Exact Match Domain dan Pengaruhnya Untuk SEO

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Ini adalah salah satu postingan yang masih membahas tentang faktor SEO dan faktor SEO yang akan saya bahas kali ini adalah nama domain yang tepat sama dengan kata kunci, atau exact match domain. Bagi anda yang masih pemula, ini adalah informasi yang sangat penting, karena faktor yang satu ini benar-benar bisa meringankan optimasi anda, khususnya optimasi SEO offpage.

Exact Match Domain atau nama domain yang persis sama dengan kata kunci yang ditargetkan jelas sekali adalah faktor SEO, karena ini sangat mempengaruhi tingkat kesulitan dari optimasi website yang akan kita lakukan.

Dalam praktik pemasangan backlink anda bisa merasakan pengaruh dari exact match domain ini bisa meringankan optimasi offpage anda hingga hampir 2x-nya. Jadi saya sendiri masih merekomendasikan untuk menggunakan EMD untuk website anda.

Hanya saja ada banyak orang yang baru belajar SEO yang mengkuatirkan algoritma EMD yang katanya bisa merusak peringkat dari website yang memakai EMD. Padahal ini sendiri adalah sesuatu yang tidak perlu terlalu dipikirkan.

Algoritma EMD dari google hanya menargetkan website-website yang mempunyai kualitas yang rendah. Misalnya konten dari website tersebut dangkal dan tidak memberi informasi yang memuaskan pengunjung; atau banyak kesalahan penulisan, waktu muat yang lama; dan masih banyak lagi ciri-ciri website yang asal jadi.

Tapi jika sejak awal anda sudah niat serius mengelola website anda, maka anda tidak perlu kuatir untuk menggunakan exact match domain sebagai nama domain untuk website anda.

Beberapa tahun yang lalu Matt Cutts; yang mengepalai tim webspam di Google saat itu mengatakan bahwa algoritma ini hanya menyasar website dengan kualitas konten yang rendah saja.

matt cutts mengatakan algo EMD hanya untuk website low-quality

Tapi seperti sebelumnya; saya masih merekomendasikan anda bisa menambah variasi pada nama domain anda jika anda benar-benar kuatir dengan EMD ini atau tidak yakin bisa membuat website yang kontennya baik. Anda bisa memasang nama anda atau nama brand anda di belakang kata kunci yang ada di dalam nama domain.

Jadi harap diingat untuk selalu melakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum anda memesan nama domain anda.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!