Pengaruh Teknik Backlink Shortened URL pada SEO

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Mengubah URL panjang ke short URL berpengaruh pada SEO
Belakangan ini semakin banyak yang melakukan teknik backlink menggunakan shortened URL seperti goo.gl. Apa pengaruh teknik seperti ini pada SEO? Saya coba membahas sedikit karena saat ini cukup banyak yang menanyakan masalah yang satu ini.

Cara Google Melihat Short URL sebagai backlink

Sudah sering kita lihat banyaknya orang berkomentar dengan menggunakan Short URL, baik di halaman-halaman yang  membatasi panjang URL ataupun di halaman-halaman sosial media. Oleh karena itu banyak newbie yang bertanya apa pengaruh dari penggunaan URL yang dipendekkan ini.

Saat ini google memperlakukan short URL sebagai pemanent redirect 301. Itu artinya semua poin SEO yang anda dapatkan akan diteruskan ke URL panjang yang diredirect. 

Apa maksudnya dengan poin-poin SEO ini? Begini.... dari sebuah link itu ada beberapa hal yang diamati oleh Google seperti "link juice" alias poin backlink, teks jangkar, relevansi, dan otoritas. Semua poin ini akan diteruskan dari short URL ke URL panjangnya. Hanya saja ada spekulasi bahwa poin backlink mungkin akan berkurang sekitar 15% tapi yang lainnya akan diteruskan oleh Google.

Jadi pengaruh URL yang disingkatkan ini sebenarnya bisa dikatakan cukup positif, jika dibandingkan kita tidak memasang backlink sama sekali. Hanya saja kalau bisa URL yang aslinya itu juga akan baik sekali.

Btw, buat sumber backlink anda bervariasi. Kalau hanya dari blog commenting saja bisa berbahaya. Soalnya algoritma Google sedang dikembangkan untuk mengantisipasi para spammer backlink di kolom komentar. (^_^)

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!