Kenapa Halaman Artikel Ranking Mengalahkan Homepage?

Kenapa halaman artikel ranking mengalahkan homepage?
Salah satu kasus yang cukup lazim terjadi di dalam optimasi SEO sebuah website adalah halaman artikel ranking pada suatu kata kunci yang ditargetkan untuk halaman homepage. Ini bisa saja menjadi masalah di dalam optimasi SEO yang anda lakukan.

Biasanya orang mengabaikan saja jika halaman artikel yang terindeks untuk suatu kata kunci dan bukannya halaman homepage, tanpa mengetahui ini bisa menjadi suatu masalah di dalam peringkat mereka.

Jadi artikel ini dibuat untuk membantu anda yang masih pemula dan sedang belajar SEO, karena besar kemungkinan anda tidak tahu masalah yang satu ini.

Sekarang perhatikan....

Anda melakukan optimasi SEO ONPAGE pada halaman homepage anda untuk kata kunci "JUAL SEPEDA ONLINE". Setelah anda merasa itu cukup, anda kemudian memasangkan backlink yang banyak menuju halaman homepage agar halaman homepage anda ranking pada kata kunci tersebut..

Masalahnya ternyata yang diterima oleh Google untuk ranking pada kata kunci tersebut adalah salah satu halaman artikel anda; dan anda meraih ranking 12 untuk halaman artikel itu....

Apakah anda senang? Anda tidak tahu apa yang menjadi masalah? Dan kenapa halaman artikel yang ranking?

Walaupun anda memasang backlink untuk melakukan voting kata kunci untuk halaman homepage, Google tetap akan menilai relevansi halaman yang anda optimasi. Jika akhirnya Google menemukan bahwa yang paling relevan dengan kata kunci itu adalah halaman artikel, maka halaman artikel yang akan ditampilkan untuk pencarian kata kunci ini....

Sekarang saya beritahu masalahnya...


Halaman artikel itu hanya mendapatkan poin backlink pembagian dari homepage saja, jadi poin yang ada di halaman artikel itu lebih rendah dari poin halaman homepage. Jadi website anda bersaing untuk kata kunci tersebut dengan halaman yang poinnya kecil....

Seandainya website anda berhasil memenangkan kata kunci tersebut dengan memakai halaman homepage, maka anda akan maju dengan halaman yang poinnya cukup besar.... Itu berarti anda seharusnya bisa meraih ranking yang lebih tinggi dari yang anda dapatkan saat ini.

Bagaimana cara mengatasi masalah ini? Bagaimana agar anda bisa ranking menggunakan halaman dengan poin yang terbesar?

Ini yang perlu anda lakukan....

Pertama, anda harus tahu bahwa homepage anda kalah karena masalah kepadatan kata kunci, Jadi yang perlu anda lakukan adalah membiasakan untuk memasukkan kata kunci di setiap paragraf pertama artikel anda. Sehingga artikel anda yang ditampilkan di homepage ikut berperan menambah kepadatan kata kunci untuk homepage anda.

Jika anda merasa kepadatan kata kuncinya masih kurang, anda bisa membuat artikel singkat dengan memakai widget yang hanya ditampilkan di halaman homepage saja. pastikan artikel singkat ini berisi kata kunci yang anda targetkan.

Kedua, turunkan relevansi halaman artikel anda terhadap kata kunci. Anda bisa melakukan ini dengan melakukan 2 hal. Pertama, kurangi kepadatan kata kunci di dalam artikel anda, dan kedua GANTI JUDUL ARTIKEL ANDA dengan menghilangkan kata kunci dari dalam judul. Jadi jika judul artikel anda adalah JUAL ONLINE SEPEDA MOUNTAIN BIKE POLYGON, coba ubah judulnya menjadi JUAL MOUNTAIN BIKE POLYGON saja.

Seharusnya kedua perbaikan di atas sudah cukup untuk mengalihkan Google yang semula berpihak kepada halaman artikel, menjadi berpihak ke halaman homepage. Jadi website anda bisa ranking dengan memakai halaman yang page authority-nya paling besar....

Teknik ini juga bisa dilakukan untuk proses sebaliknya. Jika anda mau halaman artikel yang terindeks, dan bukannya halaman homepage.... Maka pastikan kepadatan kata kunci dan title tag lebih berpihak pada halaman artikel... Tapi pastikan halaman artikel anda mendapatkan optimasi backlink yang cukup lumayan.

Ok, mudah-mudahan artikel ini bisa membantu anda yang baru belajar SEO dan tidak tahu bagaimana mengarahkan halaman mana yang anda inginkan untuk terindeks pada suatu kata kunci.


Thanks sudah mampir gan.... jangan lupa add ya
https://www.facebook.com/ricky.pratama.12139
Jika tidak keberatan mohon vote-nya untuk blog saya di sosmed, thanks berat gan!
TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)
Info: Kursus SEO sudah tidak buka karena kesibukan online dan offline yang semakin meningkat. Harap maklum....dan terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan Berkomentar

5 comments:

Hakim Mahmud said...

bagus infonya gan.. terima kasih kerna sudi berbagi

junaidi juni said...

Tulisannya sulit di cerna, kurang user friendly gan X_X

junaidi juni said...

artikelnya kurang mudah di pahami, gak user friendly gan X_X

Fathiah Utari said...

Mas Ricky, bagaimana dengan desain website standar blog, dimana homepagenya ya halaman postingan terbaru?
Saat ini yg terjadi pada blog saya? Sehingga artikel yang menonjol
Mohon penjelasannya
Terimakasih

ricky pratama said...

Saya tidak tahu bagaimana cara membuat artikelnya lebih sederhana lagi.... Mengubah title dan mengurangi kepadatan kata kunci itu sudah tidak bisa lebih sederhana lagi mas
=====================
Supaya halaman artikel tidak kalah dari homepage, jangan tampilkan keseluruhan artikel di homepage. Pasang read more, dan tampilkan beberapa cuplikan artikel di homepage.

 
TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)
Info: Kursus SEO sudah tidak buka karena kesibukan online dan offline yang semakin meningkat. Harap maklum....dan terima kasih sudah berkunjung.

Mencari Sesuatu?

Masukkan kata kunci topik yang diinginkan. Misalnya meta description, onpage, atau apa saja

Popular Posts

Google + Saya

Google+ Followers

Blog Followers

BLOG INI ONLINE SEJAK
22 MARET 2012
HATI-HATI COPY PASTE
Diharapkan agar tidak melakukan copy paste. Untuk pengutipan diharapkan disertai link ke halaman artikel di blog ini. Terima Kasih atas pengertiannya

Powered by Blogger.