Kepadatan Kata Kunci Adalah Faktor SEO, EKSPERIMEN!!!

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
kepadatan kata kunci mempengaruhi SEO
Kepadatan kata kunci adalah suatu faktor yang juga turut mempengaruhi SEO dari sebuah website. Adapun pengaruh dari kepadatan kata kunci ini terhadap SEO sangat dipengaruhi oleh tingkat persaingan yang ada pada kata kunci tersebut.

Di dalam banyak artikel dinyatakan bahwa kepadatan kata kunci yang paling ideal adalah 2,5%, tapi dalam praktiknya sebenarnya tidak pernah ada kepadatan kata kunci yang ideal itu. Saya pernah mencoba melakukan beberapa eksperimen kepadatan kata kunci dan terkadang berhasil di 2 persenan, kadang di 4 persenan.

Jadi ini tips untuk melakukan eksperimen kepadatan kata kunci buat teman-teman yang baru saja belajar SEO.
  • Pertama, anda harus mengarsipkan artikel lama anda (sebaiknya yang versi HTML) untuk berjaga-jaga.
  • Setelah itu dengan menggunakan SEOQUAKE pada browser anda klik icon density untuk melihat berapa kepadatan kata kunci untuk masing-masing kata kunci yang ada di dalam halaman web tersebut.
    klik density pada SEOQUAKE
  • Cobalah untuk mengubah kepadatannya menjadi lebih tinggi jika masih di bawah 2,5 persen. Coba jadikan 3,5 persen. Dan jika terlalu tinggi, misalnya di atas 5 persen cobalah untuk menurunkannya ke 3,5%.
  • Tunggu sampai google mengindeks perubahan ini. Untuk mengetahui apakah Google sudah mengindeks perubahan ini coba search website anda di Google memakai operator site:urleditan. Jika sudah ketemu coba click cache untuk melihat cache google. Coba lihat apakah cache Google yang terbuka sudah memuat artikel yang baru atau masih artikel yang lama?
    klik cache pada hasil pencarian
  • Jika sudah memuat artikel yang baru coba perhatikan apakah ada perubahan pada peringkat anda. Jika naik, maka itu  bagus. Tapi jika turun, maka sebaiknya biarkan 5 hari untuk melihat apakah tidak ada perbaikan dalam 5 hari itu.
  • Setelah 5 hari tidak ada perbaikan, anda bisa mencoba untuk melakukan experimen kepadatan kata kunci yang lainnya untuk menguji SEO anda. Jika hasilnya naik, maka coba perkuat perubahan sebelumnya. Jika sebelumnya anda menaikkan sampai 3,5% maka coba naikkan sampai 4%; atau jika sebelumnya anda menurunkan sampai 3,5% maka coba turunkan sampai 3% dan lihat apakah tren positifnya masih berlanjut.
  • Jika ternyata eksperimen kepadatan kunci yang pertama tadi hasilnya bukan naik dan malah turun, maka coba melakukan eksperimen kedua dengan mengurangi jumlah kenaikan yang pertama. Misalnya sebelumnya anda menaikkan dari 2% menjadi 3,5%, coba kenaikan yang lebih sedikit yaitu hanya 2,5% sampai 3% saja. Selalu ingat untuk mengamati setidaknya 5 hari sejak terjadi perubahan peringkat. Jangan terlalu mudah panik dan bereaksi berlebihan terhadap naik turun peringkat di website anda; karena terkadang Google melakukan "dance" untuk menguji reaksi anda.
  • Kalau ternyata kedua eksperimen ini tidak ada yang menghasilkan peringkat yang lebih baik, maka itu mungkin karena halaman anda masih kurang poin backlinknya. Jadi saatnya mengembalikan pos anda ke kepadatan semula dan mencoba menambah poin backlink anda.

Ada juga bentuk perubahan urutan kepadatan kata kunci yang perlu anda perhatikan: Misalnya anda mengejar kata kunci. GEJALA PENYAKIT JANTUNG. Anda harus memperhatikan apakah ada cukup banyak pengulangan GEJALA PENYAKIT JANTUNG? Atau bagaimana urutan kata-kata mulai dari yang paling padat ke yang lebih sedikit. Apakah GEJALA, lalu JANTUNG, lalu PENYAKIT, atau PENYAKIT dulu, lalu GEJALA, lalu JANTUNG, atau yang lainnya.

Anda bisa bereksperimen dengan mengubah urutan kata-kata yang paling padat di sini. Jika sebelumnya JANTUNG adalah kata terpadat kedua, anda bisa menambah beberapa kata JANTUNG lagi untuk menjadikannya sebagai kata yang paling padat di artikel anda dan lihat pengaruhnya

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!