Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Blog Wordpress

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Kecepatan Loading Blog Wordpress

Cara meningkatkan kecepatan loading blog wordpress mungkin bisa jadi agak memusingkan bagi para pemula. Hanya saja perlu dicatat bahwa kecepatan blog sendiri sebenarnya sangat berperan penting dalam menjaga performa sebuah website. Apakah anda tahu bahwa salah satu faktor yang menentukan jumlah halaman yang akan dirayapi oleh robot search engine dalam sehari adalah kecepatan loading halaman blog anda?

Ada 3 hal yang bisa anda lakukan untuk mempercepat loading speed dari blog wordpress anda, yaitu:
  • Optimisasi template sedemikian rupa sehingga semakin kecil database yang perlu dimuat setiap kali seorang pengunjung membuka blog anda.
  • Waspada dengan hosting yang terlalu murah, apalagi gratis
  • Pasang sebuah plugin yang mempermudah proses cache dari blog wordpress anda
Langsung saja kita bahas satu persatu

Optimisasi Template Untuk Mempercepat Loading Wordpress

Jika anda mengalami sebuah masalah dengan melambatnya kinerja blog dan ternyata host anda baik-baik saja, maka kemungkinan besar plugins atau template anda bermasalah. Untuk mengatasi masalah tersebut, mari kita lihat beberapa langkah untuk memperbaiki gangguan ini:

Bersihkan template anda

header.php

Acara bersih-bersih ini untuk mengurangi potensi masalah di dalam template yang anda gunakan. Pertama, kita harus mengurangi beban query dari header.php. Karena sebuah template seharusnya mendapatkan semua info yang dibutuhkannya dari database. Salah satu contoh "bersih-bersih" itu bisa dilihat dari kode di bawah ini:
<html xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml" <?php language_attributes(); ?>>
<head profile="http://gmpg.org/xfn/11">
<meta http-equiv="Content-Type" content="
  <?php bloginfo('html_type'); ?>;
  charset=<?php bloginfo('charset'); ?>" />

Kode ini bisa saja dijadikan seperti ini:
<html xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml" dir="ltr">
<head profile="http://gmpg.org/xfn/11">
<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8" />
Selain metode di atas, anda juga bisa melakukan 5 hal berikut:
  • Buat URL dari stylesheet anda menjadi statis
  • Buat URL Pingback anda menjadi statis
  • Buat URL Feed anda menjadi statis
  • Anda boleh menghapus "blog's wordpress version"
  • Buat nama blog dan deskripsi menjadi statis
Semua hal yang anda lakukan pada header.php di atas bisa menambah kecepatan loading blog anda.

footer.php
Kalau tadi anda sudah membersihkan header, sekarang anda bisa membersihkan juga footer.php (itu jika template anda juga memanggil database-database yang bisa diubah menjadi statis, Misalnya:
  • Nama Blog
  • URL RSS Feed
  • URL RSS Feed Komentar
Apa yang dimaksud dengan mengubah jadi statis? Bisa anda lihat contoh di atas yang awalnya dieksekusi dengan perintah <?php.....?> untuk memanggil database? Hapus saja pemanggil database seperti itu, sekalian saja isikan masuk nilai dari database sebagai penggantinya.

Teliti dengan hosting Murah apalagi Gratis

Jelas sekali menggunakan barang yang murah ataupun gratis, memberikan jaminan yang juga tidak seberapa. Jika anda masalah anda pun tidak punya hak untuk protes layaknya pengguna layanan premium. Jadi ada baiknya anda memastikan bahwa walaupun host anda murah atau bahkan gratis, tapi layanannya tidak murahan.... Tentu ini agak rakus, kasih sedikit mintanya banyak....tapi kalau bisa, kenapa tidak? Kalau anda tahu hosting murah atau gratis berkualitas harap diposting di bawah untuk membantu teman-teman pengguna wordpress lainnya.

Plugin W3 Cache Mempercepat Loading Wordpress

Ini mungkin agak sedikit merepotkan, tapi bisa melipatgandakan kecepatan loading blog anda. Yang perlu anda lakukan adalah download w3 cache lalu install dan aktifkan. Jika sudah, silahkan diatur untuk memaksimalkan fungsi dari plugin ini. Baca artikel pengaturan w3 cache - plugin wordpress.

Sebenarnya masih ada satu trik lagi, tapi trik ini aslinya hanya untuk pembuat blog kelas internasional yang mendapat kunjungan dari berbagai negara. Trik ini disebut CDN, tapi tidak akan dibahas di sini, karena layanan ini berbayar.... sekitar $40 untuk 1 terrabyte pertama.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!