CARA MELAKUKAN OPTIMASI SEO ONPAGE

cara melakukan SEO Onpage untuk website anda
Untuk membuat halaman web yang dapat memenangkan hasil pencarian di Google, maka anda perlu memastikan bahwa halaman web anda memenuhi standar kualitas dari Google. Untuk melakukan itu, maka anda perlu mengetahu cara melakukan optimasi SEO onpage yang diperlukan.


Teknik SEO onpage adalah segala sesuatu yang bisa anda terapkan pada halaman web anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik. Teknik SEO onpage ini bisa anda terapkan pada dua bagian dari halaman web, yaitu bagian head dan body.

Bagaimana cara melakukan teknik SEO onpage ini dengan benar? Silahkan baca penjelasan di bawah ini.

Optimasi SEO onpage pada head

Untuk melakukan teknik SEO onpage pada head, maka anda perlu mengenal dua elemen utama dari head, yaitu title tag dan meta description. Ini adalah dua elemen yang jika anda salah dalam penerapannya, maka SEO anda bisa menjadi sangat sulit sekali. Jadi harap diperhatikan dengan seksama.

Title Tag

title tag pada bagian head
Pastikan saat melakukan optimasi SEO onpage pada title tag anda menempatkan kata kunci utama pada bagian depan title. Jangan meletakkan brand yang mendahului kata kunci. Panjang dari title tag juga sebaiknya anda batasi hanya sampai 7 kata.

Untuk membantu anda mendapatkan jumlah klik dari Google, maka sebaiknya title ini anda tulis dengan menggunakan huruf besar semua. Jangan sampai anda melakukan kesalahan dengan memasang terlalu banyak kata di dalam title tag ini karena "rakus" ingin menguasai banyak kata kunci.

Semakin banyak kata, maka semakin kecil poin yang didapatkan masing-masing kata. Hasilnya anda malah akan semakin sulit menguasai semuanya.

Meta Description

meta description dengan kata kunci sekunder
Ini adalah elemen yang bisa anda maksimalkan jika anda ingin menguasai lebih banyak kata kunci. Anda bisa memasukkan elemen-elemen kata kunci sekunder pada meta description, hingga mencapai sekitar 150 karakter.

Yang dimaksud dengan kata kunci utama, adalah kata kunci yang dirasakan persaingannya sangat besar sehingga memerlukan poin lebih. Sedangkan kata kunci sekunder tentunya adalah yang persaingannya lebih rendah dan hanya memerlukan poin yang kecil.

Jika anda bisa memaksimalkan title dan meta description ini, maka peluang anda untuk memenangkan lebih banyak kata kunci akan menjadi semakin besar.

Optimasi SEO Onpage pada Body

Ini adalah optimasi yang perlu anda lakukan untuk memastikan apa yang sudah anda ubah di head tadi menjadi relevan dengan apa yang anda tayangkan di halaman web anda (tampilan browser). Teknik SEO onpage ini mungkin bisa jadi sedikit rumit jika sampai diperlakukan perbaikan pada kode-kode HTML halaman.

Memperbaiki Struktur Halaman

template blog responsive untuk layar gadget
Dari apa yang diamati oleh banyak pelaku SEO; terlihat bahwa halaman web yang menempatkan posisi artikel semakin di atas halaman (lebih dulu dirayapi oleh robot) akan mendapatkan efek yang lebih baik. Jadi usahakan agar sidebar tidak lebih dulu dirayapi daripada kolom utama yang ditempati artikel.

Sedapat mungkin gunakan template dengan kolom-kolom yang responsive atau menyesuaikan dengan lebar layar gadget, karena saat ini ada banyak sekali pencarian yang dilakukan melalui gadget. Jika anda tidak memperhatikan faktor mobile friendly ini, maka website anda akan sulit tampil pada hasil pencarian mobile.

Heading

pembagian heading dan poin pembahasan
Heading adalah suatu kode yang bisa anda pakai untuk menandai judul halaman (h1), judul artikel (h2), dan poin pembahasan di dalam artikel (h3). Jika anda memasukkan beberapa kata kunci ke dalam heading ini, maka anda akan bisa memberitahu kepada Google apa yang menjadi poin pembahasan dari halaman anda tersebut.

Yang perlu diperhatikan hanya penggunaan heading h1. Heading ini hanya boleh muncul sekali saja di dalam suatu halaman web dan pastikan anda mengisinya dengan kata kunci utama (seperti title tag). Jika kebanyakan maka nasibnya akan sama; yaitu setiap kata hanya mendapatkan poin yang sedikit.

Link

Link adalah sesuatu yang sangat penting dalam optimasi SEO onpage. Ini adalah sesuatu yang perlu mendapatkan perhatian anda. Jika anda salah mengatur posisi link di dalam halaman, maka anda akan kesulitan mendapatkan ranking yang anda inginkan.

Perhatikan beberapa hal berikut ini dalam membuat link:
  1. Pastikan tidak ada link keluar menuju website lain sebelum artikel (tidak juga untuk link social media)
  2. Pastikan anda menaruh link halaman paling penting di bagian header. Atau setidaknya link halaman kategori untuk membantu penyebaran poin dari halaman muka
  3. Pastikan ada link menuju halaman itu sendiri pada halaman-halaman artikel anda
  4. Jika memang harus memasang link luar, maka pastikan itu relevan dan berasal dari halaman-halaman yang berkualitas di penilaian Google (ranking 5 besar pencarian Google)
  5. Untuk yang baru memulai  optimasi SEO, usahakan agar jumlah link anda masih di bawah 100 di tiap halaman sebagai permulaan. Karena terlalu berat jika anda ingin mengangkat terlalu banyak halaman di awal optimasi.

Jumlah Kata

Google sepertinya semakin sering menampilkan halaman-halaman yang pembahasannya di atas 900 kata. Jadi semakin detil anda dalam menjelaskan sesuatu akan semakin mudah anda menguasai kata kunci tersebut.

Bukan hanya itu saja, semakin banyak kata-kata yang anda masukkan ke dalam artikel, maka akan semakin besar kemungkinan anda menguasai banyak kata kunci. Jika anda bisa terus melakukan ini, maka anda bisa memenangkan banyak kata kunci hanya dengan beberapa artikel saja di blog anda.

Media lain

Ada banyak media lain yang bisa anda pergunakan di dalam melakukan optimasi onpage, seperti gambar dan video. Akan membantu jika anda mempergunakan antara 5-7 gambar ilustrasi di dalam halaman web anda. Setidaknya itu yang ditunjukkan hasil metrik pada website barat, di mana website yang memasang gambar pada kisaran tersebut menguasai sebagian besar hasil pencarian (tentunya faktor lain juga terlibat.


Spesialisasi

Website yang melakukan spesialisasi (membahas topik tertentu saja) akan lebih cepat ranking untuk topik tersebut dibandingkan dengan mereka yang membuat blog campuran. Jadi jika anda ingin cepat melihat hasil, maka sebaiknya lakukan spesialisasi.

Spesialisasi ini akan membantu anda menguasai kata kunci secara sitewide, karena Google juga mempertimbangkan signifikansi kata kunci pada keseluruhan halaman di dalam website anda.

==========

Poin-poin di atas adalah hal-hal mendasar yang perlu anda perhatikan untuk memastikan website anda menarik di mata Google. Jika anda bisa melakukan hal-hal di atas, maka tahapan optimasi selanjutnya bisa jadi lebih mudah dari seharusnya.


Thanks sudah mampir gan.... jangan lupa add ya
https://www.facebook.com/ricky.pratama.12139
Jika tidak keberatan mohon vote-nya untuk blog saya di sosmed, thanks berat gan!
TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)
Info: Kursus SEO sudah tidak buka karena kesibukan online dan offline yang semakin meningkat. Harap maklum....dan terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan Berkomentar

 
TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)
Info: Kursus SEO sudah tidak buka karena kesibukan online dan offline yang semakin meningkat. Harap maklum....dan terima kasih sudah berkunjung.

Mencari Sesuatu?

Masukkan kata kunci topik yang diinginkan. Misalnya meta description, onpage, atau apa saja

Popular Posts

Google + Saya

Google+ Followers

Blog Followers

BLOG INI ONLINE SEJAK
22 MARET 2012
HATI-HATI COPY PASTE
Diharapkan agar tidak melakukan copy paste. Untuk pengutipan diharapkan disertai link ke halaman artikel di blog ini. Terima Kasih atas pengertiannya

Powered by Blogger.