Pengaruh Kecepatan Halaman Web Terhadap SEO

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
kecepatan website mempengaruhi SEO website anda.
Ini adalah sesuatu yang sering sekali dibicarakan oleh mereka yang menekuni SEO. Apakah kecepatan halaman web berpengaruh terhadap optimasi SEO suatu website atau tidak. Kalaupun benar berpengaruh bagaimana bentuk pengaruhnya dan apa saja yang penting untuk diperhatikan.

Seringkali ada kesalahan kaprah masalah kecepatan halaman website ini. Banyak orang yang bingung kenapa website yang terbuka dalam waktu 10 detik pada browser mereka bisa ranking lebih baik dari website yang terbuka hanya 3 atau 4 detik saja?

Pertama; harus diketahui bahwa kecepatan muat halaman web itu bukan satu-satunya faktor SEO. Jadi hanya karena halaman web anda terbuka lebih cepat dari website lain bukan berarti halaman web anda pasti ranking lebih baik....

Kedua; memang kecepatan halaman web anda terbuka itu bukanlah faktor SEO....

Bingung? Jadi apakah kecepatan halaman web itu bukan faktor SEO? Oh bukan itu maksud saya; kecepatan halaman web itu jelas adalah faktor SEO..... tapi bukan kecepatan halaman web terbuka. 

Ada berkali-kali saya menuliskan bahwa semakin detil artikel anda maka Google akan semakin menyukai itu. Jadi jika suatu artikel sangat panjang dan lengkap plus gambar dan video, maka jelas akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terbuka karena ukuran file yang sangat besar dan halaman yang kompleks. 

Bagaimana bisa Google ambigu dengan tidak menyukai website yang kecepatan halaman terbukanya lebih lama?

Yang dimaksud dengan kecepatan halaman web di sini adalah kecepatan halaman web untuk TIME TO FIRST BYTE. Buat yang tidak tahu apa itu Time To First Byte, maka ini adalah waktu yang diperlukan oleh browser anda menerima byte data pertama sejak anda menekan enter atau mengklik link. Atau bahasa sederhananya kecepatan respon server.

Dalam beberapa eksperimen oleh beberapa praktisi SEO barat, mereka tidak menemukan korelasi antara kecepatan terbuka halaman web dengan ranking di SERP. Tapi mereka menemukan bahwa parameter Time To First Byte sangat berpengaruh. Mereka membuat grafik dan menemukan bahwa semakin cepat respon server anda mengirimkan byte pertama dari halaman web anda, maka semakin baik pula ranking halaman anda.

Di dalam data itu mereka menemukan bahwa server yang merespon dalam 0,3 detik mempunyai ranking yang 5 sampai 7 peringkat lebih baik dari website yang merespon dalam 0,9 detik. Dan data ini diperoleh melalui sistem A/B testing.

Jadi kadang ada beberapa di antara anda yang bingung kenapa sudah capek meakukan optimasi tapi ranking anda tidak bisa bergerak atau semakin sulit bergerak. Atau kenapa website yang dulu di host di server lain menjadi susah ranking saat pindah ke server atau web hosting yang lain; padahal kontennya sama saja.

Biasanya pengguna blogspot tidak akan bermasalah di sini. Pengguna wordpress yang harus berhati-hati dengan time to first byte ini. Saya pernah melihat website bisnis online yang memakai blogspot menjadi tidak berkutik di persaingan setelah beralih ke wordpress. Tentu perlu analisa yang lebih dalam untuk mengetahui apa saja masalahnya; tapi saya memang mencurigai masalah yang satu ini karena TTFB-nya naik dari 0,4 detik menjadi 1,7 detik setelah hosting sendiri.

Mau mengecek kecepatan halaman web anda untuk time to first byte? Masukkan URL anda pada tool berikut --> http://www.bytecheck.com/

Pengaruh Ukuran Halaman Website

Bukan hanya menemukan bahwa website dengan Time To First Byte yang cepat akan ranking lebih baik; mereka juga menemukan bahwa website dengan ukuran konten halaman yang semakin besar juga akan ranking lebih baik. Dan ini memang lebih relevan dengan pandangan bahwa website yang mempunyai konten lebih lengkap akan ranking lebih baik. Walaupun ukuran halaman yang lebih besar ini akan membuat waktu muat yang lebih lama.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!