Cara Mengatasi Backlink Tidak Alami (Unnatural)

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Singkirkan backlink tidak alami yang bisa mengurangi trafik blog anda
Cara mengatasi backlink yang tidak alami atau yang biasa kita sebut unnatural backlink sebenarnya cukup sederhana. Tapi tetap saja dibutuhkan kehati-hatian dalam melakukannya. Karena kalau salah melakukannya, maka bisa jadi backlink yang memberi poin positif yang akan anda singkirkan....

Pernahkah anda mendapatkan warning untuk unnatural link dari Google? Dalam bahasa inggris bentuknya kira-kira seperti di bawah ini.
surat peringatan backlink tidak alami dari Google
Kalau anda mendapatkan pemberitahuan seperti ini, berarti blog anda sedang bermasalah dengan backlinknya. Jika anda tidak segera mengatasi ini, maka blog anda bisa mendapatkan masalah berupa penurunan peringkat. Itu berarti penurunan pengunjung dalam jumlah besar....

Jadi anda harus bisa segera mengatasi masalah ini sebelum memberikan dampak yang cukup parah untuk blog anda. Untuk melakukannya ikuti panduan di bawah ini....

Periksa Data Backlink Tidak Alami Anda di Google Webmaster Tools

Ini adalah prosedur yang sangat standar di mana anda harus mengetahui jumlah backlink dari blog anda. Jika anda pengguna wordpress, maka di sinilah titik pentingnya mendaftarkan blog anda ke Google Webmaster Tools. Sedangkan untuk pengguna blogspot anda sudah terdaftar secara otomatis, jadi buka saja Webmaster Tools menggunakan akun Google anda.

Setelah Google Webmaster Tools terbuka lakukan prosedur di bawah ini.

  • Lihat menu LALU LINTAS PENELUSURAN dan klik TAUTAN KE SITUS ANDA
Memeriksa tautan ke situs anda di Google Webmaster Tools

  • Setelah halaman TAUTAN KE SITUS ANDA terbuka, lihatlah apakah ada tampilan di mana ada sebuah situs yang mendominasi backlink anda? Lihat gambar di bawah ini.
periksa apakah ada backlink yang begitu dominan
Lihat contoh di atas.... Apakah anda mempunyai backlink yang begitu dominan dari satu domain tertentu? Pada gambar di atas dari total backlink 663.722 ada 382.285 yang berasal dari satu domain saja. Jika anda mempunyai backlink seperti ini, maka ini adalah indikasi pertama bahwa ada banyak hal yang harus anda perbaiki dari backlink anda.

Selanjutnya lihatlah ke bagian samping di mana ada "Konten yang paling banyak ditaut". Klik SELENGKAPNYA pada bagian bawah bagian tersebut. Dan anda akan dibukakan halaman baru yang memperlihatkan halaman-halaman mana saja dari blog anda yang mendapatkan paling banyak backlink.
Apakah ada artikel yang mendapat begitu banyak backlink dari sedikit domain
Ada dua hal yang harus saudara waspadai dari data yang akan anda lihat...

Hal pertama yang harus ada perhatikan adalah berapa jumlah backlink menuju homepage anda. Jika terlalu banyak backlink menuju homepage dan begitu sedikit yang menuju artikel-artikel anda, maka bertambah lagi indikator ketidaksehatan backlink anda.

Hal kedua adalah jumlah domain dari backlink suatu halaman. Perhatikan contoh di atas, di mana ada suatu halaman yang mendapatkan puluhan ribu backlink hanya dari 9 domain saja. Ini seringkali menjadi sumber dari sanksi Google, karena dianggap berasal dari IKLAN, BLOGROLL, TUKARAN LINK, LINK PADA FOOTER, dan sebagainya.

Kalau sampai tahap ini ada 2 dari 3 faktor di atas atau bahkan semua faktor di atas dimiliki oleh blog anda, maka pantas saja anda menerima email peringatan unnatural backlink dari Google. Backlink anda memang terlihat mencurigakan dan mungkin saja bukanlah backlink berkualitas.

Jadi bagaimana cara mengatasi masalah ini? Cara mengatasi sebenarnya cuma 1 yaitu menyangkali tautan yang terlihat tidak alami. Tapi untuk melakukan ini saudara harus ekstra hati-hati, karena bagaimanapun backlink adalah indikator yang sangat kuat dalam SEO

Menyangkali Backlink Untuk Mengatasi Unnatural Backlink

Setelah anda melihat bahwa backlink anda sebagian besar berasal dari sebuah situs, maka situs tersebut haruslah menjadi target anda dalam proyek bersih-bersih backlink ini. Tapi sebelumnya anda harus mengetahui apakah backlink anda masih melekat pada situs tersebut atau sebenarnya sudah terhapus.

Jadi bukalah situs tersebut terlebih dahulu, dan jika backlink tersebut masih ada, maka anda harus "bertaruh" apakah menghapus link tersebut atau biarkan saja. Yang jelas persentase link yang sangat besar dari total link itu benar-benar sesuatu yang akan membuat Google menaruh radarnya di atas blog saudara....

Untuk memperkecil taruhan anda dalam menghapus backlink-backlink ini, maka lakukanlah 2 hal di bawah ini:

Menilai apakah unnatural backlink itu relevan pada web tersebut

Sekarang coba lihat apakah backlink saudara pada halaman tersebut memenuhi kriteria di bawah ini:
  • Relevan dengan halaman anda
  • Menggunakan kata kunci yang sangat tertarget
  • Muncul di setiap halaman pada footer atau kolom kumpulan link hasil link exchange
Setelah teman-teman mengetahui 3 poin di atas, maka tentunya teman-teman harus tahu bagaimana menyikapi setiap kondisi yang anda temukan:
  • Jika relevan saja, maka mungkin sama sekali tidak diperlukan penghapusan, kemungkinannya backlink dari website lain atau backlink menuju halaman artikel yang membuat anda mendapatkan surat peringatan. Saatnya menyelidiki halaman artikel yang mendapat banyak backlink dari variasi domain yang sedikit tadi.
  • Jika menggunakan kata kunci yang sangat tertarget, maka mungkin tidak perlu buru-buru menghapus backlink tersebut. Mungkin saudara bisa mengubah kata jangkar dari link tersebut.... Misalnya dengan meminta bantuan dari pemilik blog tersebut.
  • Kalau backlink itu berasal dari kolom tukaran link atau dari footer, mungkin bisa dimasukkan dalam daftar backlink yang harus disangkali. (Khususnya untuk tukaran link tentunya anda juga harus siap-siap menghapus link mereka di blog anda)
Setelah saudara selesai melakukan penilaian atas backlink-backlink itu, maka saudara harus menyangkali  backlink yang saudara masukkan ke dalam daftar link "meragukan" tadi. Tentu saja ini adalah langkah yang kebanyakan orang terasa meragukan untuk diambil. Tapi tetap saja saudara tidak punya banyak pilihan jika trafik terus saja jatuh.

Cara menyangkali backlink tidak alami

Jika anda sudah selesai mengumpulkan daftar link yang diyakini bermasalah dan membuat anda mendapatkan hukuman penurunan peringkat dari Google. Cobalah untuk keluar dari hukuman itu dengan menggunakan Link Disavow Tool dari Google . Caranya cukup mudah
  • Buatlah sebuah file txt dengan menggunakan notepad.
  • Isi file tersebut dengan URL-URLbacklink tidak alami yang ingin anda sangkali. Perhatikan aturannya bahwa satu baris untuk 1 URL. Jika anda ingin menyangkali semua backlink dari domain tertentu, gunakan operator domain: www.namadomain.com.
    Contoh isi file txt:
    http://spam.example.com/stuff/comments.html
    http://spam.example.com/stuff/paid-links.html
    http://spam.example.com/stuff/paid-links-2.html
    domain:shadyseo.com
    domain:www.blackhat.com
    domain:trikmudahseo.blogspot.com 
  • Simpan file txt yang berisi daftar link tadi dengan nama apa saja.
  • Login pada akun Google yang terkait dengan blog anda
  • Buka Google Link Disavow Tools
  • Pilih blog yang anda ingin sangkali tautannya dari dropdown
  • Klik MENOLAK TAUTAN
  • Pada tampilan baru klik MENYANGKAL TAUTAN
  • Klik Pilih File dan pilih file txt yang tadi saudara buat di notepad
  • Jika sudah, silahkan klik KIRIM
Setelah file anda terkirim, anda masih harus menunggu hasil dari laporan saudara ini ke Google. Supaya blog saudara tetap stabil pertahankan laju pertambahan artikel dan backlink seperti biasa. Tapi jangan sampai berlebihan seperti contoh dari backlink di atas yang begitu menumpuk sampai harus disangkali ....

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!