak; terlebih lagi mereka yang melakukan ini bisa saja mengoptimasi website mereka sehingga lebih kuat dari anda. Anda yang mengetik tapi website penyadap artikel anda itu yang terindex lebih dulu dan ranking. Selanjutnya mereka menjadikan website sadapan itu sebagai dummy bagi website mereka.

Untuk mencegah copas otomatis untuk semua artikel baru anda; sebaiknya anda memakai feed yang singkat saja; sehingga maling konten tidak bisa mencuri artikel anda seutuhnya. Anda juga harus memastikan backlink dan frekuensi update anda cukup sehat sehingga setiap kali anda memposting akan langsung terindex.

Jadi dengan demikian maling konten akan sulit mengalahkan anda di SERP Goolge.

3 teknik SEO negatif di atas tidak perlu terlalu dikuatirkan jika anda memperhatikan pembahasan yang ada di atas.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!