Alasan Bisnis Online Ramai Tapi Penjualan Sedikit

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
bisnis online ramai penjualan sedikit
Banyak sekali yang bingung kenapa websitenya ramai tetapi penjualannya sedikit. Pada dasarnya ini masalah yang cukup umum dialami oleh pebisnis online. Setelah mereka capek mempelajari SEO dan menghabiskan uang untuk Facebook Ads atau Adwords, ternyata penjualannya tidak sepadan.

Bisnis online itu pada umumnya sama saja dengan bisnis offline di mana pembelinya adalah manusia yang mempunyai tuntutan-tuntutan atau keinginan yang harus dipenuhi. Gagal memenuhi tuntutan-tuntutan ini maka penjualan anda akan sedikit sekali atau bahkan tidak ada.

Konversi yang normal untuk sebuah website yang dikelola dengan benar setidaknya tidak kurang dari 1%.... Jadi kalau  anda sudah mendapatkan 1000 pengunjung, tapi tidak bisa menjual 10 barang dari 1000 pengunjung itu, maka mungkin ada yang perlu diperbaiki di website anda.

Saya sendiri mempunyai 3 bisnis online dengan konversi antara 3% sampai 15%. Tapi saya tidak akan memberitahukan apa bisnis saya di sini... itu rahasia ^_^

Beberapa hal yang sering menjadi tuntutan dari pembeli di belanja online adalah:
  • Rasa Aman / Kepercayaan
  • Pemahaman Akan Produk
  • Harga
  • Promo/Gift
  • Kemudahan Berbelanja

Jadi pada saat anda membuat landing page atau artikel untuk produk dan jasa anda; gunakanlah kacamata konsumen dan pikirkan apa saja yang ingin konsumen lihat dari sebuah toko online.

RASA AMAN / KEPERCAYAAN

Ini adalah yang paling pertama harus anda usahakan pada saat konsumen sampai ke halaman website anda. Gagal mendapatkan ini, maka lupakan saja tahapan selanjutnya.

Yang menjadi pertanyaan adalah apa yang membuat konsumen merasa aman dan percaya untuk berbelanja di toko online anda? Faktor-faktor apa saja yang bisa membuat toko online anda bisa dipercaya padahal toko online anda belum ternama, dan mereka tidak mengenal siapa anda?

1. Jangan Gunakan Domain Gratisan

Banyak sekali orang yang ingin membangun bisnis online tapi dengan memakai domain gratisan. Padahal cukup banyak konsumen online yang sudah mulai paham tentang dunia internet, dan mereka akan memandang website anda sebagai website yang ngak modal dengan hanya memakai domain gratisan.

Toko online sangat TIDAK direkomendasikan memakai domain gratisan.

Jangan mengikuti blog trikmudahseo ini yang masih memakai domain blogspot, karena blog ini sekedar untuk share... dan memang reputasi blog ini sudah dibangun cukup lama, jadi tidak pernah pusing memikirkan apakah orang mau percaya dengan apa yang tertulis di blog ini atau tidak....

2. Hindari Tampilan Amatiran

Anda sering dapat SMS tipu-tipu menang undian yang meminta anda mengunjungi suatu alamat website? Ciri khas websitenya ada dua ... yaitu domain gratisan dan TAMPILANNYA PAYAH. Bagaimana bisa menghasilkan penjualan yang banyak  jika tampilan website anda seperti orang yang baru kemarin sore belajar membuat blog?

Jadi pastikan anda juga memilih tampilan tema yang terlihat elegan di browser pengunjung. Jika anda tidak tahu bagaimana caranya, maka ada banyak sekali tutorial online dan juga banyak sekali jasa di dunia maya yang bisa membantu anda.

Pastikan anda memakai tampilan yang bersih dan tidak terlalu ramai. Begitu juga gambar produk harus anda foto dengan penataan yang eksklusif dan usahakan dengan background putih. Jangan taruh begitu saja di atas meja ruang tamu atau di atas tempat tidur anda kemudian di foto.

Editlah fotonya sedikit supaya terlihat lebih tajam dan jernih, jangan terlihat haze dan tidak mencolok.

Pengaturan skema warna, font, tata letak, dan foto yang baik, akan membantu anda mendapatkan efek tampilan website yang elegan.

Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi TRUST konsumen, tapi gagal di dua poin pertama ini akan membuat kejatuhan konversi penjualan yang besar sekali.

3. Perbanyak Konten Produk Anda

Kalau website anda berisi produk campuran, maka semakin banyak produk yang anda tawarkan akan semakin meyakinkan konsumen bahwa bisnis anda adalah riil. Jika anda memposting lebih dari 100 produk, maka itu biasanya bukanlah hal yang akan dilakukan oleh website tipu-tipu.

Jarang sekali ada penipu yang mau benar-benar serius mengelola sebuah website dengan serius. Mengelola sebuah website dengan konten yang banyak membutuhkan dedikasi. Mereka itu pemalas, dan karena mereka pemalas makanya mereka menipu.

Jadi website anda akan semakin mudah mendapatkan kepercayaan seiring dengan pertambahan konten pada website anda. Kalau saat ini konten anda masih sedikit, ... anda bisa bergegas untuk mempercepat pertambahan ragam produknya. Biasanya ini juga akan meningkatkan SEO dari website anda.

Lalu bagaimana kalau memang anda hanya menjual satu produk saja? Ya anda harus membuat halaman yang terlihat cantik dan profesional dengan halaman-halaman penunjang yang terlihat rapi, seperti profil anda, testimoni, cara pemesanan, FAQ, dan masih banyak lagi. Buatlah layaknya website anda adalah website perusahaan terkemuka seperti bank-bank ataupun bisnis terkemuka lainnya yang ada di niche anda.

====

Jadi kalau website anda sudah memakai domain sendiri dengan tampilan profesional dan menjual banyak produk, maka biasanya orang akan mulai positive thinking tentang bisnis anda....walaupun mereka tidak mengenali anda.

4. Jangan Jadi Customer Service Yang Gagap

Yang membuat penipu online bisa berhasil bukanlah website yang keren tapi kemampuan CS mereka yang sudah terlatih. Ya, kalau anda menelpon penipu anda akan mendengar suara mereka seperti CS perusahaan terkemuka.

Berbeda dengan sebelumnya, di mana anda harus menghindari ciri khas dari penipu; di sini anda malah harus meniru kemampuan ini, karena inilah yang membuat mereka berhasil. Kalau anda gagap sebagai customer service dan tidak menguasai produk anda, maka anda akan selalu gagal mendapatkan penjualan yang sudah di depan mata.

Semakin lama anda akan semakin menguasai hal-hal apa saja yang menjadi hot button atau pemicu dari para konsumen untuk membeli produk anda, dan saat anda sudah menguasai ragam hot button itu,....anda akan melihat angka penjualan anda meningkat.

PEMAHAMAN PRODUK

Jika anda mau pembeli anda membeli produk anda, maka anda harus bisa membuat pembeli memahami bahwa mereka memerlukan produk anda. Pembelian hanya terjadi jika seseorang merasa memerlukan atau tertarik dengan produk anda.

Tapi satu hal yang salah yang sering dilakukan oleh banyak bisnis online adalah mereka berusaha meyakinkan calon pembeli dengan membuat tulisan yang sangat panjang sekali. Tulisan panjang itu baik untuk SEO tapi tidak untuk pembeli, jadi anda harus mengaturnya....

Anda perlu tahu bahwa rata-rata pengunjung website itu malas membaca sesuatu yang panjang lebar.

Jadi sebaiknya anda belajar dari marketplace seperti LAZADA yang memberikan informasi penting di awal-awal artikel, dan nanti penjelasan lengkapnya baru anda letakkan di bawah. Artikel panjang lebar yang ada di bawah itu anda siapkan hanya untuk robot, dan pengunjung yang kepo saja ingin mendapatkan informasi detilnya. Jangan semua pengunjung anda paksakan untuk membaca informasi detil ini. Mereka akan kabur.

Jadi awalilah artikel produk anda dengan sebuah informasi yang padat dan jelas serta ajakan untuk membeli produk anda.

Segala penjelasan panjang lebar itu bisa anda taruh di bagian bawah di bagian DETAIL PRODUK....

Bagian detail produk inipun jangan anda buat seperti tulisan di koran saja. Buatlah tulisan ini menjadi sebuah tulisan yang bisa dibaca dengan cepat. Untuk itu gunakan heading, bold, dan poin-poin untuk membantu pembaca lebih mudah melihat hal-hal mana saja yang penting dari tulisan panjang lebar itu.

Terkadang juga ada konsumen yang ingin mendapatkan informasi yang tidak ada di halaman web anda. Di sini adalah bagian dari Customer Service untuk menunjukkan tingkat pengetahuan produknya.

HARGA

Yang ini tidak perlu lagi saya jelaskan panjang lebar. Semua konsumen itu mencari harga yang terbaik. Jadi semakin mahal harga anda, maka akan semakin besar kemungkinan anda kehilangan penjualan.

Memang di dunia bisnis itu selalu ada dua pilihan, apakah mau menekankan pada volume penjualan dengan keuntungan yang sedikit-sedikit, atau biar penjualan sedikit yang penting untungnya sama. 

Banyak orang yang cenderung memilih lebih baik penjualan sedikit dengan untung besar, karena pada akhirnya jumlah keuntungannya sama saja....tapi dengan beban kerja yang lebih sedikit.

Kalau memang kesibukan anda sangat padat, maka opsi ini bolehlah anda pilih. Tapi kalau anda tidak punya kesibukan dan anda memilih opsi ini hanya karena malas, maka anda harus tahu bahwa menjual sedikit produk dengan untung besar, mempunyai potensi masalah di kemudian hari, di mana konsumen anda akan semakin sedikit saja saat mereka sadar harga anda kemahalan.

Opsi pertama di mana anda menekanan pada volume penjualan dan hanya mengambil untung yang sedikit, cenderung akan mengumpulkan langganan dari waktu ke waktu. Biasanya pebisnis yang seperti ini dalam satu tahun sudah akan melipatgandakan pembelinya menjadi dua kali lipat atau bahkan lima kali lipat.

Jadi anda pilih skema harga yang mana?

Tapi ingat, harga juga JANGAN terlalu murah. Soalnya banyak juga konsumen yang menjadikan harga yang terlalu murah sebagai indikasi penipuan. Jadi kalaupun anda menemukan jalur distribusi yang lebih pendek sehingga bisa menawarkan dengan harga yang jauh lebih murah, tetap hati-hati dalam menerapkan harga.

PROMO dan GIFT

Ya semua orang....khususnya di Indonesia suka membeli yang murah dan ada gratisannya. Jadi kalau anda bisa memberikan promo khusus, atau hadiah gratisan, maka itu juga bisa menaikkan angka penjualan anda (dengan catatan bisnis online anda sudah ramai, kalau belum ramai ... ya anda harus cari trafiknya dulu)

Gift gratisannya juga harus sesuatu yang menarik atau memang anda rasakan akan dibutuhkan oleh konsumen yang ada di niche anda. Jika tidak menarik ya tidak ada gunanya juga. Hal ini biasa kita lihat di penjual panci yang menghadiakan buku resep, atau di penjual online yang beli produk dengan harga sekian gratis ongkir, dll.

KEMUDAHAN BERBELANJA

Kalau anda membuat bisnis online itu pastikan anda memudahkan pembeli untuk berbelanja. Misalnya dengan sistem belanja yang sederhana, rekening yang beragam dan pilihan ongkir yang murah sampai yang tecepat.

Cukup banyak bisnis online yang kehilangan profit karena pembeli yang gagal paham bagaimana cara berbelanja di toko online tersebut. Atau karena bank konsumen tidak tersedia, padahal konsumen tidak mamu membayar ongkos transfer beda bank.

========

Kalau bisnis online anda sudah memberikan yang terbaik untuk 5 hal di atas, maka rasanya aneh sekali jika penjualan bisnis online anda masih sedikit. Jika kelima hal di atas masih gagal, maka penjelasan terakhir hanya satu, yaitu anda menargetkan market yang salah. Market ini mungkin saja ramai, tetapi tidak terlalu memerlukan produk atau jasa yang anda tawarkan.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!