Apa itu Bounce Rate? Dan Bagaimana Cara Menguranginya?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
cara mengurangi bounce rate dari website anda
Bounce rate adalah ratio pentalan dari suatu halaman web. Yang dimaksud dengan ratio pentalan adalah perbandingan antara mereka yang langsung meninggalkan website anda dengan mereka yang mengklik tautan lain di website anda.

Apakah bounce rate ini penting? Penting atau tidak penting tergantung pada persaingan yang anda hadapi. Jika website anda berada pada niche di mana pesaing yang muncul pada hasil pencarian adalah website-website yang mempunyai bounce rate yang besar, maka tidak apa-apa mempunyai bounce rate yang besar.

Namun jika pesaing anda mempunyai bounce rate yang kecil terlebih lagi waktu kunjungan yang lama, sedangkan website anda mempunyai bounce rate yang besar dengan waktu kunjungan yang singkat; maka bounce rate ini akan menyulitkan anda untuk ranking.

Sebagai contoh; website yang ada di niche tutorial biasanya mempunyai bounce rate yang cukup besar, tapi tidak masalah jika pesaing lainnya juga seperti itu. Namun jika website anda bersaing di niche toko online banyak produk atau website berita dan bounce rate anda tidak ramping, maka anda akan sangat kesulitan bersaing di hasil pencarian nantinya....

Bagaimana cara mengurangi bounce rate?

Seperti yang sudah anda baca sebelumnya di atas; bounce rate berkurang jika pengunjung mengklik tautan lain pada halaman tersebut. Jadi bagaimana anda membuat pengunjung mengklik tautan di halaman web tersebut?

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membuat penguunjung mengklik tautan lain:
  1. Membuat suatu bentuk penjelasan yang untuk info lebih lengkapnya harus mengklik beberapa halaman artikel lain
  2. Membuat teks jangkar yang provokatif menuju halaman artikel lain
  3. Memasang pos terkait yang gambar dan judulnya mengundang klik
  4. Jangan terlalu banyak iklan yang menutupi konten, ini akan membuat sebagian besar pengunjung ingin cepat-cepat menutup website anda.
  5. Usahakan juga waktu muat dari halaman anda tidak lemot; karena jika pengunjung harus menunggu lama untuk membuka satu halaman, maka mereka akan malas untuk membuka halaman yang lainnya.
Ok, jadi anda sudah paham apa itu bounce rate. Masalah terbesar dari bounce rate adalah anda tidak akan pernah bisa mengetahui berapa bounce rate dari pesaing anda. Jadi selalu saja usahakan agar pengunjung nyaman dan mau membaca banyak halaman dari website anda.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!