Memilih Nama Domain dan TLD Yang Tepat

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
cara tepat untuk memilih nama domain dan TLD
Banyak yang mengabaikan nama domain dan TLD dalam optimasi SEO websitenya. Bahkan jika saya katakan nama domain bisa mempengaruhi optimasi website anda, cukup banyak pelaku SEO yang akan menertawakan ini.


Tapi dari pengalaman optimasi di lebih dari 1500 website dan sharing pengalaman dari banyak praktisi SEO di seluruh dunia, sangat jelas nama domain dan TLD bisa mempengaruhi optimasi website anda.

Memilih Nama Domain

Sejak tahun 2015 saya merekomendasikan penggunaan kata kunci di dalam nama domain, karena memang ini akan sangat membantu dalam memenangkan kata kunci.Tentunya dengan catatan konten dari halaman memang sangat relevan dengan kata kunci yang ditargerkan.

Kata kunci di dalam nama domain adalah kata kunci pertama yang akan dilihat oleh Google. Jadi anda bisa menjadikan ini sebagai salah satu penyumbang poin untuk website anda.

Anda bisa mencampur brand anda ke dalam nama domain. Sebagain contoh; dalam nama domain cleaningservicecempakamas.com menggabungkan kata kunci dan brand dari usahanya.

Tapi kalau anda berniat membuat website dengan banyak niche, maka tentunya akan sangat sulit menemukan kata kunci utama. Jadi anda bisa menggunakan brand saja saat anda memilih nama domain untuk website banyak niche.

Memilih TLD

Saat ini, TLD .id adalah TLD yang paling saya rekomendasikan jika anda membuat website untuk market Indonesia. TLD .id memberikan anda poin esktra untuk ranking di wilayah Indonesia dibandingkan TLD lainnya.

Dari pengalaman saya melakukan optimasi di website yang memakai TLD .id. Sangat terasa kalau website dengan TLD seperti ini lebih mudah memenangkan kata kunci dalam negeri dibandingkan TLD lainnya.

Tentu saja TLD .id tidak menjamin anda meraih ranking terbaik di suatu kata kunci, karena faktor SEO dari suatu website bukan hanya TLD-nya saja.

Sedangkan untuk market Internasional, saya tetap merekomendasikan TLD .com, karena TLD inilah yang paling mudah diingat oleh pengguna internet. Bahkan market dalam negeri pun masih  bisa mengutamakan .com dibandingkan .id, jika anda tidak mengutamakan trafik dari mesin pencari seperti Google.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!