Bagaimana Cara Meningkatkan Alexa Rank?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Bagaimana Cara Meningkatkan Alexa Rank? - Saat menuliskan artikel ini sebenarnya Alexa rank saya terancam drop. Soalnya dalam 5 hari terakhir rupanya backlink saya disedot juga oleh sesama penyedot backlink. Jadi saat ini saya sibuk berbenah dulu di backlink. Selain itu saya juga sekalian melakukan restrukturisasi pada kategori blog.

Tapi tidak apa-apa jika kita membahas sedikit tentang alexa rank ini dan cara meningkatkannya....

Apa itu Alexa.com?

Alexa.com adalah sebuah situs yang memberikan sistem peringkat kepada semua website/blog di seluruh dunia. Sistem kerjanya secara sederhana mengandalkan para pengguna alexa toolbar di seluruh dunia dalam menentukan peringkat. Semakin kecil peringkat yang diberikan, maka semakin baik jumlah dan kualitas traffic blog tersebut.

Penggunaan alexa toolbar sebagai media vote inilah yang mengembangkan rumor bahwa memasang alexa toolbar pada browser bisa meningkatkan ranking. Apakah benar demikian? Saya baru-baru ini mencoba menghitung beberapa faktor dan hasil hitungannya nanti saya coba jabarkan di bawah.

Bagaimana Perhitungan Ranking Alexa?

Seperti sudah ditulis di atas, Alexa rank itu ditetapkan dengan menggunakan data yang di dapat dari para pengguna Alexa toolbar di seluruh dunia. Toolbar ini yang mengirim data ke situs alexa.com untuk kemudian menjadi bahan perhitungan penetapan ranking. Data apa saja yang digunakan oleh alexa.com? Alexa.com mengatakan bahwa mereka menggunakan data "reach" dan "pageview"

Reach adalah persentase jumlah pengguna unik alexa toolbar yang mengunjungi sebuah website. Kita beri penekanan pada kata "pengguna unik", artinya satu pengguna alexa toolbar hanya akan dipandang sebagai orang yang sama walaupun melakukan beberapa kali kunjungan pada hari yang sama.

Pageview adalah jumlah URL unik yang dilihat dari sebuah website atau blog pada hari yang sama oleh seorang pengguna unik. Artinya jika URL tersebut dibuka berkali-kali tetap saja akan dihitung sebagai satu pageview pada hari tersebut.

Gabungan kedua faktor ini pada satu sisi membuat tips "Gunakanlah toolbar jika ingin alexa meroket" bisa jadi berguna, tapi pada batas tertentu tips ini tidak akan berguna lagi. Kenapa? Karena tidak mungkin sebuah toolbar bisa melawan vote dari jutaan toolbar di luar sana.

Jadi jika blog anda berada pada peringkat 1.000.000 ke atas, bisa jadi trik ini masih akan berpengaruh. Tetapi jika sudah melewati di bawah 1.000.000, maka ini akan semakin sulit. Mari berharap semoga pengunjung blog anda yang sudah mulai bertambah banyak itu juga menggunakan alexa toolbar pada browsernya. Jika tidak traffic blog anda bisa terhambat dan lebih parah lagi bisa terjun bebas jika anda tiba-tiba tidak bisa online.

Blog saya sendiri kehilangan traffic hingga 33%. Hanya saja alexa saya masih cenderung di kisaran 400.000-500.000 karena para pengunjung blog ini membaca cukup banyak artikel.... Sebagai contoh kasus bisa lihat tampilan perilaku pengunjung blog ini pada gambar hasil screenshot dari histats.com di bawah ini (yang diberi kotak merah adalah jumlah pageview)
alexa rank dan jumlah pageview

Bagaimana Cara Meningkatkan Alexa Rank?

Saya pada dasarnya tidak terlalu peduli dengan alexa rank. Saya lebih memikirkan traffic blog daripada angka yang dirilis oleh alexa.com ini. Tapi bagi anda yang menggunakan blog untuk mencari uang, maka indikator alexa rank ini bisa jadi sangat penting.

Solusi pertama, tentu saja dengan meningkatkan traffic blog anda. Jika saudara belum mendapat banyak traffic silahkan membaca artikel bagaimana cara meningkatkan traffic blog? Tentunya dari sekian banyak pengunjung yang datang, pasti ada sekian persen pengguna alexa toolbar.

Kemudian, sadarilah bahwa orang pertama yang harus memberi vote pada blog anda tentu saja anda sendiri. Jadi silahkan memasang alexa toolbar pada browser dan mulailah membuka artikel-artikel anda. Setelah itu mulailah mendorong pengunjung blog anda untuk ikut menggunakan alexa toolbar ini (alexa sparky pada firefox). Karena semakin kecil alexa rank, maka semakin besar pula dorongan yang dibutuhkannya. "Tangan anda sendiri" tidak akan bisa mendorong alexa rank menembus 500.000.... anda butuh bantuan pengunjung.

Jadi demikianlah tips bagaimana cara meningkatkan alexa rank. Tips ini sebenarnya sudah banyak di internet, tapi mudah-mudahan penjelasan di atas bisa membuat anda lebih memahami latar belakang atau teori dasar dari tips tersebut. Terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!