Pengaruh Waktu Loading (Kecepatan) Blog Pada SEO

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
pengaruh waktu loading halaman pada SEO
Ada beberapa pemilik blog ataupun website yang sering menanyakan hal ini. Pada saat mereka membuat website apakah perlu memperhatikan  kecepatan muat atau waktu loading dari halaman website mereka. Dan seberapa besar pengaruhnya pada SEO dari website mereka.

Jadi di sini saya mau menjelaskan dalam bahasa yang singkat saja tentang pengaruh dari waktu loading blog terhadap SEO dari blog anda.  Tapi sebelumnya anda perlu mengetahui apa saja yang mempengaruhi kecepatan muat dari suatu halaman web. Penyebab utamanya ada 3, yaitu:
  1. Kecepatan Koneksi Internet Pengunjung
  2. Kecepatan transfer data dari server
  3. Besar ukuran halaman web yang hendak dibuka.
 Sekarang mari kita bahas 3 hal di atas.

Kecepatan Koneksi Internet Pengunjung

Jelas sekali ini sama sekali tidak mempengaruhi SEO dari blog anda. Jadi jika anda membuka blog anda dan menemukan waktu loading blog anda sangat berat, maka ujicoba dulu dari beberapa provider internet yang berbeda. Jika hanya koneksi anda saja yang berat; maka tidak ada masalah sama sekali. Anda tidak perlu mengkuatirkan kecepatan koneksi internet dari googlebot, karena Googlebot bisa memuat halaman yang cukup besar dalam waktu yang sangat cepat.

Kecepatan Transfer Data dari Server

Saat anda sudah mencoba dari beberapa provider internet dan ternyata memang blog anda sangat berat; maka masih ada 2 kemungkinan di sini. Kemungkinan pertama adalah anda memang memakai web hosting murah yang menumpuk website anda dengan begitu banyak website lainnya sehingga website anda berbagi sumber daya server; yang membuat loading dari website anda menjadi sangat lambat.

Atau bisa saja itu hanya dikarenakan salah satu elemen saja di dalam halaman web anda. Yang saya maksudkan di sini sebagai elemen bisa berupa eksternal javascript atau elemen luar lainnya yang bisa menghambat pemuatan halaman blog saudara. 

Jika ini adalah masalahnya maka anda bisa menyelesaikannya dengan menghapus elemen tersebut. Tapi jika masalahnya ada pada server; maka opsinya hanya mengganti paket hosting anda atau sekalian pindah jasa hosting.

Besar Ukuran Halaman Web Yang Hendak Dibuka

Kalau masalah koneksi sudah tidak ada masalah, berarti sekarang tinggal masalah ukuran halaman web saja. Sebenarnya ini masalah yang sangat jarang terjadi karena Google tidak bermasalah dalam membuka halaman yang cukup besar. Hanya jika pembuat halaman web terlalu amatir dan memakai elemen yang ukurannya sangat besar saja yang bisa menghambat waktu muat dari halaman.

Kesalahan yang paling umum dilakukan adalah memakai gambar file yang ukurannya sangat besar, bisa sampai ukuran MB; tentunya ini bisa menghambat waktu pemuatan halaman. Untuk mengatasi masalah seperti ini coba pakai gambar yang ukurannya tidak lebih dari 50 kb.Atau kalau memakai javascript pergunakan yang versi asinkron agar scriptnya tidak menghalangi pemuatan elemen lainnya.

Untuk menilai dan mendapatkan masukan lengkap mengenai perbaikan yang diperlukan untuk website anda silahkan mempergunakan tool pagespeed Insight dari Google.

Jadi Apa Pengaruhnya pada SEO?

Sebenarnya pengaruhnya sendiri tidak banyak; Masalah kecepatan ini lebih kepada kepuasan pengguna halaman web yang bisa memicu penurunan pada parameter SEO yang lain. Tapi kalau masalah efek langsung dari kecepatan muat halaman ini baru akan dirasakan pengaruhnya jika halaman gagal dimuat oleh googlebot karena ada elemen yang terlalu lama tidak bisa dimuat.

Hal itu karena google memberi batas waktu pada googlebot untuk memuat halaman web kita; jika dalam kurun waktu yang diberikan pemuatan tidak selesai maka halaman tidak akan dirayapi dan ini yang akan menimbulkan masalah untuk peringkat halaman web kita.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!