CARA MEMBUAT SITEMAP DI BLOGSPOT DAN WORDPRESS

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
membuat sitemap untuk blogspot dan wordpress
CARA MEMBUAT SITEMAP DI BLOGSPOT DAN WORDPRESS - Membuat sitemap blogspot ataupun sitemap wordpress sebenarnya adalah hal yang sangat mudah. Namun yang perlu diketahui sebelumnya adalah fungsi dari sitemap atau peta situs itu sendiri. Sitemap adalah halaman web yang berisikan kumpulan artikel atau isi dari website/blog saudara. Peran penting dari sitemap adalah dalam hal membuat blog terindeks dengan lebih cepat.

Sampai saat ini, sitemap sangat membantu untuk membuat update artikel dari blog terindeks dengan sangat cepat. Namun ada beberapa hal yang perlu kita lakukan agar sitemap ini bisa membantu search engine mengindeks artikel terbaru kita. Salah satu caranya adalah dengan memberikan sitemap blog kita kepada Webmaster Tools search engine, baik itu Google, Yahoo, ataupun Bing, dll. Untuk Webmaster tool Google, silahkan baca artikel Cara Menggunakan Google Webmaster Tools.

Masalahnya adalah banyak orang yang bingung dan tidak tahu yang mana yang dimaksud dengan sitemap, saat diminta oleh Webmaster Tools. Untuk yang menggunakan platform blogspot.com sangat mudah mendapatkan sitemapnya, sedangkan untuk wordpress ada plugin yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan Google Sitemap....

APA ITU SITEMAP BLOGSPOT?

Misalnya seperti ini, URL homepage blog saudara adalah http://jamutradisionaljawa.blogspot.com/, maka sitemap dari blog saudara adalah http://jamutradisionaljawa.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=400. Jadi anda cukup menambahkan feeds/posts/default?max-results=400 untuk mendapatkan URL sitemap blog saudara.

Demikian juga kalau blog platform blogspot saudara sudah memakai domain berbayar http://jamutradisionaljawa.com/, tetap saja sitemapnya adalah http://jamutradisionaljawa.com/feeds/posts/default?max-results=400. Jadi pengguna blogspot seharusnya tidak kesulitan untuk sitemap blogspot.

Jadi apa URL sitemap blogspot anda? Jika sudah tahu sekarang masukkan URL sitemap itu ke dalam Google Webmaster Tools. Baca caranya di artikel cara menggunakan Google Webmaster Tools.

BAGAIMANA MEMBUAT SITEMAP WORDPRESS

Membuat Sitemap Wordpress, sebenarnya sangat mudah. Saudara bisa memanfaatkan plugins dari Wordpress. Tapi setahu saya plugin yang paling sering digunakan adalah Google XML Sitemaps. Jadi ini saja yang akan saya bagikan di sini. Silahkan ikuti prosedur sederhana berikut:
  • Masuk dulu ke dashboard blog Anda dan klik Plugins ==> Add New.
  • Akan muncul jendela baru. Di jendela Add New plugins yang muncul, ketik Google XML Sitemaps pada kotak pencarian.
    cari plugin wordpress
    • Pada halaman hasil search plugins, akan ditampilkan Google XML Sitemaps, silahkan klik link install yang ada pada bagian kanan layar.
    install plugin Google XML Sitemaps
    • Akan muncul jendela baru untuk penginstalan, klik Install Now.
    Google XML Sitemaps
    • Pada saat pemasangan sudah selesai, akan ada pilihan Activate Plugin. Silahkan diklik untuk mengaktifkan plugin tadi.
    aktifkan plugin Google XML Sitemaps
    • Pemasangan sudah dilakukan, apa itu berarti sitemap sudah jadi? Belum. Silahkan kembali ke dashboard dan klik Setting ==> XML Sitemap
    • Pada halaman XML Sitemap, klik pada tulisan Click here, yang ada pada bagian atas tampilan. Dengan demikian sitemap anda akan dibuat secara otomatis.
    buat sitemap dengan plugin terinstall
    • Sitemap anda sudah jadi dan akan langsung menampilkan artikel terbaru saudara. Sekarang silahkan mengirimkan Sitemap tersebut pada Webmaster Tools yang disediakan oleh search engine.
    Jadi apa URL sitemap wordpress anda? Jika sudah tahu ... sekarang masukkan URL sitemap itu ke dalam Google Webmaster Tools. Silahkan membuka artikel cara menggunakan Google Webmaster Tools untuk penjelasan yang lebih lengkap.

    Silahkan Berkomentar



    TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

    JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
    (KLIK LINK DI ATAS)

    Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

    JASA PEMBUATAN WEBSITE
    Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!