Cara Membuat Blog Di Blogspot Terbaru

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
cara membuat blog di blogspot sampai SEO ready
Blogspot adalah platform blog gratis yang paling mudah dipelajari. Jadi jika anda adalah pemula dan mau membuat halaman web online dengan mudah, maka rasanya menggunakan blogspot adalah pilihan yang terbaik. Artikel ini akan membantu anda untuk membuat blog yang keren di blogspot dengan mudah.

7 Langkah Membuat Blog Di Blogspot

Ada 7 langkah untuk membuat blog anda di blogspot sampai blog anda cukup baik untuk bersaing. 7 langkah tersebut adalah:
  1. Membuat blog baru di blogspot
  2. Mengganti template di blogspot
  3. Membuat artikel di blogspot
  4. Membuat Laman Statis di blogspot
  5. Menambah widget di blogspot
  6. Mengganti blogspot ke nama domain sendiri
  7. Membuat blogspot lebih SEO
Jadi langsung saja kita mulai.

Membuat Blog Baru di Blogspot

Cara membuat blog di blogspot ini sangat mudah. Anda hanya memerlukan sebuah akun email di google untuk melakukan ini. Selebihnya anda cukup mengikuti panduan yang ada di bawah ini.
  1. Buka website blogger dengan mengklik tautan www.blogger.com dan masukkan username dan password dari akun Gmail anda.
  2. Setelah anda masuk ke dalam dasbor dari blog anda akan ada sebuah tombol BLOG BARU di bawah foto anda. Silahkan klik tombol tersebut untuk memulai membuat blog baru anda di blogspot.

    klik tombol blog baru untuk mulai membuat blog
  3. Akan muncul sebuah POP UP yang meminta anda memasukkan judul dari blog baru (1) yang akan anda buat; alamat subdomain (2) dari blog, dan juga pemilihan template awal (4).
    tampilan formulir untuk pembuatan blog baru
  4. Panduan untuk anda: 
    • Pastikan judul anda berisikan kata kunci yang anda targetkan; jangan menaruh brand anda ke dalamnya. Jikalau anda harus menaruh brand pada title, maka letakkan di belakang
    • Pilih nama subdomain yang mengandung kata kunci utama (2), dan tunggu konfirmasi untuk melihat apakan nama subdomain yang anda pilih itu tersedia (3).
    • Jika anda adalah pebisnis online, maka nantinya anda harus mengganti subdomain ini menjadi domain .com anda sendiri (Biayanya cuma Rp.125.000/tahun)
  5. Jika anda sudah selesai melakukan pengaturan, maka anda sudah bisa mengklik BUAT BLOG untuk menuntaskan pembuatan blog baru anda ini.
Sampai di sini anda sudah tahu cara membuat blog baru. Tapi blog ini masih standar, dan tidak akan bisa membantu anda untuk memenangkan apapun di mesin pencari Google. Jadi sekarang silahkan lanjut untuk mempelajari cara membuat blog blogspot anda ini menjadi SEO friendly.

Mengganti Template Di Blogspot

Setelah anda membuat blogspot dengan tampilan yang sangat standar, maka sebaiknya anda segera mengganti template untuk membuat blogspot anda terlihat lebih profesional. Untuk melakukan ini anda bisa mengikuti panduan di bawah ini.

Ada beberapa tempat yang bisa anda kunjungi untuk mendapatkan template baru yang gratis. Beberapa di antaranya adalah:
  • https://btemplates.com/
  • http://www.themexpose.com/
  • https://gooyaabitemplates.com/
  • http://www.mybloggerthemes.com/
Di sini saya akan memberikan contoh dari btemplates.com. Jadi silahkan kunjungi URL yang ada di atas, dan setelah itu pilih template yang anda sukai. Ada banyak sekali template yang ditawarkan, tetapi sebelum anda memilih yang mana ada baiknya anda mengklik dulu tombol demo untuk melihat tampilan dari template tersebut secara online (lihat gambar di bawah). 

klik DEMO di bawah contoh gambar template blog yang anda pilih
Apa bila anda menemukan template yang anda sukai, maka di atas tampilan template anda ada sebuah link DOWNLOAD TEMPLATE, silahkan diklik.

download template dari btemplates

Anda akan kembali ke halaman yang membahas detil dari template tesebut, dan pada halaman tersebut ada sebuah link DOWNLOAD seperti pada gambar di bawah. Silahkan klik tombol DOWNLOAD tersebut.

Lihat detail dari template saat anda membuat blog
Akan muncul dialog box yang meminta konfirmasi apakah anda mau mendownload template tersebut. Jika anda jadi menggunakan template tersebut silahkan klik OK.

klik OK untuk download template dari btemplates.com

File akan diunduh dalam format ZIP, silahkan melakukan ekstrak file ZIP dan setelah itu perhatikan di dalam folder hasil ekstraksi ada file XML document. Di dalam file inilah data template itu tersimpan.

pilih file xml dari hasil ekstraksi di komputer
Untuk memasang template pada blog yang baru anda buat silahkan klik CADANGKAN/PULIHKAN

Upload template dengan menggunakan tombol cadangkan dan pulihkan
Akan muncul POP UP. Silahkan mengklik TELUSURI untuk mencari file dari folder yang tadi saudara ekstraksi. Pilih file XML yang anda inginkan, lalu klik OPEN. Setelah file terpasang, silahkan klik UNGGAH

telusuri template dari ZIP folder
Tunggu beberapa saat sampai pemasangan template selesai dilakukan. Jika pemasangan berhasil, maka anda akan melihat gambar cuplikan template anda berubah. Jadi sangat mudah cara membuat blog anda mempunyai tampilan yang lebih pro.

Catatan:
  1. Sangat penting untuk memilih template blog yang SEO ready, jadi anda bisa mengetikkan kata SEO pada kotak pencarian pada website tersebut untuk menemukan template yang SEO ready
  2. Utamakan template yang tidak meletakkan link-link social media pada header, setidaknya link social media ada pada sidebar, atau kalau perlu tidak ada sama sekal. Ini sangat penting untuk membuat blog anda tidak membocorkan poin yang besar.

MEMBUAT ARTIKEL DI BLOGSPOT

Untuk membuat artikel blog bisa anda lakukan dengan mengklik icon pencil, dan di bawah ini adalah tampilan editor dari artikel blogspot. Saya memberikan nomor pada setiap komponen untuk membantu anda melihat tombol yang diperlukan untuk setiap tutorial di bawah.


fitur di dalam post editor dari blogspot

  1. Saat anda membuat artikel di blog, maka langkah pertama yang perlu anda perhatikan adalah penggunaan kata kunci di dalam Judul (1). Judul seharusnya memuat kata kunci panjang untuk membantu anda menguasai kata kunci pendek pada homepage atau kategori.
  2. Saat anda membuat artikel sebaiknya menggunakan heading untuk poin-poin pembahasan. Seperti poin pembahasan di atas CARA MEMBUAT ARTIKEL DI BLOGSPOT diberi heading H2 sehingga terlihat lebih besar dari teks biasa. Caranya mudah, cukup sorot judul poin pembahasan lalu klik NORMAL(11) dan ubah menjadi HEADING.
  3. Anda juga bisa memberi BOLD(12) atau CETAK TEBAL pada pemunculan pertama kata-kata kunci di dalam artikel.
  4. Masukkan link menuju artikel itu sendiri di dalam artikel. Buka TAUTAN PERMANEN (30) dan copy calon URL dari dalamnya. Setelah itu sorot kata kunci utama di dalam artikel lalu klik LINK (18), dan setelah muncul pop up, paste URL yang tadi anda copy ke dalamnya.
  5. Gunakan 1 LABEL(28) saja untuk setiap artikel
  6. Masukkan deskripsi maksimal 155 karakter di DESKRIPSI PENELUSURAN saat anda membuat artikel di blog. Pilihan Deskripsi penelusuran ini hanya akan terlihat jika anda mengaktifkan meta description di menu SETELAN > PREFERENSI PENELUSURAN > TAG META > DESKRIPSI. Isi deskripsi ini dengan kata-kata kunci utama dan juga kata-kata yang erat kaitannya dengan kata kunci utama.
  7. Usahakan untuk membuat artikel yang tidak lebih dari 500 kata, dan jika mungkin sampai 2000 kata akan lebih baik lagi. Buatlah artikel yang alami dan tidak perlu melakukan penimbunan kata kunci.

Ini adalah cara membuat artikel yang SEO friendly untuk blog anda, Jadi ini adalah salah satu pengetahuan yang sangat penting untuk anda yang baru belajar cara membuat blog


MEMBUAT LAMAN STATIS DI BLOGSPOT

Lama statis blogspot adalah laman web yang cenderung untuk selalu anda hidangkan ke pengguna web. Misalnya adalah laman TENTANG KAMI, atau DAFTAR HARGA, atau HUBUNGI KAMI, dll. Anda bisa membuat laman seperti ini dengan mengklik menu LAMAN. Setelah halaman ini terbuka, silahkan klik LAMAN BARU untuk menambahkan laman baru.
cara menambah laman statis baru di blogspot

Cara pembuatan konten laman statis itu sama persis seperti membuat artikel blog biasa. Hanya saja anda perlu mengetahui bahwa laman statis ini dibatasi hanya sampai 20 laman statis saja. Selain itu laman statis ini tidak akan muncul sebagai postingan baru. Untuk memunculkan laman statis ini, maka anda harus memasang widget LAMAN atau PAGES dari menu TATA LETAK lalu klik TAMBAHKAN GADGET pada kolom di mana anda mau menambahkan widget laman tersebut.

MENAMBAH WIDGET PADA BLOG ANDA

Saat anda belajar membuat blog, maka anda tentunya perlu mengetahui bagaimana cara menambahkan gadget atau widget pada blog anda. Ini sangat penting untuk anda ketahui, karena ada beberapa widget yang perlu anda pasang pada blog blogspot anda.

Jadi untuk memasang widget silahkan ikuti panduan di bawah ini:
pilihan gadget dari blogspot
  • Masuk ke dalam menu TATA LETAK
  • Klik TAMBAHKAN GADGET pada kolom yang ingin anda tambahkan GADGET.
  • Pilih GADGET yang anda inginkan dari pop up yang muncul
  • Mungkin akan ada beberapa pengaturan yang harus anda lakukan pada gadget yang anda pilih.
  • Jika pengaturan selesai silahkan klik SIMPAN dan widget akan terpasang di seluruh halaman blog. Jika anda mau widget hanya muncul pada halaman-halaman tertentu, maka gunakan fungsi b:if blogspot. Silahkan baca cara memasang WIDGET dan GADGET pada halaman tertentu.
Ada beberapa widget yang perlu anda pasang, dan ini bagian pengetahuan penting saat anda belajar SEO untuk blogspot.
  • Jika anda mempunyai laman-laman penting untuk navigasi dan memudahkan pengguna blog anda, maka gunakan  widget LAMAN/PAGES pada header
  • Pasang widget LABEL pada sidebar
  • Pasang juga widget atau gadget arsip pada sidebar
  • Jika anda widget yang tidak tersedia, tetapi ada yang mempunyai kode HTML atau JAVASCRIPTNYA, maka anda bisa menambahkannya dengan mengklik HTML/JavaScript

MENGGANTI BLOGSPOT KE NAMA DOMAIN SENDIRI

Bagi anda yang adalah pebisnis online, maka sangat penting untuk membuat website anda memiliki domain sendiri. Saat ini orang sangat berhati-hati dalam belanja online; apalagi jika melihat domain gratisan seperti ini. Mereka akan ragu, karena website anda terlihat sangat tidak bonafid.

Untuk mengatasi masalah ini; anda harus segera mengganti nama domain anda. Silahkan menghubungi penyedia nama domain seperti eazysmart, rumahweb, dll. Bagi anda yang gaptek, anda bisa meminta bantuan dari CS penyedia domain tersebut untuk membantu mengarahkan blog anda ke domain baru, jika anda benar-benar tidak paham dan cuma berharap bisa terima beres. 

Saya lebih merekomendasikan ini bagi anda yang masih pemula, karena ini akan lebih cepat. Bahkan kebanyakan penyedia jasa domain lebih menyukai opsi ini daripada harus mengarahkan anda tahap demi tahap.

Tentunya anda harus mengizinkan penyedia jasa domain untuk mengetahui username dan password anda. Anda bisa mengganti password anda nantinya jika anda merasa perlu mengamankan kembali kerahasiaan akun dari blog anda.

Biasanya memerlukan waktu 1x24 jam atau bahkan 2x24 jam untuk membuat peralihan dari blogspot ke domain baru anda. Jadi harap bersabar.

MEMBUAT BLOGSPOT LEBIH SEO

Saat anda belajar cara membuat blog di blogspot, tentunya anda perlu belajar SEO untuk meringankan optimasi anda nantinya. Sebelumnya anda sudah memilih template yang SEO ready, anda juga sudah mengetahui cara membuat artikel yang SEO friendly. Jadi sekarang anda hanya perlu belajar setelan akhir untuk membuat blog anda benar-benar siap untuk SEO.

Silahkan masuk ke menu SETELAN dan pilih sub menu PREFERENSI PENELUSURAN. Scroll langsung ke bagian paling bawah laman dan temukan TAG TAJUK ROBOT KHUSUS. Silahkan klik EDIT dan pilih YA. Nantinya akan ada beberapa pilihan untuk dicentang. Silahkan centang seperti apa yang ada di dalam gambar di bawah ini.
pengaturan untuk tag tajuk robot khusus
Jika anda sudah melakukan pengaturan silahkan klik SIMPAN PERUBAHAN. Sekarang blog anda sudah siap untuk optimasi SEO yang optimal.

Jadi sampai di sini anda sudah belajar bagaimana cara membuat blog di blogspot dengan benar sampai blog itu SEO ready. Silahkan melanjutkan dengan terus menambahkan konten dan backlink menuju website anda. Semakin keras persaingan website anda, maka semakin keras juga kerja yang dituntut dari anda.

Silahkan Berkomentar

12 comments:

Unknown said...

Untuk komentar di blogspot, harap tidak spam dan memasang link ya, komentarnya dimoderasi. TQ

Rewin Bankei said...

Saya punya blog, tapi cara untuk membuat blog lebih SEO friendly sendiri masih bingung mas, soalnya saya tidak bisa edit template. Dan kalau baca panduan cara membuat blog dari mas diatas sepertinya blog saya bermasalah. Apa ada solusi yang praktis mas buat blogspot saya ya?

Ahmad Sukardi said...

TQ mas buat cara membuat blognya... lengkap banget dari A to Z. Btw, kalau boleh nanya nih mas apa aku bisa pakai AGC untuk konten. Positif negatifnya bagaimana ya?

Unknown said...

@Rewin; gabung di forum blogger saja mas dan minta tolong di sana buat edit templatenya mas.
@Ahmad Sukardi; AGC itu akan membuat blog unggul dipercepatan penambahan konten sehingga tingkat perayapan blog akan sangat tinggi, tapi keunikan artikel tidak ada sama sekali sehingga masing-masing artikel hanya akan mendapatkan sedikit pengunjung. Tapi kalau mau yang awet menghasilkan sebaiknya jangan. Biar nanti bisa stabil

Desi Roti Mawar said...

Lengkap sekali tutorial cara membuat blognya mas Ricky. Saya mau tanya nih mas kalau saya membuat blog itu harus canggih, ramai, atau bagaimana ya supaya pengunjung bisa nyaman di blog saya. Soalnya saya sudah membuat blog dan saya suka, tapi beberapa berkomentar warnanya menyakitkan mata atau terlalu ramai dan bikin pusing saat membaca.

Unknown said...

Sebaiknya saat kita membuat blog itu memang mengutamakan kenyamanan pengunjung. Biasanya pengunjung itu nyaman dengan latar terang tulisan gelap dan kurang warna yang sangat kontras. Terlalu banyak obyek juga bisa memecahkan perhatian dari pembaca blog kita. Jadi saat membuat blog sebaiknya dijaga komposisinya agar terlihat rapi.

Hannah Supriadi said...

Mas saya tertarik untuk membuat blog tapi saya sendiri bukan seorang penulis. Bagaimana caranya untuk belajar menulis yang baik, karena rasanya bakalan percuma membuat blog yang niru artikel orang lain. Mohon panduannya mas

Zukri Hamdali said...

Terima kasih mas buat panduan membuat blognya yang lengkap banget. Mau tanya mas bisa kursus ngak mas biar bisa benar-benar berkesinambungan belajarnya dari A sampai Z.

Daniel Bagas said...

Saya sudah coba semua cara di atas mas, tapi sudah 2 minggu ini blog saya belum terindex di Google. Apa ada saran mas agar blog saya ini bisa cepat terindex

Unknown said...

Buat Hannah;
Memang kalau mau menjadi blogger itu harus terbiasa menulis. Dan untuk terbiasa, ya harus dibiasakan. Cukup membantu jika kita sering membaca blog orang-orang yang kita rasa tulisannya enak, dan tampilannya nyaman untuk dibaca. Biasanya kalau kita menjadi pembaca rutin dari blog-blog tertentu, maka gaya penulisannya akan kita ikuti dan itu bisa mencari cara kita membuat tulisan di blog kita sendiri.

==============
Buat mas Zukri
Sorry mas belum ada tutorial atau kursus untuk cara membuat blog, tapi memang sudah saya bicarakan dengan teman saya Fritz, soalnya sudah semakin banyak teman-teman yang bingung yang menanyakan masalah kursus ini. Tapi belum siap materinya, dan sistemnya juga lagi dipikirkan karena sampai sekarang saya dan Fritz masih sibuk sekali.
===============

Buat mas Daniel
Untuk membantu pengindexan itu mas bisa submit peta situs dari blognya mas di webmaster tools, dan setelah itu mas bisa mencari backlink. Backlink bisa membuat blog semakin bertambah rate perayapannya sehingga artikel baru semakin cepat terindex. Kalau mas rajin posting juga itu bisa membuat blognya mas lebin tinggi perayapannya... Nantinya mas bisa posting dan terindeks dalam hitungan detik (dibawah 5 detik alias sekejap saja)

Sandhy Cemong said...

Kalau saya mau membuat blog itu bagusnya pakai wordpress atau blogspot mas. Bisa tidak campuran saja, maksud saja websitenya wordpress, tapi untuk blognya blogspot....

Unknown said...

Mas bisa campur kalau mas mau mengalihkan subdomain ke blogspot. Tapi kalau mas sudah pakai wordpress untuk membuat blog, sebaiknya mas pakai wordpress saja untuk smeuanya karena lebih banyak fitur yang bisa mas sesuaikan jika menggunakan wordpress



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!