Algoritma Possum Google Untuk SEO Lokal

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
update algoritma possum google untuk pencarian lokal
Pada saat anda belajar tentang SEO, anda akan mengetahui ada yang namanya LOKAL SEO, atau optimasi SEO dengan menargetkan wilayah yang sangat terbatas. Ini akan bisa memperbesar peluang sukses anda dalam melakukan SEO.


Algoritma yang paling terkenal dari lokal SEO ini adalah Pigeon Google. Dan saat ini sudah hadir algoritma baru yaitu Algoritma Possum Google yang membawa perubahan yang cukup besar pada hasil pencarian lokal.

Bagi anda yang baru belajar SEO dan terus memantau perkembangan SERP untuk bisnis lokal anda, anda akan melihat perubahan yang cukup lumayan pada trafik website anda di sekitar bulan SEPTEMBER yang lalu. Tidak banyak yang menyadari perubahan ini karena ini bukan mempengaruhi hasil pencarian organic umum, tetapi hanya hasil pencarian lokal saja.

Jadi untuk mencari tahu seberapa besar pengaruh algoritma Possum Google ini pada hasil pencarian lokal, beberapa praktisi bisnis lokal melakukan experimen atau percobaan untuk mengambil data.

Percobaan yang dilakukan untuk menguji algoritma Possum ini melibatkan 1.307 bisnis berbeda dan melacak 14.242 kata kunci. Lalu hasilnya dibandingkan antra tanggal 7 september dan tanggal 31 agustus yang merupakan tanggal sebelum Algoritma Possum bekerja.

Hasil dari pengamatan ini adalah:
9% dari kata kunci yang sebelumnya tidak masuk dalam algoritma pencarian Lokal, sekarang menjadi terhitung dalam pencarian lokal
  • 11% kata kunci memperlihatkan kenaikan peringkat dari suatu bisnis sebanyak 3 peringkat atau lebih
  • 15% kata kunci memperlihatkan peningkatan peringkat dari bisnis sebanyak 1 atau 2 peringkat
  • 35% kata kunci memperlihatkan bisnis yang tidak mengalami perubahan peringkat
  • 15% kata kunci memperlihatkan penurunan peringkat
  • 14% kata kunci memperlihatkan penurunan peringkat pada bisnis.

Jadi bisa dikatakan 65% orang melihat perubahan ranking atau peringkat pada website mereka saat Algoritma Possum ini masuk bulan september yang lalu. Tapi ingat ini hanya terjadi pada pencarian lokal saja.

Jadi selanjutnya bagaimana?

Ya, masih harus menunggu beberapa eksperimen lagi untuk mengetahui faktor apa saja yang menaikkan dan faktor apa saja yang menurunkan peringkat kita saat pencarian untuk bisnis kita dilakukan secara lokal.

Tapi sebagai awalan saya mau memasukkan beberapa hal yang sangat jelas terlihat dari update algoritma possum ini:
  • Bisnis yang sangat berfokus pada kota tertentu; yang kemungkinan besar tidak ranking jika pencarian dilakukan di kota lain, akan mengalami lonjakan peringkat yang besar saat pencarian dilakukan di kota yang ditarget.
  • Anda bisa mengoptimalkan bisnis anda dengan mendaftarkannya pada Google bisnis, di mana Google akan mengetahui dengan tepat lokasi bisnis anda dan menyesuaikannya dengan pencari yang menggunakan mesin pencari mereka.
  • Akan ada variasi ranking walaupun masih dalam satu kota tergantung jarak bisnis dan pengguna Google, namun variasi ini terasa sangat tipis.

 Btw, nanti saya akan mencoba membahas bagaimana cara mengoptimasi website anda untuk mendapatkan hasil yang optimal untuk bisnis lokal. Karena sebenarnya, masih banyak orang yang membuka bisnisnya di internet masih berfokus pada market lokal saja.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!