Tips Aman Dari "Negative SEO"

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Cara Agar Website Aman Dari Negative SEO

Negative SEO adalah semua optimasi yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak menyukai website kita. Biasanya ini dilakukan oleh pesaing yang ada di niche yang sama, yang sulit menyingkirkan kita dengan cara yang fair....

Trikmudahseo sudah menerima negative seo sejak tahun pertama. Mulai dari pencurian konten sampai bom backlink dari bad sites. 

Begitu banyaknya serangan negative SEO, sampai kami tidak pernah mau menyebutkan website-website kami yang lainnya.... Trikmudahseo tidak lebih dari blog untuk sharing masalah SEO, tapi kalau money sites kami yang diserang, ya bisa repot juga.....

Negative SEO ini bisa berupa bom backlink sehingga anda memiliki kata kunci yang persentasenya sangat besar (bisa diatas 60%) dan terlihat sangat spammy, atau mereka membom website anda dengan link anchor text porno atau anchor text yang tidak relevan lainnya.

Anda bisa melihat bahwa banyak website yang tumbang diserang negative SEO seperti ini. Tapi ada juga website yang tidak goyang sama sekali. Jadi anda pasti mau tahu apa yang menjadi pembeda di antara keduanya....

Penyebabnya sederhana saja, yaitu ADA WEBSITE YANG SUDAH DIPERCAYA PENUH OLEH GOOGLE dan website yang masuk dalam kelompok ini sangat kuat reputasinya, sehingga kebal "fitnah" negative SEO

Jadi di sini kami mau membahas tips-tips ringan cara mengamankan website anda dari negative SEO, dengan kata lain "kebal" dari negative SEO.

CARA AGAR WEBSITE AMAN DARI NEGATIVE SEO

Ada banyak sekali Pekerjaan Rumah yang harus anda lakukan untuk membuat website anda nantinya kebal dari negative SEO. Intinya anda membuat website anda terlihat sebagai website yang dikelola secara profesional dan alami.

Hal-hal yang bisa membuat anda terlihat profesional dan alami adalah sebagai berikut.....

Jangan Pernah Memberi Link Ke Situs Low Authority

Kalau anda tidak tahu apa itu situs low authority; maka kita sederhanakan saja menjadi situs yang tidak terkenal di nichenya. Sebuah website disebut high authority jika website tersebut memang diakui oleh banyak orang.

Jadi website high authority itu biasanya sudah dikenal, dan mempunyai reputasi user experience yang baik di Google. Memasang external link adalah sesuatu yang harus anda pertimbangkan dengan matang. Kalaupun memang harus memasang external link, maka usahakan anda mereferensikan website yang kontennya memang berkualitas.

Ini adalah langkah awal untuk membuat website anda mendapatkan TRUST di penilaian Google. Nantinya jika website anda sudah dipercaya oleh google, maka "tukang fitnah" alias negative SEO sudah tidak akan mempan lagi.

Brand di Nama Domain

Dari pengalaman kami Exact Match Domain memang bisa membantu mendapatkan kata kunci, hanya saja orang sering berlebihan menggunakan EMD ini. 

Jika anda menggunakan nama domain jasafotopreweddingmurahjakarta.com itu akan membuat Google berpikir bahwa anda kemungkinan adalah website yang berpotensi spam, karena nama domain anda memberi kesan kecenderungan seperti itu.

Akan lebih alami jika nama domain anda memuat kata kunci tapi tetap terasa wajar seperti preweddingjakarta.com, atau fotopreweddingsurya.id....

Nama-nama domain di atas masih ada dalam batasan wajar, sehingga website anda tidak terkesan spam. Anda tidak mau memberi kesan spam ke Google, karena Google gampang sekali mempercayai negative SEO yang dilemparkan ke website anda, jika memang website anda terlihat spam.

Keragaman Frasa Kata Kunci dan Istilah terkait

Nah ini masih ada kaitannya dengan yang berbau spam tadi. Website yang spam cenderung menumpuk kata kunci yang sama dalam kepadatan yang terlalu tinggi. Jadi anda sebaiknya menggunakan kata kunci dalam kepadatan yang sewajarnya saja.

Frasa dari kata kunci juga sebaiknya acak. Misalnya, anda menginginkan kata kunci JASA KONVEKSI BAJU PDL MURAH. Jangan membanjiri halaman anda dengan frasa yang seperti ini saja. Sekali-kali gunakan JASA KONVEKSI PDL saja, atau BAJU PDL saja, atau BAJU PDL MURAH saja.... yang penting pengulangan kata kunci utamanya cukup signifikan (di atas 2% dari jumlah kata di dalam halaman tersebut)....

Usahakan juga menggunakan istilah terkait seperti PAKAIAN DINAS LAPANGAN, atau BAHAN KAIN BERKUALITAS, atau hal-hal yang ada kaitannya dengan kata kunci utama yang kemungkinan besarnya akan selalu muncul di website-website dengan niche seperti ini.

Akun Sosial Media Yang Aktif

Website yang dikelola dengan serius biasanya mempunyai halaman sosial media yang aktif. Banyak praktisi SEO luar negeri yang sangat meyakini aktifitas sosial media dari sebuah website seperti like facebook mempunyai peranan penting dalam menentukan tingkat trust dari sebuah website.

Nama Website Sebagai Kata Kunci

Akan menjadi indikasi yang baik jika brand anda menjadi kata kunci di Google. Coba ketikkan brand anda di Google, jika brand anda sampai menjadi kata kunci yang direkomendasikan di Google Suggest, maka itu adalah indikasi bahwa anda mendapatkan tingkat trust yang lebih baik di Google.
nama website menjadi kata kunci


Nama Website Di Teks Jangkar Backlink

Nama blog saya adalah trikmudahseo, makanya saya mengusahakan teks jangkar dari backlink saya memakai nama subdomain ini. Saya juga memakai TRIK MUDAH SEO sebagai teks jangkar, karena ini adalah sesuatu yang lazim terjadi.... Ini penting untuk membuat profil backlink saya terlihat alami.

Domain Terdaftar Untuk lebih dari 2 tahun

Semua website saya yang dipergunakan untuk bisnis saya daftarkan nama domainnya untuk masa 5 tahun. Hal-hal sederhana seperti ini juga diperhatikan oleh google. Mendaftarkan nama domain anda untuk waktu yang lama adalah ciri khas website yang dikelola dengan serius.

Website spam biasanya hanya mendaftarkan nama domain dan memperpanjangnya setiap tahun. Ini dilakukan karena kuatir suatu saat nama domainnya di-blacklist dan jadi tidak ada gunanya lagi dipertahankan.

Data Whois Sifatnya Publik

Website yang menjalankan bisnis atau konten yang benar pada umumnya menggunakan data whois yang terbuka. Menyembunyikan data whois anda akan membuat website anda terkesan menutupi sesuatu, dan ini bisa berarti website anda mempunyai "niat yang tidak baik".

Kalau perlu anda pasang data whois ini di halaman contact us. Ini akan memberikan info ke Google bahwa website anda benar-benar transparan ke para penggunanya.

Mendapatkan Link Dari Trusted Sites

Jika website anda belum termasuk ke dalam golongan trusted sites (atau situs-situs yang dipercayai kredibilitasnya oleh Google), maka setidaknya anda bisa berusaha mendapatkan link dari situs-situs yang sudah masuk ke dalam golongan trusted sites ini.

Biasanya website seperti ini ada di kelompok TLD .edu, dan .gov sehingga ini menjadi dasar dari mitos bahwa tld ini spesial. Sebenarnya yang spesial bukan TLD-nya tapi karena website .edu dan .gov biasanya dikelola dengan benar sehingga jauh dari karakter spam....

Mau TLD-nya .edu atau .gov, tapi kalau kontennya payah dan banyak serangan spam di dalamnya alias tidak terawat, maka sama saja dengan TLD lainnya.

Yang perlu menjadi catatan di sini adalah linknya harus dofollow; mau anda mengumpulkan banyak link dari  UCLA.edu atau HARVARD.edu. atau Wikipedia.org, tapi kalau linknya nofollow... ya tidak ada gunanya. Nofollow artinya pemilik website "berpesan" ke Google bahwa mereka tidak mau memberikan reputasi apapun ke website anda.

Kalau anda tidak bisa mendapatkan link langsung dari situs .edu atau .gov yang termasuk trusted sites ini, maka anda bisa mengusahakan mendapatkan backlink dari situs yang mendapatkan backlink dari trusted sites ini. Itu akan cukup lumayan membantu optimasi anda.

Mendapatkan Link dari NEWS SITES

Tidak semua website bisa masuk dalam daftar situs BERITA di Google. News sites memerlukan proses penilaian tersendiri, dan itu membuat situs ini mempunyai reputasi yang sangat kuat di Google. Mendapatkan link dari sebuah atau beberapa news sites akan sangat mendorong reputasi dari website anda sehingga anda akan lebih mudah masuk ke dalam kelompok TRUSTED SITES Google.

==================

Kalau website anda bisa bertumbuh dengan baik dan mempunyai banyak faktor di atas, maka website anda akan sangat sulit mendapatkan serangan negative SEO. Negative SEO yang pada umumnya datang dalam bentuk manipulasi backlink atau pencurian konten sama sekali tidak akan memperlihatkan efek apa-apa,.... karena google akan melakukan DEMOTION alias mengabaikan semua itu.... Mantap sekali kalau website anda bisa seperti ini....



Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!