INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Cara membuat meta tag SEO friendly sebenarnya sederhana saja. Tapi sebelum saya membahas masalah meta tag, saya mau menekankan bahwa robot mesin pencari saat ini sudah sangat mandiri, sehingga tidak terlalu membutuhkan input dari pemilik blog untuk melakukan penilaian.
Secara sederhana, penjelasan meta tag ini akan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
- META TAG PENTING
- META TAG TIDAK BEGITU PENTING
- META TAG BERESIKO JIKA DIGUNAKAN
Jadi langsung saja kita bahas....
META TAG PENTING
Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa robot Google dan kawan-kawan sudah sangat mengembangkan algoritma mereka sehingga sangat sedikit bantuan yang diperlukannya untuk menentukan poin halaman. Beberapa meta tag yang masih sangat penting untuk SEO adalah:
META DESCRIPTION
Ini adalah meta tag yang paling penting, karena itu meta tag description harus digunakan sebaik mungkin. Walaupun meta tag ini sangat penting, tapi mesin pencari seperti Google bisa mengabaikannya jika dianggap melakukan penumpukan kata kunci. Jadi jangan sampai meta description ini mengandung kata yang pengulangannya lebih dari dua kali
Contoh Meta Description:
<meta name='description' content='Masukkan deskripsi singkat dari setiap halaman di dalam kode ini'/>
META ROBOTS
Meta robots ini adalah meta tag SEO FRIENDLYyang hanya digunakan jika anda ingin memblokir robot dari suatu halaman. Oleh karena itu adalah hal lucu jika ada yang menggunakan meta robots dengan nilai index,follow.
Google, dan kawan-kawan tidak membutuhkan meta tag seperti ini untuk mengindex suatu halaman, karena selama tidak ada larangan pasti akan diindex. Jadi gunakan meta tag yang ini hanya pada halaman yang ingin saudara jauhkan dari jamahan robot mesin pencari....
<meta name='robots' content='noindex, nofollow' />
TITLE TAG
Secara teknis ini bukanlah meta tag, tapi selalu berdampingan dengan meta description, jadi sekalian saja kita pasangkan di sini. Kenapa title tag ini penting? Karena ini yang akan menjadi tampilan judul halaman di hasil pencarian mesin pencari.
Mesin pencari menggunakan title tag untuk mengetahui penekanan utama yang anda ingiinkan dari halaman yang anda buat. Tapi perlu dicatat kalau ini dibatasi 70 karakter, jadi judul yang anda buat jangan kepanjangan dan harus mengandung kata kunci
Contoh: <title>Cara Membuat Meta Tag SEO Friendly</title>
META TAG TIDAK BEGITU PENTING
Meta Content Type (charset)
Meta tag yang satu ini digunakan untuk menyatakan bagaimana encoding suatu website. Jadi fungsi utamanya adalah agar browser tidak salah mengenali cara menampilkan halaman anda, sehingga tayangan anda terlihat berantakan. Ini tidak begitu penting dalam konsep SEO Friendly karena sama sekali tidak ada urusannya dengan ranking....
Peringatan: Kalau anda salah memasang, malah bisa jadi anda sendiri yang membuat tampilannya berantakan.... Contoh meta tag yang satu ini:
<meta http-equiv='Content-Type' content='Type=text/html; charset=utf-8'/>
META KEYWORDS
Ini adalah meta yang paling banyak disalahpami. Meta tag yang satu ini sudah tidak mempengaruhi ranking lagi. Model terbarunya adalah meta news_keywords dan hanya digunakan agar Google mengenali dengan tepat kata kunci yang anda inginkan. Tapi kalau anda melakukan metode SEO onpage dengan benar, maka meta yang satu ini 100% tidak diperlukan.
Apa yang dimaksud dengan SEO Onpage yang benar? Secara sederhananya anda mencetak tebal kata kunci dalam artikel, dan menaruh kata kunci dalam judul, ataupun gambar. Jika anda melakukan ini maka tanpa meta keywords sekalipun Google dan kawan-kawan akan menangkap penekanan utama dari artikel anda....
Tapi kalau anda suka silahkan pasang, tapi jangan berlebihan agar tidak merugikan anda.... Apa yang dimaksud berlebihan? Mudah saja....jangan mengulangi suatu kata lebih dari 3 kali....
<meta name='keywords' content='meta tags, seo friendly' />
META LANGUAGE
Meta language digunakan untuk memberitahu prosesor bahasa, tentang bahasa apa yang anda gunakan untuk menulis suatu halaman web. Meta inipun sudah tidak berpengaruh lagi, karena Google sanggup mengenali bahasa suatu blog walaupun anda tidak memasang meta ini. Jadi singkat kata singkat cerita meta ini tidak ada hubungannya dengan teknik SEO
Bentuk meta tag ini dulunya adalah:
<meta http-equiv='content-language' content='fr' />
Tapi saat ini konsorsium www sudah menegaskan bahwa metode ini sudah tidak digunakan. Anda harus menggunakan attribut dibandingkan meta tag, jika ingin mendefinisikan bahasa. Berikut ini adalah contohnya:
<html lang='en'>
Contoh aplikasi lainnya adalah saat anda menulis dalam blog bahasa Indonesia, kemudian ada penggalan yang ditulis dalam bahasa inggris, maka anda bisa menandai penggalan tersebut seperti contoh di bawah ini:
<p lang="en">This result contains too many errors</p>
<p lang="en">This result contains too many errors</p>
META TAGS LAINNYA
Ada beberapa meta tag lainnya yang juga sering muncul dalam blog yang sedang berusaha menjadi SEO friendly, misalnya yang saya pakai di blog ini:
Ada beberapa meta tag lainnya yang juga sering muncul dalam blog yang sedang berusaha menjadi SEO friendly, misalnya yang saya pakai di blog ini:
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
<meta content='Tips Trik SEO terbaru untuk blogger pemula' name='subject'/>
<meta content='Trik Mudah SEO' name='Author'/>
<meta content='all' name='audience'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='id' name='geo.country'/>
<meta content='Tips Trik SEO terbaru untuk blogger pemula' name='subject'/>
<meta content='Trik Mudah SEO' name='Author'/>
<meta content='all' name='audience'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='id' name='geo.country'/>
Semuanya ini tidak begitu penting dalam SEO karena sama sekali tidak akan memperbaiki peringkat. Sebagai contoh meta geo.country atau geo location yang menyatakan lokasi "markas besar" dari suatu website, sudah sejak lama diabaikan oleh Google.
Alasannya sederhana, karena banyak meta seperti ini yang justru menyesatkan robot. Kebanyakan meta ini hasil copy paste jadi mengurangi keakuratan informasi yang disampaikan oleh Google kepada penggunanya. Oleh karena itu sekalian saja Google mengabaikannya.
META TAG BERESIKO
META REVISIT AFTER
Dulunya meta tag ini digunakan untuk memberitahu robot tingkat perayapan yang kita inginkan atas blog kita. Tapi meta ini sudah diabaikan oleh Google, karena meta ini cukup laris di antara pelaku spam. Jadi tidak perlu repot-repot memasang meta tag revisit after yang justru tidak SEO FRIENDLY ini.
Terlebih lagi jika anda adalah pengguna blog dengan platform blogspot. Google sendiri yang akan menentukan tingkat perayapan yang akan diberikan untuk blog anda. Jadi tidak perlu repot-repot menggunakan meta tag ini untuk memberitahu Google periode pengindeksan yang anda inginkan.
Terlebih lagi jika anda adalah pengguna blog dengan platform blogspot. Google sendiri yang akan menentukan tingkat perayapan yang akan diberikan untuk blog anda. Jadi tidak perlu repot-repot menggunakan meta tag ini untuk memberitahu Google periode pengindeksan yang anda inginkan.
META REFRESH
Ini adalah meta yang sangat tidak dianjurkan. Bahkan konsorsium WWW atau W3C mendorong untuk tidak menggunakan meta tag yang satu ini karena bisa mengakibatkan kebingungan pada pengguna web. Kenapa pengguna web bisa kebingungan? Karena meta refresh ini digunakan untuk refresh suatu halaman setiap selang waktu tertentu.
Bisa anda bayangkan jika anda sedang sibuk membaca sesuatu tiba-tiba halamannya melakukan refresh? Pasti kesalkan? Dan anda masih harus mencari di mana tadi posisi terakhir bacaan anda....
Contoh meta refresh untuk reload setiap 10 detik....
Bisa anda bayangkan jika anda sedang sibuk membaca sesuatu tiba-tiba halamannya melakukan refresh? Pasti kesalkan? Dan anda masih harus mencari di mana tadi posisi terakhir bacaan anda....
Contoh meta refresh untuk reload setiap 10 detik....
<meta http-equiv='refresh' content='10'/>
Meta refresh ini juga banyak dilakukan oleh webmaster yang ingin melambungkan nilai pageview per visit dari blognya. Karena sama sekali tidak membawa manfaat, dan malah membuka celah untuk web spam....Google pun mengabaikan meta yang satu ini....
Apa yang dimaksud dengan web spam? Ya, meta ini sering digunakan untuk menipu Google agar mengantarkan pengunjung ke suatu halaman. Dan setelah pengunjungnya sampai, dia akan diarahkan ke situs lain. Di bawah ini adalah contoh dari penerapannya:
<meta http-equiv=”refresh” content=”30;URL=’http://www.websitelain.com’”/>
Apa yang dimaksud dengan web spam? Ya, meta ini sering digunakan untuk menipu Google agar mengantarkan pengunjung ke suatu halaman. Dan setelah pengunjungnya sampai, dia akan diarahkan ke situs lain. Di bawah ini adalah contoh dari penerapannya:
<meta http-equiv=”refresh” content=”30;URL=’http://www.websitelain.com’”/>
Kesimpulan:
Jadi jika tujuan saudara adalah meta tag yang SEO Friendly, maka hanya ada 3 tag yang perlu anda perhatikan, yaitu: Title, Description, dan Robots. Yang lainnya tidak perlu terlalu dipikirkan....