Berapa Lama Untuk Ranking 1 Di Google?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Banyak sekali pemula yang tidak tahu berapa lama waktu yang diperlukan untuk ranking 1 di Google. Sering sekali muncul di sosial media seorang pemula yang sangat bangga bisa ranking 1 di Google dalam waktu singkat; dan statusnya berbicara seperti the chosen one di dunia SEO….

Jadi berapa lama untuk ranking 1 di Google? Apakah bisa ranking 1 dalam 1 minggu?

Jangankan 1 minggu. Anda bisa ranking 1 di Google dalam 1 jam jika 2 kondisi utamanya terpenuhi, yaitu:
  • Kata kunci tanpa persaingan, dan
  • Halaman web yang ditarget terindeks di Google kurang dari sejam

Apa yang dimaksud dengan kata kunci tanpa persaingan? Yang dimaksud dengan kata kunci tanpa persaingan adalah kata kunci yang sedikit sekali dibidik di dunia maya, dan biasanya ini kata kunci yang tidak penting….

Coba anda optimasi kata kunci long tail “tempat sampah biru muda untuk mobil Avanza”…. Atau kata kunci aneh “Si Mamat Jawara Golok Asal Banten”

Ini adalah kata-kata kunci yang persaingannya lemah sekali dan bisa dimenangkan dengan mudah.   Tinggal bagaimana membuat konten yang sangat relevan dan memastikan Google mengindeks konten ini dalam sejam.

Jadi berapa lama untuk ranking itu masalah pengindeksan dan persaingan….

Bagaimana anda bisa membuat website anda diindeks dan memenangkan persaingan adalah pertanyaan yang jawabannya bisa sepanjang ratusan artikel…. Jadi di sini saya akan memberikan gambaran sederhananya untuk memberikan anda gambaran dasarnya.

Untuk membuat website anda bisa terindeks, maka kuncinya ada dua, yaitu backlink dan submit sitemap di Google. Kalau target anda adalah membuat halaman web terindeks super cepat, maka  submit sitemap bukan solusinya.

Anda memerlukan banyak backlink yang masuk dalam waktu singkat, karena dari backlink inilah robot Google akan datang.

Sekarang coba bayangkan kalau Presiden Jokowi membuat sebuah blog pribadi, tentunya ini akan terkenal hanya dalam beberapa jam saja, dan tanpa mencari backlink sekalipun blog ini akan tetap kebanjiran backlink dalam semalam.

Masalahnya, kemungkinan besar anda yang membaca tulisan ini bukan Presiden, bukan juga artis yang terkenal, dan gak ada orang yang peduli kalau anda membuat blog baru. Bagaimana anda bisa mendapatkan banyak backlink  dalam waktu singkat?

Kalau anda mau bermain yang alami, maka yakin saja itu akan memakan waktu berbulan-bulan. Akan sangat lama baru anda bisa merasakan ranking 1 di Google….

Kebanyakan website baru yang ingin cepat mendapatkan banyak backlink dan poin yang besar akan melakukan teknik webspam. Teknik webspam seperti membuat banyak PBN, melakukan pemasangan backlink di forum dan directory, blog comment, dll.

TAPI…. Google sangat tidak suka dengan teknik-teknik webspam ini. Kalau anda ingin tahan lama ranking di Google, maka pastikan anda membuat pemasangan backlink ini terlihat sealami mungkin. Untuk itu gunakan lah narasi dan teks jangkar yang sangat bervariasi.

Sekarang yang jadi masalah di bulan Februari dan Maret 2018 ini lagi ramai isu kalau pengindeksan Google melambat. Banyak yang mengeluh kalau artikel web mereka sangat sulit terindeks. Jauh lebih lama dari sebelumnya …. Padahal jumlah backlink mereka sama saja. Apakah ada faktor lain yang mempengaruhi seberapa cepat halaman website kita terindeks?

Ya, tentu saja ada. Hal itu adalah otoritas dan frekuensi update postingan kita. Sepertinya Google membuat aturan di sini menjadi sedikit lebih berat, karena yang terpengaruh rata-rata adalah blog yang belum mempunyai reputasi di dunia online atau yang frekuensi updatenya sangat jarang…. Ini membuat crawl rate dari freshbot Google di situs tersebut diturunkan….

Website seperti tribun, kompas, dkk sama sekali tidak terpengaruh dengan kondisi ini karena otoritas yang baik dan frekuensi update yang sangat tinggi.

Update: Ternyata artikel ini terindeks antara 30 menit sampai 1 jam, ya wajar sih, soalnya blognya sudah jarang update 😅

Ok, kita sudah berbicara masalah indeks …. Sekarang masalahnya adalah kalau sudah terindeks; apakah pasti akan ranking 1?

TERGANTUNG… kalau kata kunci yang ditargetkan tidak punya pesaing ya bisa saja langsung ranking 1. Tapi kalau yang ditargetkan adalah kata kunci yang levelnya die hard pake banget …. Ya harus sabar. Itu prosesnya bisa setengah tahun bahkan setahun lebih juga bisa.

Mungkin banyak pemula yang langsung shock dan menganggap itu kelamaan. Apa tidak ada cara yang lebih cepat dari itu? Kalau sampai setengah tahun atau setahun lebih ngak ada pengunjung bisa patah semangat bloggingnya…..

Buat yang mengejar kata kunci yang berat tentu saja anda harus menargetkan beberapa atau banyak kata kunci ringan, supaya website anda bisa mendapatkan banyak pengunjung sebelum kata kunci pendek tadi bisa anda taklukkan.

Tapi kalau kembali ke pertanyaan BERAPA LAMA UNTUK RANKING 1 DI GOOGLE?, maka anda perlu melihat siapa pesaing ranking 1 anda saat ini….

Anda tidak bisa menebak secara tepat berapa lama proses ini akan berlangsung; tapi anda bisa menebak atau memperkirakannya saja. Untuk melakukan itu anda perlu mengamati beberapa hal dari pesaing anda, yaitu:
  • Apakah kontennya berkualitas (unik dan penjelasannya lengkap)?
  • Apakah websitenya terurus dengan baik atau tidak?
  • Apakah rutin melakukan update atau tidak?
  • Apakah halaman terindeksnya banyak?
  • Berapa lama usia domainnya?
  • Apakah servernya kencang?
  • Apakah backlinknya kuat?

Kalau pesaing ranking 1 anda domainnya di bawah 1 tahun, dan hanya mempunyai halaman terindeks di bawah 50 halaman dengan PA dan DA  di bawah 20 poin, maka ini adalah pekerjaan mudah. Kalau anda serius, maka kata kunci pendeknya bisa anda menangkan di bawah 3 bulan. Itu artinya anda bisa menang dalam 2 minggu, 1 bulan, 2 bulan, atau 3 bulan; tergantung seberapa keras anda berusaha.

Kalau pesaing ranking 1 anda mempunyai jumlah halaman terindeks sebanyak ratusan halaman, dan sudah berusia lebih dari 2 tahun dan mempunyai PA dan DA sebesar 30-an poin, maka bisa jadi anda perlu sampai 6 bulan untuk memenangkan persaingan ini. Itu jika anda mau cukup rutin melakukan update postingan dan mendapatkan backlink yang memadai.

Tapi coba bayangkan kalau pesaing anda sudah berusia 5 tahun, dan jumlah halaman terindeksnya ada 30.000 halaman, dengan PA dan DA di atas 40 poin, dan memang websitenya spesifik di bidang itu. Terlalu jauh jika berharap anda bisa menang dalam sebulan sampai 6 bulan ke depan.

Anda tidak bisa mengalahkan kerja keras selama 5 tahun merawat sebuah website dengan mudah. Bahkan anda melakukannya sebagai kerja tim 10 orang pun ini belum tentu selesai dalam 6 bulan.

Kalau kata kunci yang anda inginkan dikuasai oleh website seperti ini, maka saya lebih merekomendasikan anda untuk lebih fokus mengejar kata-kata kunci panjang dalam jumlah besar. Hal ini juga akan membantu anda memenangkan kata kunci pendeknya nanti.

Jadi sekarang anda sudah bisa mempunyai bayangan seberapa lama proses yang anda perlukan untuk ranking di sebuah kata kunci. Sebelum anda melakukan prosesnya pertimbangkan juga apakah kata kunci ini memang sesuatu yang sepadan dengan kesulitan yang dibutuhkan.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!