Optimisasi Title dan Meta Description - SEO Untuk Wordpress


Optimisasi Title dan Meta Description - SEO Untuk Wordpress .... Artikel ini adalah kelanjutan dari pengaturan URL permalink. Jika anda belum melakukan pengaturan URL, ada baiknya saudara membaca terlebih dahulu optimisasi onpage pada URL permalink. Jika sudah, selanjutnya kita akan melakukan optimisasi title dan meta description pada blog wordpress yang anda miliki.

Kali ini kita akan menggunakan plugin Wordpress SEO by Yoast (hanya bisa dipasang oleh pengguna hosting). Kalau belum punya, silahkan baca cara install SEO Wordpress By Yoast terlebih dahulu. Jika anda sudah memasang plugin ini, ... silahkan melakukan pengaturan title tag dan meta description seperti dijelaskan di bawah ini.

Secara default, judul blog anda akan ditampilkan dalam urutan Judul Blog >> Arsip >> Kata Kunci. Atau setidaknya akan ditampilkan dalam urutan Judul Blog >> Kata Kunci. Ini pada dasarnya bukanlah susunan yang SEO Friendly, karena seharusnya kata kunci atau Judul Artikel itu ditempatkan di paling muka dari title tag. Kenapa judul artikel alias kata kunci yang harus paling di depan? Ada dua alasan:
  • Google memberi bobot lebih pada kata-kata yang di awal.
  • Pembaca lebih cenderung mengklik jika kata kunci yang dicarinya ada di awal judul

Untuk memperbaiki title tag dan meta description tag, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Setelah anda memasang plugin, maka akan ada menu SEO pada tampilan admin anda
  • Buka SEO → Titles & Metas. Di sini kita akan melakukan beberapa pengaturan pada masing-masing tab yang tersedia.

Pengaturan tab GENERAL pada Titles & Metas Wordpress SEO tool

Pengaturan tab GENERAL pada Titles & Metas
  • Force rewrite titles pada tab GENERAL dari Wordpress SEO tool ini digunakan untuk mencegah terjadinya duplikat title tag atau meta tag pada blog anda
  • Noindex subpages of archive, tujuannya untuk mencegah halaman kedua, dan seterusnya dari arsip blog anda terindeks oleh Google. Kenapa kita mencegah hal ini terjadi? Ini dilakukan juga untuk mencegah terjadinya duplikat title tag dan meta description.
  • Add noodp dan Add noydir meta robots tag, sebenarnya tidak perlu terlalu dikuatirkan. Tapi jika anda ingin melakukan pencegahan silahkan dicentang. Kenapa ini perlu dicentang? Untuk mencegah Google menggunakan deskripsi dari DMOZ dan Yahoo sebagai snippet dan mendorong googlebot untuk memilih meta description yang kita pasang.
  • Jangan lupa untuk mencentang semua check box pada bagian Clean Up the <head> dari menu GENERAL wordpress SEO tool. Fitur ini akan "membuang" hal-hal yang tidak perlu dari bagian <head> blog anda.
  • Klik Save Setting

Mengatur Tab HOME

Mengatur Tab HOME
  • Tab HOME ini untuk mengatur title dan meta dari homepage blog wordpress anda
  • Pada kolom title template, ketikkan kata kunci yang anda inginkan untuk homepage anda kemudian diakhiri dengan menambahkan | %%sitename%%. Jadi kira-kira akan terlihat seperti ini: Kata Kunci Homepage | %%sitename%%
  • Pastikan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter atau akan terpotong pada tampilan di Google
  • Isi meta description template, batasi panjangnya maksimal 150 karakter saja
  • Author highlighting silahkan anda isi dengan URL profil dari Google + anda. Ini akan membuat wajah anda ditampilkan pada hasil pencarian Google
  • Klik Save Settings

 

Mengatur Tab Post Types

Mengatur Tab Post Types

  • Pengaturan yang ini mudah saja. Atur title template untuk pages dan posts dengan nilai %%title%% &#8226; %%sitename%%
  • Khusus untuk media, centang noindex, follow, karena halaman media ini bisa membuat duplikat attribut SEO jika anda tidak mencentang opsi di atas
  • Klik Save Settings
Pengaturan dasar untuk post sudah selesai. Pertanyaannya adalah apa yang akan ditampilkan sebagai pengganti untuk %%title%% di atas? Lalu mana meta descriptionnya? Untuk postingan sebaiknya tidak menggunakan auto-generate. Sebaiknya meta description itu dimasukkan manual dengan ketik sendiri, untuk menjamin bahwa di dalam 140 karakter yang akan dijadikan snippet tersebut ada kata kunci yang anda target.

Jadi.... anda perlu melakukan optimisasi pada saat membuat posting/artikel. Berikut adalah caranya:
  • Setelah anda menginstal plugins Wordpress SEO by Yoast ini akan ada elemen baru dalam editing anda. Tampilannya kira-kira seperti di bawah ini:
Pengaturan SEO dalam editing artikel
  • Ketikkan Title Tag anda untuk halaman artikel ini. Atau coba klik saja Generate SEO Title. Title tag yang anda ketikkan haruslah mengandung kata kunci, dan membuat pengunjung tertarik untuk mengklik artikel anda.
  • Setelah itu pada kolom meta keywords, masukkan maksimal 140 karakter yang mengandung kata kunci, untuk menjadi snippet anda pada halaman hasil pencarian.
  • Kolom yang lain seperti keywords, menurut saya abaikan saja.

Mengatur Tab Taxonomies

Mengatur Tab Taxonomies
Untuk mudahnya, kata archive pada categories dan post tags dihilangkan saja, sedangkan hal-hal yang perlu pencentangan silahkan ikuti gambar di atas. Penjelasannya sama saja dengan di atas, untuk mencegah duplikat tag untuk banyak halaman berbeda. Kalau sudah sama dengan gambar di atas silahkan klik save settings

Adapun categories adalah sesuatu yang sangat penting untuk blog anda. Biasanya kita akan membuat link ke halaman categories pada sidebar ataupun breadcrumbs, sehingga halaman ini pun mendapatkan pagerank. Masalahnya adalah halaman ini adalah duplikat konten. Jadi ada baiknya anda sedikit bersusah payah untuk menuliskan pengantar pendek, sekitar 100 kata untuk masing-masing kategori. Untuk menuliskan pengantar-pengantar ini silahkan masuk ke POST > Categories pada wordpress.

Mengatur tab OTHER

Mengatur tab OTHER
  • Jika anda menjalankan sebuah blog dengan pengarang tunggal saja, maka atur agar author archives dan date archives untuk noindex, follow. Jadi silahkan dicentang checkbox pada pengaturan masing-masing. Sekalian juga centang disable pada pengaturan keduanya untuk mencegah duplikat konten terjadi pada blog wordpress anda.
  • Kemudian gunakan pengaturan berikut untuk diisikan ke dalam title template:
    • Search pages: You searched for %%searchphrase%% &#8226; %%sitename%%
    • 404 pages: Page not found - Error 404 &#8226; %%sitename%%
    • Author archives: %%name%% &#8226; %%cf_role%% at %%sitename%%
  • Klik Save Settings
Demikianlah cara mengatur title dan meta untuk blog anda. Tapi bagaimanapun ini hanya masukan. Anda boleh melakukan ujicoba SEO anda sendiri dengan memanfaatkan variabel-variabel dynamic title template di bawah ini.
variabel dynamic title template for Yoast- Wordpress SEO
Ok, terima kasih sudah mampir dan membaca artikel ini.
Thanks sudah mampir gan.... jangan lupa add ya
https://www.facebook.com/ricky.pratama.12139
Jika tidak keberatan mohon vote-nya untuk blog saya di sosmed, thanks berat gan!
TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)
Info: Kursus SEO sudah tidak buka karena kesibukan online dan offline yang semakin meningkat. Harap maklum....dan terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan Berkomentar

 
TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)
Info: Kursus SEO sudah tidak buka karena kesibukan online dan offline yang semakin meningkat. Harap maklum....dan terima kasih sudah berkunjung.

Mencari Sesuatu?

Masukkan kata kunci topik yang diinginkan. Misalnya meta description, onpage, atau apa saja

Popular Posts

Google + Saya

Google+ Followers

Blog Followers

BLOG INI ONLINE SEJAK
22 MARET 2012
HATI-HATI COPY PASTE
Diharapkan agar tidak melakukan copy paste. Untuk pengutipan diharapkan disertai link ke halaman artikel di blog ini. Terima Kasih atas pengertiannya

Powered by Blogger.