Faktor SEO Relevansi Kata Kunci Di Seluruh Halaman

relevansi kata kunci untuk SEO
Faktor yang akan saya bahas ini penting, karena ini adalah biang keladi dari banyaknya optimasi SEO yang gagal. Artikel ini dibuat untuk menjelaskan sebuah kondisi yang walaupun tidak sering, namun beberapa kali muncul di dalam jasa pemasangan backlink.


Kasus ini adalah tidak relevannya website tersebut untuk kata kunci yang ditarget. Bagi anda yang sedang melakukan pemasangan backlink untuk website anda, maka cobalah untuk melakukan edit yang disarankan di bawah ini agar halaman web anda memenuhi relevansi kata kunci.

Sekarang saya memberikan sebuah contoh dalam gambar di bawah ini:

contoh relevansi kata kunci
Perhatikan bahwa link biru adalah TITLE TAG, link hijau adalah URL, sedangkan tulisan abu-abu adalah meta description. Saya selanjutnya akan membahas 3 tingkatan kesalahan yang dapat terjadi dalam relevansi kata kunci.

KESALAHAN PERTAMA
Saya rasa sudah banyak orang yang bolak balik membaca isi blog ini mengetahui 3 elemen SEO di atas. Jadi sudah banyak yang tahu bahwa mengusahakan kata kunci untuk muncul di title tag, meta description, dan URL akan membantu peringkat di mesin pencari.... Sayangnya masih banyak yang melakukan kesalahan dalam mengeksekusi kata kunci di ketiga elemen ini....

Masih banyak yang tidak memasang meta description dan masih banyak juga yang tidak memakai kata kunci di dalam title tag.

Anda harus tahu bahwa halaman web anda akan sangat sulit untuk ranking jika tidak ada kata kunci sedikitpun pada link biru yang ada dalam gambar di atas. Jika anda belum populer di mesin pencari, jangan mengedepankan brand di dalam title tag anda.

Sangat percuma melakukan pencarian backlink dan memasang kata kunci yang ada inginkan di backlink, jika title tag seperti ini tidak diperbaiki. Anda bisa saja memerlukan backlink 100 kali lebih banyak dari seharusnya untuk mengangkat ranking halaman yang seperti ini.

Untungnya, memperbaiki Title Tag dan meta description adalah hal yang sangat mudah; dan perbaikan ini akan sangat membantu anda bersaing di dalam kata kunci yang persaingannya rendah.

KESALAHAN KEDUA
Nah, selain mereka yang melakukan kesalahan pada title tag dan meta description, tentu ada juga yang sudah melakukannya dengan benar. Tapi....apakah itu cukup untuk mereka yang sedang mengincar kata kunci dengan persaingan menengah?

Jika anda masuk ke dalam persaingan yang menengah, maka anda memerlukan relevansi dari body text halaman yang dioptimasi. Apa yang dimaksud dengan relevansi dari body text? Itu artinya semua teks yang bisa dibaca oleh pengunjung pada halaman web yang dioptimasi harus mengandung kata kunci.

Banyak yang menanyakan berapa persentase kepadatan kata kunci yang disukai oleh Google? Tidak ada jawaban yang pasti untuk pertanyaan itu. Tapi kalau mau berada di dalam batasan aman, maka kepadatannya ada dikisaran 2% sampai 4% dari semua kata yang ada di halaman itu (termasuk header dan sidebar).

Sayangnya saat ini dalam praktiknya, ada banyak orang yang menargetkan kata kunci A, tetapi kata kunci A tersebut hanya muncul sekali atau dua kali pada halaman yang dioptimasi.  Jadi jika anda menilai bahwa persentase kata kunci anda pada body text halaman dioptimasi masih sangat rendah, maka cobalah untuk menambahkannya agar relevansi halaman anda menjadi lebih baik.

KESALAHAN KETIGA
Nah, bagi anda yang sudah memasuki level persaingan yang berat maka yang satu ini adalah kesalahan yang cukup sering terjadi. Banyak di antara mereka yang memasuki persaingan ini hanya mengandalkan sebuah halaman dengan artikel yang kurang dari 500 kata.

Ini sangatlah sulit untuk memenangkan persaingan yang berat. Anda memerlukan sangat banyak backlink untuk mengangkat halaman web seperti ini.

Apa yang anda perlukan untuk meringankan backlink yang anda butuhkan? Langkah pertama adalah menambah panjang artikel blog anda. Jika sanggup cobalah untuk menambah panjang artikel anda melebihi 2000 kata.

Selain itu anda juga harus memastikan bahwa sebisa mungkin semua link yang ada di dalam halaman yang dioptimasi mengacu pada halaman yang memang relevan dengan kata kunci yang dikejar oleh halaman dioptimasi tersebut. Sebagai contoh: Jika anda mengoptimasi halaman dengan kata kunci Jual Mobil Toyota, maka cobalah untuk memasang link menuju artikel-artikel lainnya yang relevan, seperti jual mobil toyota avanza, atau jual mobil toyota bekas harga murah.

Jika anda belum mempunyai artikel-artikel penunjang seperti itu maka buatlah. Semakin banyak artikel relevan yang linknya terpasang pada halaman dioptimasi, maka semakin besar poin relevansi website untuk semua halaman webnya.

Saya beri contoh kesalahan lain yang mungkin terjadi pada website dengan persaingan yang berat: Jika anda mengoptimasi website anda pada homepage dengan kata kunci resep masakan lezat. Kemudian anda mulai menerbitkan artikel-artikel yang tidak ada hubungannya dengan resep; seperti cara memilih daging segar, atau cara mengupas udang, dll. Anda harus bersiap-siap melihat peringkat anda turun untuk kata kunci resep seiring bertambahnya artikel seperti ini...

Walaupun anda merasa bahwa artikel seperti ini masih relevan, tapi jika terlalu banyak akan mengurangi signifikansi kata kunci resep itu sendiri..... Semua itu dikarenakan google menghitung signifikansi kata kunci di semua halaman website anda.
Thanks sudah mampir gan.... jangan lupa add ya
https://www.facebook.com/ricky.pratama.12139
Jika tidak keberatan mohon vote-nya untuk blog saya di sosmed, thanks berat gan!
TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)
Info: Kursus SEO sudah tidak buka karena kesibukan online dan offline yang semakin meningkat. Harap maklum....dan terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan Berkomentar

 
TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)
Info: Kursus SEO sudah tidak buka karena kesibukan online dan offline yang semakin meningkat. Harap maklum....dan terima kasih sudah berkunjung.

Mencari Sesuatu?

Masukkan kata kunci topik yang diinginkan. Misalnya meta description, onpage, atau apa saja

Popular Posts

Google + Saya

Google+ Followers

Blog Followers

BLOG INI ONLINE SEJAK
22 MARET 2012
HATI-HATI COPY PASTE
Diharapkan agar tidak melakukan copy paste. Untuk pengutipan diharapkan disertai link ke halaman artikel di blog ini. Terima Kasih atas pengertiannya

Powered by Blogger.