Tips Memilih Produk atau Jasa Untuk Bisnis Online Anda

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
cara memilih produk untuk bisnis online anda
Saat ini ada banyak sekali orang yang tertarik untuk menjalankan bisnis online. Jadi rasanya saya perlu menjelaskan bahwa memilih produk untuk bisnis online adalah tahapan paling awal sebelum anda menjalankan bisnis itu sendiri.

Ok, sekarang pertanyaannya adalah "Kenapa ini adalah tahapan paling awal?"

Ini menjadi tahapan paling awal karena ini adalah penentuan akan segala sesuatu yang akan terjadi di bisnis online anda.

Apapun produk atau jasa yang akan anda pilih itu yang akan menentukan market, perilaku konsumen, margin keuntungan, persaingan, dan masih banyak lagi. Jika anda salah memilih produk untuk bisnis online anda, maka bisa jadi anda harus bekerja keras untuk hasil yang terlalu sedikit.

Ini adalah pengetahuan penting saat anda belajar cara mendapatkan uang dari internet. Jadi saya berusaha membuat artikel ini dalam bahasa yang sederhana agar mudah untuk dimengerti bahkan oleh pemula.

Ok, jadi saya berikan dulu gambaran besar, hal-hal yang perlu anda pertimbangkan dalam memilih produk untuk bisnis online anda, yaitu:
  1. Pengetahuan anda tentang produk atau jasa tersebut
  2. Sistem pemenuhan produk atau jasa yang akan ditawarkan
  3. Pengetahuan anda tentang calon konsumen
  4. Profit yang anda harapkan secara realistis
  5. Budget anda untuk melakukan promosi
Setidaknya 6 hal di atas inilah yang harus anda perhatikan jika anda ingin mempunyai peluang membangun bisnis online yang menghasilkan.... Jadi harap membaca dengan seksama sharing pengalaman saya berikut ini. Mudah-mudahan sharing pengalaman ini bisa mencegah anda membuang-buang waktu di bisnis online anda, dan bisa lebih efisien dalam mencari keuntungan....

PENGETAHUAN ANDA TENTANG PRODUK/JASA

"Jangan membuat pembeli anda melarikan diri"

Saat anda memulai bisnis online anda untuk mendapatkan uang dari internet. Anda harus sangat yakin dengan pengetahuan anda akan produk atau jasa yang akan anda tawarkan.

Bisnis di internet memang murah karena anda tidak perlu mendirikan toko atau membayar banyak pegawai.... TAPI! Bisnis di internet persaingannya sangat keras, karena perbandingan antara jumlah penyedia dan jumlah market jauh lebih berat dibandingkan persaingan di dunia nyata.

Singkat kata, skill dan pengetahuan anda di produk dan jasa yang anda tawarkan akan membantu anda mendapatkan reputasi secara online. Reputasi online ini secara perlahan, mungkin dalam setengah tahun atau setahun setelah anda mulai berbisnis, akan mulai mendatangkan pembeli-pembeli yang direkomendasikan oleh pelanggan anda.

Ini juga akan mencegah langganan anda beralih ke penyedia produk atau jasa serupa. Dengan demikian bisnis anda akan semakin besar dari hari ke hari.

Hehehe.... ya tentu itu adalah cerita jangka panjangnya. Cerita jangka pendeknya ada di masalah customer service.
customer service bingung tidak punya pengetahuan produk/jasa

Anda tidak akan menerima telpon sekali dan sesudah itu langsung deal. Akan ada tanya jawab di mana tanya jawab ini adalah momen untuk anda menaikkan kepercayaan calon pembeli dan meyakinkan calon pembeli bahwa mereka membutuhkan produk atau jasa anda.

Skill dan pengetahuan yang rendah akan membuat anda gagal di tahap ini. Alangkah sangat disayangkan jika anda mendapatkan banyak sekali telepon, tapi yang closing hanya sedikit...atau bahkan tidak ada.

Saya sendiri mempunyai bisnis, dan closing saya mencapai 90% lebih. Itu semua karena pengetahuan saya di produk-produk dan jasa-jasa yang saya tawarkan memang sudah sangat lengkap....

Kesimpulannya, anda harus terlihat sangat paham dengan apa yang anda kerjakan dan tawarkan di hadapan customer anda.

 SISTEM PEMENUHAN PRODUK DAN JASA

"Buatlah Sistem Yang Memberi Keuntungan Terbesar Dengan Beban Usaha Termudah"

Apapun peran yang anda pilih; mau itu produsen, distributor, atau sekedar reseller/dropshiper. Anda harus selalu memilih dengan baik siapa saja yang menjadi supplier bahan baku, produk, maupun jasa anda. Hal ini termasuk memperhatikan proses produksi atau proses kerja dari bisnis anda. 

Anda pastinya ingin selalu mendapatkan harga bahan baku, atau harga barang yang paling murah. Jadi apakah anda sudah mengumpulkan daftar supplier yang bisa memberikan anda pasokan bahan baku atau pasokan produk dengan harga termurah? Ini akan sangat mempengaruhi nilai keuntungan yang akan anda buat nantinya di bisnis online.

Dan jika anda bermain di sektor jasa, maka anda harus mempersiapkan sistem yang paling efisien, sehingga anda bisa memenuhi permintaan klien anda dengan kerja seringan mungkin, sehingga anda bisa menangani banyak permintaan sekaligus.

sistem bisnis yang sangat rumit itu menyusahkan

Jika sistem anda tidak efisien, bisa jadi anda menjadi terlalu capek untuk bayaran yang tidak sepadan. Bagaimanapun harga produk dan jasa itu ditentukan oleh pasar, jadi anda yang harus merampingkan produksi dan sistem kerja anda untuk memperbesar marjin keuntungan.

PENGETAHUAN ANDA TENTANG CALON KONSUMEN

kenali konsumen anda dengan baik
"Anda akan mengetahui apa yang dibutuhkan orang lain, jika anda mengenal mereka"

Bisnis adalah tempat di mana anda berusaha memenuhi kebutuhan banyak orang. Anda tidak harus mengenal calon konsumen anda secara pribadi satu per satu. Anda cukup membuat profil umum dari calon konsumen di dalam market anda.

Banyak sekali pebisnis online yang asal nyemplung saja ke bisnis online tanpa membuat penelitian awal tentang calon konsumennya. Prinsip mereka sederhana saja... "Yang mau beli ya belilah, yang ngak ya ngak papa"...

Penelitian tentang calon konsumen itu sangat penting. Di sini anda harus mencari tahu konsumen anda itu rata-rata usianya berapa, profesinya apa, cowok atau cewek, kisaran penghasilannya berapa, wilayahnya di mana, dan masih banyak lagi.

Penelitian seperti ini akan membantu anda menarget konsumen yang peluang menghasilkan profitnya paling tinggi....

Kalau konsumen anda berada di kalangan anak muda; tentunya anda ingin mendesain iklan yang fun dan lagi gaul di saat itu. Kalau konsumen utama anda adalah kalangan yang sudah cukup berumur atau berkeluarga, tentunya anda harus memakai bahasa yang lebih baku dan lebih menyentuh masalah hidup mereka sehari-hari....

Salah konsep iklan, maka anda akan melihat dagangan anda tidak dilirik konsumen.

Dengan mengenali batasan-batasan konsumen yang potensial juga akan membantu anda memahami mana yang peluang dealnya tinggi, dan mana yang cuma pemberi harapan palsu.

Tentunya anda harus melayani semuanya, karena anda tentunya tidak mau kehilangan satu peluang pun; tapi setidaknya anda tahu di mana anda bisa lebih berharap terjadinya deal. Dan yang terpenting lagi adalah anda tahu harus memprioritaskan calon pembeli yang mana saat anda harus memilih di antara keduanya.

Jadi tujuan dasar dari mengenali konsumen adalah mengasah cara anda menarget dan "membujuk" mereka untuk mempergunakan atau membeli produk anda. Ke depan anda akan mempelajari bagaimana cara mengenal konsumen bisnis anda, atau bahasa umumnya adalah PENARGETAN KONSUMEN.

PROFIT YANG ANDA HARAPKAN SECARA REALISTIS

berapa keuntungan yang masuk akal untuk anda usahakan?
Tentu saja anda berbisnis untuk menghasilkan uang atau keuntungan alias profit. Tapi tentu anda harus mengetahui seberapa besar potensi profit anda yang akan anda peroleh jika anda memilih produk tersebut.

Untuk mempunyai bayangan tentang hal ini, yang perlu anda lakukan adalah mencari tahu 3 hal berikut:
  • Potensi pengunjung harian
  • Besaran konversi pengunjung menjadi pembeli
  • Besar keuntungan per pembelian

Tentunya secara realistis anda akan sulit berharap menjadi sangat kaya dalam waktu singkat jika dagangan anda adalah pakaian dalam, atau sejenisnya. Anda bisa berharap menjadi kaya dalam waktu singkat jika anda bermain di logam/batu mulia dan properti.... TAPI; perbandingan antara jumlah penyedia, dan jumlah peminat di niche ini akan membuat persaingan menjadi sangat keras.

Contoh kasus nih ya....
  • Anda menjual jaket kulit domba garut dengan kisaran harga Rp.1.000.000
  • Potensi pengunjung harian rata-rata 800 per hari
  • Pengunjung yang bertanya ada 10% atau 80 orang per hari
  • Dan dari yang bertanya ada sekitar 20 yang membeli jaket kulit ini setiap harinya
  • Itu berarti konversi dari pengunjung menjadi pembeli ada sebesar 2,5%
  • Jika keuntungan per jaket adalah Rp.150.000, itu berarti keuntungan per hari ada di sekitar 3 jutaan rupiah.
Apakah keuntungan itu memuaskan anda? Jika ya maka ini adalah produk yang bisa anda pilih untuk anda usahakan di bisnis online. Jika tidak, silahkan anda coba mencari produk lainnya....

BUDGET UNTUK MELAKUKAN PROMOSI

Anda juga perlu mengetahui bahwa setiap produk itu mempunyai tipikal market yang berbeda. Jadi otomatis beda produk akan memerlukan budget yang berbeda.  Jangan sampai anda berpikiran bahwa produk dengan keuntungan besar pasti mahal biaya promosi onlinenya.

Itu semua tergantung pada besarnya market. Kalau marketnya sangat spesifik alias sedikit, maka biaya promosinya juga akan sedikit saja di bandingkan keuntungan yang akan anda buat nantinya.

Anda harus menyiapkan budget promosi jika anda ingin cepat melihat trafik di awal bisnis online anda. Mempelajari masalah iklan berbayar ini adalah salah satu hal yang perlu anda ketahui saat anda belajar cara mendapatkan uang dari internet.

Kalau budget anda sangat besar, maka besar kemungkinan anda bisa mengusai semua market internet untuk produk anda. Tapi kalau anda termasuk mempunyai budget yang sedikit atau bahkan seret sekali. Mungkin anda harus bekerja keras dan mencoba peruntungan anda di SEO.

Jadi ke depannya anda akan mempelajari bagaimana cara merencanakan promosi bisnis online anda, dan bagaimana anda bisa belajar SEO secara perlahan (jangan buka link tadi ya...belajar itu harus runut biar ngak mabuk 😊 ). Proses pembelajaran ini sendiri bisa memakan waktu 2 sampai 4 bulan jika anda mau mengikutinya secara benar.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!