Ujicoba Google Untuk Sistem Mobile-First Index

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
google meluncurkan ujicoba sistem mobile-first index
ARTIKEL INI ADALAH ADAPTASI DARI SEROUNTABLE.
==================
Google sudah mengumumkan bahwa mereka akan melakukan ujicoba sistem indeks MOBILE FIRST. Dan karena adanya sistem baru ini muncul banyak pertanyaan di dunia SEO tentang sistem Algoritma MOBILE FIRST INDEX ini.

Jadi berikut ini adalah beberapa pertanyaan seputar sistem MOBILE FIRST INDEX....

Apa itu sistem Indeks MOBILE FIRST?

Ini adalah sistem di mana Google akan merayapi dan mengindex versi mobile dari website anda terlebih dahulu; dan menjadikannya sumber utama untuk konten dan ranking sinyal untuk website anda. Nanti sesudahnya barulah Google melakukan hal yang sama untuk versi desktop dari website anda.

Google mengatakan bahwa mereka menggunakan versi mobile untuk menentukan ranking untuk website kita. Untuk mengerti struktur data, dan menampilkan snippet dari website kita di hasil pencarian mereka. Ini adalah perkembangan yang sangat penting untuk dunia SEO saat ini.


Apakah Google Akan Menggunakan 2 Index Berbeda?

Google mengatakan bahwa indeks mereka akan tetap satu jenis index saja dari website dan aplikasi. Tapi masih banyak yang meragukan ini karena dari apa yang dikomunikasikan Google sebelumnya banyak yang mendapat kesan bahwa sistem indeks dari Google akan terbagi menjadi 2.

Jadi Google hanya menjelaskan bahwa mungkin ada yang menafsirkannya sebagai indeks yang terpisah padahal tidak

Kapan sistem Mobile First Index ini diluncurkan?


Saat ini google masih menerapkan sistem ini secara terbatas; tapi secara bertahap akan di usahakan untuk menjangkau lebih banyak pengguna. Pada suatu saat nanti ini diharapkan akan menggantikan sistem algoritma indeks desktop secara keseluruhan.

Google menuliskan di dalam blog mereka bahwa mereka akan terus melanjutkan eksperimen ini sampai mereka mendapatkan pengalaman pengguna yang sangat baik.

Tapi Gary Ilyes mengatakan bahwa untuk peluncuran sepenuhnya itu masih akan beberapa bulan ke depan.

Efek apa yang akan dirasakan para pemilik website?

Google mengatakan bahwa mereka sebenarnya berharap bahwa sistem ini seharusnya tidak memberi efek yang buruk kepada suatu website. Bahkan jika website anda tidak mempunyai versi mobile, mereka akan menggunakan versi desktop dari website anda.

Hanya saja website yang desktop tentunya akan bersaing dengan website yang sudah mobile friendly di hasil pencarian mobile, dan sebelumnya Google sudah mengumumkan bahwa mereka akan mengutamakan website yang sudah mobile friendly untuk pencarian mobile...., karena Google mengutamakan pengalaman pengguna yang baik.

Bagaimana Jika Konten Mobile Lebih Sedikit Dari Versi Desktop?

Jika konten versi mobile itu lebih sedikit, maka Google akan melihat website dengan konten yang lebih sedikit ini, dan mengutamakannya, karena konten dari versi mobile sudah dianggap lebih penting saat ini. Jadi sangat penting untuk memperhatikan optimasi SEO pada versi mobile dari website anda.

Nanti setelah algoritma google tidak menemukan konten apapun pada versi mobile barulah Google akan mengecek versi desktop.

HAL YANG PENTING UNTUK DIPERHATIKAN PENGEMBANG WEBSITE!
Google akan memberikan poin penuh untuk konten-konten yang disembunyikan di dalam tabs, akordion, drop down, dll.

Google Mobile First Index ini diluncurkan secara global di seluruh dunia secara bersamaan.

Bagaimana dengan Tautan Yang Hilang Pada Versi Mobile?


Praktisi SEO meyakini Google akan memberlakukan sistem yang sama dengan desktop. jadi jika ada link yang tidak ditampilkan pada versi mobile, maka link ini akan dianggap tidak ada. Jika ini benar adanya, maka anda harus sangat memperhatikan sistem internal link anda pada  sistem mobile. Mereka yang website versi desktopnya berbeda dengan versi mobilenya akan melihat pergesaran ranking yang cukup signifikan jika ini memang benar.

Pengumuman yang cukup perlu untuk diperhatikan adalah MEREKA YANG MENERAPKAN DESAIN YANG RESPONSIF SEHINGGA VERSI MOBILE DAN DESKTOP TIDAK BERBEDA; MAKA TIDAK ADA YANG PERLU DIUBAH DARI WEBSITE ANDA.

Google juga mengumumkan; jika website anda sudah sempurna pada versi desktop, maka tidak perlu memaksakan untuk meluncurkan versi mobile yang belum jadi; karena versi desktop yang sudah rampung akan lebih baik dari versi mobile yang masih berantakan.

Tambahan info; bagi yang membangun versi mobile dari websitenya secara terpisah dan hanya mendaftarkan versi desktopnya saja di search console; maka diharapkan untuk juga segera mendaftarkan versi mobile dari websitenya.

Mungkin baru yang belajar SEO belum akan menyadari pentingnya informasi ini; tapi saya cukup yakin kalau update sistem dari Google ini akan mendatangkan masalah besar untuk mereka yang tidak memperhatikan versi mobile dari websitenya, beberapa bulan dari sekarang.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!