BELAJAR SEO: PANDUAN SEO BERTAHAP UNTUK PEMULA

Belajar SEO adalah sesuatu yang bisa memusingkan untuk para pemula, jadi dirasa perlu untuk membuat panduan yang bisa menuntun teman-teman blogger pemula untuk melakukan SEO secara bertahap. Diharapkan anda bisa belajar SEO dengan lebih mudah jika anda melakukan tahap demi tahap dari tutorial SEO ini.

MATERI 1: APA ITU SEO? DAN CARA KERJA SEARCH ENGINE

proses belajar SEO dari awal
Sebelum memulai ada baiknya anda mengetahui apa itu SEO. SEO adalah sebuah singkatan dari SEARCH ENGINE OPTIMIZATION atau OPTIMASI MESIN PENCARI. Secara sederhana bisa dikatakan bahwa SEO adalah segala upaya yang dilakukan untuk membuat halaman web kita menjadi ranking di mesin pencari yang dikehendaki.

Tujuan dari melakukan SEO tentu saja untuk mendapatkan trafik dari mesin pencari itu sendiri. Kenapa orang mencari trafik?

Alasan pada umumnya adalah trafik itu mempunyai nilai komersil, atau potensi bisnis. Jadi orang menghabiskan waktunya belajar SEO sebagian besar dikarenakan oleh alasan ekonomi, yaitu mencari income dari websitenya.

Masalah terbesar dari orang-orang yang belajar SEO adalah mau cepat jadi master tapi tidak mau melalui prosesnya. Jika anda mempunyai cara pandang seperti itu, maka ada baiknya anda membuangnya, karena cara pandang seperti itu justru akan membuat anda berputar-putar di tempat. 

Anda harus mau melalui proses di dalam belajar SEO dengan benar, jika anda mau berhasil. Luangkan waktu 1 sampai 2 bulan ke depan untuk melakukan setiap tahap dengan benar.
------oOo------


googlebot yang mengumpulkan data
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memahami cara kerja dari mesin pencari. Mereka yang tidak paham dengan cara kerja mesin pencari akan cenderung berpikir optimasi SEO yang dilakukannya tidak berhasil, dan mereka berhenti di tengah jalan. Jadi di sini saya merekomendasikan anda membaca artikel di bawah ini.

Baca Artikel:


Untuk memberikan anda bayangan yang lebih mendalam dari keseluruhan proses belajar SEO ke depannya saya juga merekomendasikan anda membaca artikel di bawah ini, karena SEO anda bisa menemui kesulitan kalau anda tidak melihat korelasi dari hal-hal yang dijelaskan di dalam artikel berikut.

Baca Artikel:


3 algoritma besar Google
Terakhir; dalam usaha anda memahami SEO dan cara kerja search engine; anda harus berkenalan dengan 3 algoritma Google yang paling sering menjadi topik di dunia SEO. Anda perlu mengetahui ini agar anda tidak melanggar batas-batas yang bisa mendatangkan penalty di dalam optimasi SEO anda nantinya.

Baca Artikel:


MATERI 2: MEMBUAT BLOG DENGAN BANYAK NICHE ATAU SATU NICHE

Niche atau topik adalah sesuatu yang perlu anda perhatikan saat anda belajar SEO untuk membuat website atau blog. Niche adalah market atau pasar tertentu. Sebagai contoh; otomotif dan kuliner adalah niche yang berbeda. Di dalam satu Niche seperti otomotif pun ada niche-niche yang lebih spesifik lagi, seperti mobil, motor, balap, dll

cara memilih niche website anda
Salah memilih niche bisa membuat anda kewalahan mengembangkan websitenya


Setiap niche mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda, dan market yang berbeda pula. Ada banyak hal yang perlu anda perhatikan jika anda mau membuat sebuah website dengan banyak niche, dan oleh karena itu saya mengajak anda membaca artikel di bawah ini.

Baca Artikel:


MATERI 3: CARA MELAKUKAN RISET KATA KUNCI

Setelah anda belajar apa itu SEO dan cara kerja Search Engine; anda juga sudah belajar batasan algoritma yang harus anda perhatikan, maka langkah selanjutnya adalah mengenal istilah kata kunci. Kata kunci adalah sesuatu yang diketikkan oleh pengguna Google saat mencari sesuatu.
cara melakukan riset kata kunci untuk website

Sebagai contoh website yang menjual kamera ingin menguasai kata kunci: JUAL ONLINE KAMERA, dan masih banyak lagi variasi kata kunci lainnya. Satu hal yang menjadi masalah adalah tidak semua kata kunci itu mempunyai jumlah pencarian yang besar, jadi anda harus menentukan kata kunci apa yang menjadi target utama dari optimasi SEO anda.

2 hal yang cukup umum berlaku di kata kunci adalah:
  • Semakin pendek, maka semakin keras pula persaingannya
  • Keras persaingan tidak menentukan nilai komersil kata kunci. Jadi berusahalah mencari kata kunci komersil yang belum dilirik banyak orang (persaingan rendah)
Lebih lengkap masalah riset kata kunci ini anda bisa membaca artikel di bawah ini:

Baca Artikel:

MATERI 4: CARA MELAKUKAN OPTIMASI SEO ONPAGE

Setelah anda mengetahui apa itu kata kunci, dan kata kunci apa yang anda inginkan, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara menggunakan kata kunci tersebut di dalam website anda. Jika anda salah dalam meletakkannya, maka bisa jadi anda harus bekerja lebih keras untuk memenangkan kata kunci tersebut.
cara melakukan SEO onpage terbaru
Silahkan anda belajar teknik SEO onpage di bawah ini. Mungkin anda memerlukan sedikit pengetahuan HTML untuk melakukannya. Jika anda mempunyai masalah dalam melakukan editing, anda bisa masuk ke forum-forum blogger di facebook dan bertanya, atau bahkan meminta bantuan editan.


Baca Artikel:

MATERI 5: CARA MENCARI BACKLINK 

Setelah anda membenahi halaman website anda, maka langkah selanjutnya adalah menambah reputasi online anda di internet. Anda bisa menambah otoritas dari domain atau halaman web anda dengan menambahkan backlink yang merujuk halaman web anda.

Backlink adalah tautan atau link di halaman website lain, yang jika diklik akan membuka halaman dari website dioptimasi. Semakin banyak backlink yang diperoleh, maka akan semakin banyak sumber poin yang diperlukan untuk mendapatkan ranking.
simbol backlink

Ini adalah proses tersulit saat anda belajar SEO, karena ini memerlukan begitu banyak varian teknik dan juga bisa sangat memakan waktu. Saya sangat merekomendasikan anda belajar cara mendapatkan backlink dari artikel di bawah ini.

Baca Artikel:


MATERI 6: TOOLS GRATIS YANG BISA ANDA PERGUNAKAN

Tentunya anda memerlukan tools untuk membantu anda mendapatkan data-data yang penting saat melakukan optimasi SEO. Saya memberikan tools yang gratis saja, karena kebanyakan blogger tidak mau mengeluarkan biaya mahal jika mereka tidak yakin bagaimana cara menggunakannya, dan apakah itu benar-benar ada gunanya.

Jadi silahkan membaca artikel di bawah ini dengan seksama, agar anda mengetahui cara menggunakan tools ini dengan benar.

Baca Artikel:

Silahkan Berkomentar

15 comments:

Rahman Saleh said...

Trims mas, materi belajar seo di sini lengkap dan termasuk praktis untuk dilakukan. Saya banyak belajar dari blognya mas Ricky. Kalau boleh tanya nih mas. Saya kan punya blog otomotif, dan saya sendiri yang membuat blog itu. Coba-coba edit sedikit sana-sini. nah yang menjadi masalah saya bingung bagaimana pengaturan labelnya, apakah boleh saya memakai banyak kategori sekaligus, atau saya buat labelnya itu dalam penggolongan besar saja. Trims mas

ricky pratama said...

@ Rahman Saleh, trims sudah mau mampir di sini mas. Memang belajar SEO itu harus berurutan, jadinya saya membuat artikel ini untuk membantu teman-teman yang masih pemula dalam dunia SEO. Sekarang yang menjadi masalah dari pertanyaannya mas. Apakah boleh memakai label yang banyak? Boleh saja, asal mas kuat posting dan kuat backlink. Tapi hati-hati dalam memakai label yang sangat banyak, karena label juga sering ditampilkan di halaman-halaman, jadi akan mempengaruhi jumlah kata dan kepadatan kata kunci.

@ Johannes Yan, Thanks juga mas Yan mau singgah belajar SEO di sini. pelan-pelan asal paham mas.... tapi cepat juga tidak masalah... Ya asal paham juga (^_^)

Jessy said...

Belajar SEO offpage itu yang paling bikin pusing mas. Saya sudah banyak memasang backlink tapi rankingnya tidak naik-naik. Tidak tahu mau belajar di mana lagi soal SEO ini soalnya pesaing saya yang ranking 1 backlinknya tidak sebanyak saya tapi rankingnya bisa maksimal

Ridwan Harris said...

Onpage website saya sepertinya tidak memenuhi syarat mas. Tapi untuk belajar cara membuat SEO friendly harus tahu HTML. Itu bakalan lama banget ya mas. Apa tidak ada cara yang lebih mudah, yang tidak perlu belajar HTML?

ricky pratama said...

@Jessy; Memang seperti itu. Hanya karena jumlah backlink banyak bukan berarti websitenya mas lebih unggul. Backlink banyak tapi poinnya kecil-kecil ya tidak membantu banyak juga. Dan sekarang Google memang mempertimbangkan relevansi halaman untuk membantu penentuan ranking. Jadi agak sulit ranking hanya karena backlinknya banyak. Belajar SEO itu melibatkan banyak faktor, jadi harus bertahap.

@Ridwan; Mas bisa masuk ke forum-forum blogger dan meminta bantuan. Kalau gak ada yang mau, tawarin ongkos kerja ala kadarnya. :) Di grup-grup itu mas bisa sekalian belajar SEO dengan bertanya sana sini.

Riza Mahardika said...

Saya sudah belajar seo di sini sejak 6 bulan lalu. Sebenarnya SEO itu ternya tidak sesulit yang saya bayangkan. Soalnya banyak orang yang bilang belajar SEO itu sulit sekali dan sudah lama ngak paham juga. Website saya sudah bisa ranking sekarang untuk bisnis penginapan di kota malang. Thanks banget mas buat sharingnya.

Kalau boleh tanya mas, ada saran ngak buat tampilan website yang bisa menaikkan penjualan. Soalnya belajar SEO itu kan untuk trafik, tapi desain website itu untuk konversi, udah benar kan?

jangut labay said...

saya newbie yang sedang belajar SEO. trimakasih atas artikel ini, wawasan saya tentang SEO semakin bertambah :)

Toyota Dealer Pekanbaru said...

Saya mau bertanya kang Ricky. Bagaimana ya cara belajar SEO seperti kang Ricky soalnya setiap kali saya mengikuti cara kang Ricky menjelaskan ke orang sepertinya saya paham, tapi begitu saya menemui masalah kenapa saya tidak tahu harus mulai dari mana. Apa cara saya belajar SEO keliru atau bagaimana ya

ricky pratama said...

Terima kasih sudah mampir mas Jangut Labay....

==============

Biasanya kalau sudah bicara masalah kemampuan troubleshooting itu sudah masalah pemahaman saja mas. Apakah kita memahami apa yang mempengaruhi suatu faktor di SEO atau tidak. Sama seperti jika kita melihat kamar gelap, maka kita cuma punya beberapa pilihan, bisa saklar bermasalah, bisa lampu rusak, bisa sambungan kabel tidak beres.

Jadi kalau mas belajar SEO ya mas bisa paham ini fungsinya ini dan itu. Jadi kalau sampai ada masalah ya penyebabnya ini dan itu. Cara mengatasinya seperti ini.... Jadi itu cuma masalah pengalaman saja mas. Semakin lama mas bermain maka semakin cepat mas menanggapi suatu masalah.

abdurrachim said...

Saya juga sepakat dengan Anda bahwa memilih kata kunci atau keyword yang tepat memang menjadi hal sangat penting dalam proses SEO, apalagi untuk mendapatkan buying keyword pastilah kita memerlukan analisa kata kunci yang lebih mendalam.

Namun saat ini fasilitas "google keyword planner" sudah tidak lagi menunjukkan hasil angka yang exact (tepat) tetapi angka yg ditunjukkan adalah angka estimasi. Yang ingin saya tanyakan adalah dimanakah kita dapat menemukan tools atau website yang dapat menunjukkan hasil pencarian dengan angka yang tepat ?

-terimakasih-

Winda Suratman said...

Saya sudah lama belajar SEO mas, tapi masih banyak pertanyaan yang masih bingung. Misalnya soal website yang mobile itu bagaimana ya? Katanya sekarang websitenya harus AMP kalau mau SEO friendly, lalu bagaimana dengan website yang hanya memakai konsep responsive. Apa harus mempunyai versi mobile atau bagaimana? Ranking saya turun ya jika hanya responsive saja. Baru belajar juga mas, jadi soal SEO masih sering sakit kepala

ricky pratama said...

Iya mbak Winda, memang belajar SEO itu sedikit memerlukan kesabaran karena banyaknya faktor yang terlibat di dalamnya dan apa yang penting juga terus berubah dari waktu ke waktu.

Pada dasarnya konten yang responsive itu sudah bisa dikatakan mobile friendly, tapi dalam beberapa kasus...desain yang responsive itu memberikan masalah tersendiri yaitu tentang kecepatan. AMP lebih andal dalam hal kecepetan muat saat dibuka di perangkat mobile. Jadi rasanya ini saja yang menjadi titik keunggulan dari AMP dibandingkan responsive web design.

Mudah-mudahan paham penjelasan singkat ini. Dan terus semangat belajar SEO

mazMajid said...

sebenarnya saya sudah lama belajar ngeblog dan seo tetapi knapa ya blog saya kok tidak bisa nak rank nya..?

Jajang said...

Kalau blogspot itu bisa dijadikan AMP ngak mas Ricky biar lebih SEO friendly dan lebih mudah untuk ranking di google....

ricky pratama said...

Mas Majid, SEO itu unik mas, satu kesalahan kecil saja bisa membuat semua usaha besar dan mahal jadi sia-sia dan tidak memperlihatkan hasil. Jadi memang buat yang baru belajar SEO, bisa dikatakan SEO itu sulit dilakukan, karena untuk melakukan analisa dan menemukan mana yang salah, itu memerlukan kepekaan yang terbentuk karena pengalaman.

==============

AMP itu membuat website mempunyai versi desktop dan versi mobilenya, Untuk blogspot sendiri sudah disediakan versi mobilenya. Tetapi harus hati-hati menghitung apakah anda mau memakai tampilan desktop atau tampilan mobile, karena Google sekarang menilai ranking dari tampilan mobile. Jika tampilan mobile tidak cukup SEO, maka bisa banyak artikel yang tenggelam.

 


TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

Mencari Sesuatu?

Masukkan kata kunci topik yang diinginkan. Misalnya meta description, onpage, atau apa saja

Popular Posts

Blog Followers

BLOG INI ONLINE SEJAK
22 MARET 2012
HATI-HATI COPY PASTE
Diharapkan agar tidak melakukan copy paste. Untuk pengutipan diharapkan disertai link ke halaman artikel di blog ini. Terima Kasih atas pengertiannya

Powered by Blogger.