Cara Mendapatkan Backlink Untuk Menaikkan Ranking

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Cara Mendapatkan Backlink Untuk Menaikkan Ranking
Cara mendapatkan backlink untuk menaikkan ranking di mesin pencari Google sepertinya masih menjadi kebingungan banyak orang. Ini sebenarnya cukup wajar karena di tahun 2013 sendiri ada begitu banyak update algoritma yang mengakibatkan banyak beredar isu bahwa "backlink sudah tidak diperlukan".

Backlink perlu untuk peringkat
Ini sesuatu yang keliru, backlink masih menjadi faktor penentu yang sangat kuat di dalam algoritma Google. Kalaupun ada blog yang mengatakan mereka bisa menguasai kata kunci dengan artikel baru tanpa backlink, sebenarnya itu bukanlah hal baru. Dari tahun 2012 saja sudah seperti itu, hanya saja karena mereka tidak memperhatikan makanya terbawa euforia yang tidak jelas.

Yang perlu teman-teman blogger pemula ketahui, walaupun halaman artikel itu belum diberi backlink, tapi suatu halaman artikel bisa mendapatkan "cucuran" reputasi dari domainnya, sehingga tanpa diberi backlink sekalipun bisa masuk halaman pertama Google....

Hanya saja masih perlu dilihat lagi, seberapa keras persaingan dari kata kunci tersebut. Kalau persaingannya ringan saja, maka menjadi juara 1 juga bisa tanpa backlink....

Lalu kenapa kita harus mendapatkan backlink?

Karena pada umumnya kata kunci yang persaingannya rendah itu tidak mempunyai trafik yang besar. Kalau trafik tidak besar, maka blog kita tidak akan mempunyai nilai komersil. Tentunya ini tidak masalah bagi yang melakukan blogging for fun saja. Tapi bagi anda yang melakukan blogging for money, maka tentu saja trafik pengunjung itu perlu....

Jadi di situlah efek dominonya, di mana tidak ada backlink, maka tidak ada peringkat, dan tidak ada peringkat sama dengan tidak ada trafik, tidak ada trafik berarti tidak komersial, dan tidak komersial berarti tidak ada uang yang datang.

Jadi Mulailah Mencari Backlink Untuk Blog/Situs Anda!

Untuk mendapatkan backlink anda bisa melakukannya sendiri atau menyewa sebuah jasa backlink. Jadi di sini saya mau memperkenalkan dulu cara-cara yang bisa anda lakukan sendiri....

MENCARI BACKLINK SENDIRI

 Tapi sebelum anda lanjut, anda harus bisa membedakan blog-blog yang dofollow dan nofollow. Untuk itu anda harus menginstall nodofollow di browser firefox anda. Jadi sebaiknya anda membaca terlebih dahulu cara membuat dan mengetahui blog dofollow. (Jangan memakai chrome untuk aktifitas mencari backlink ini)

Mendapatkan Backlink Dengan Mengomentari Blog Dofollow

Ini adalah teknik paling jadul di mana anda bisa menambatkan backlink dengan berkomentar pada blog-blog dofollow. Untuk melakukan ini anda cukup melakukan mencari di Google kata kunci DAFTAR BLOG DOFOLLOW 2014. Setelah itu anda bisa mendapatkan backlink dengan berkomentar memakai NAME/URL atau OPEN ID. Masukkan kata kunci yang anda target pada kolom NAME dan linknya pada kolom URL.

Kekurangan metode ini adalah, pada umumnya poin halaman dari blog ini adalah rendah, jadi anda harus banyak berkomentar. Selain itu banyak blogger "penipu" yang mengatakan blog mereka dofollow padahal nofollow, jadi gunakan nodofollow yang sebelumnya sudah anda pasang untuk mengetahui apakah benar blog itu dofollow.

Mencari Backlink Dari Social Bookmark Dofollow

Social bookmark dofollow adalah sumber backlink yang sangat direkomendasikan. Jadi untuk kompetisi yang ringan saja anda bisa mensubmit setiap artikel anda ke beberapa situs social bookmark. Ini akan membuat tingkat pengindexan blog anda semakin membaik.

Social bookmark yang paling digemari saat ini adalah yang memakai platform DRIGG. Sayangnya social bookmark semacam ini kebanyakan sudah "menutup pendaftaran". Jadi silahkan teman-teman Googling dulu social bookmark yang masih berfungsi.... Siapa tahu ada yang mempunyai daftar social bookmark dofollow terbaru. Soalnya saat ini daftar saya berisikan social bookmark yang sebagian besar sudah jadi sampah.

Yang ada tinggal daftar di bawah ini yang sebagian besar kata kunci cuma bisa non-rich dan tidak tertarget. Yang punya daftar berlebih bisa share buat teman-teman di sini lewat komentar facebook di bawah....
http://www.beritawan.com
http://www.populerkan.com/
http://www.infogue.com/
http://www.lintas.me
http://www.sumbawanews.com
http://www.zeromodal.com
http://www.yourbookmarking.com
http://www.anepunya.com
http://www.befamoussite.com
http://www.kanalku.com
http://www.wartawan.co
 
http://www.perdetik.com
http://www.klubberita.com
http://sosbokdofollow.com/
http://potret.biz/
http://www.beritapilihan.com
http://www.cepatnya.com
http://www.beritawoow.com/
http://www.lintasblog.com/
http://www.newstarlink.com/
http://www.perdetik.com/
http://www.sentrasolo.com/

Mencari Backlink Relevan dari website blog gratis.

Buat yang mau memasang backlink yang relevan, maka membuat dummy blog atau relevan blog adalah salah satu caranya. Ada banyak sekali situs di mana anda bisa membuat halaman anda sendiri. Keuntungan dari memanfaatkan situs-situs ini adalah keberagaman IP address dari server mereka sehingga akan terlihat sangat alami tanpa anda harus keluar uang untuk membayar server apapun.

Berikut ini adalah beberapa penyedia layanan blog gratis yang bisa anda gunakan. Selain ini masih ada beberapa lagi yang lainnya. Silahkan dicoba sendiri:
http://wordpress.com
http://www.sosblogs.com/
http://blogger.com/
http://tumblr.com/
http://weebly.com/
http://blog.com/
http://bravenet.com/
http://www.jimdo.com/
Jika ada yang bingung bagaimana cara menggunakan blog-blog gratisan di atas, mungkin bisa googling dulu cara pemakaiannya.

Berburu Backlink Dengan Mengintip Backlink Blog Terkenal atau Peserta Kontes SEO

Nah yang menjadi masalah dari dua metode di atas (social bookmark dan iklan baris) adalah halaman backlink yang anda dapatkan benar-benar fresh dan poinnya sangat rendah. Kalau anda ingin mendapatkan backlink yang poinnya relatif tinggi, maka sangat dianjurkan untuk mengintip backlink dari blog terkenal atau blog yang sedang mengikuti kontes SEO. 

Cukup kunjungi backlinkwatch.com dan masukkan URL blog terkenal atau URL halaman peserta kontes SEO yang sudah selesai. Maka anda akan mendapatkan sederet baris URL. Apakah semua URL ini dofollow? Tentu tidak, anda masih harus memfilter dan mencoba satu per satu untuk menemukan yang dofollow.

Memakai Footprint dalam mencari backlink dofollow

Teknik yang lain adalah footprint. Setiap blog dofollow punya ciri khas tersendiri. Itu bisa berupa sebuah frasa atau kalimat yang muncul di setiap halaman. Oleh karena itu kita bisa mencari domain-domain lain yang memakai platform yang sama dengan menggunakan teknik footprint.

Ini adalah teknik bagi intermediate blogger, jadi mungkin pemula akan sedikit bingung. Untuk pemula sebaiknya membaca dulu artikel Operator Pencarian Google, sebelum memulai praktik Footprint ini untuk mencari backlink.


MENCARI BACKLINK DENGAN JASA BACKLINK

Bagi anda para blogger pemula cara ini sangat tidak direkomendasikan, karena skill backlink adalah sesuatu yang harus anda pelajari, dan kuasai. Solusi ini hanya saya rekomendasikan kepada mereka para pebisnis yang mencoba membangun situs online, tapi tidak punya cukup waktu karena kesibukan bisnis yang offline.Dengan kata lain waktu yang dipakai untuk mencari backlink akan jauh lebih banyak menghasilkan jika dipakai untuk mengelola bisnis offline.

Jadi dengan menyewa jasa backlink, anda bisa tetap bekerja offline sambil mengamati perbaikan peringkat dari website anda dari waktu ke waktu. Tentu saja anda tidak bisa meminta seseorang melakukan sesuatu pekerjaan tanpa biaya jasa, jadi silahkan cari jasa backlink yang sesuai dengan budget anda saat ini. Silahkan Googling dengan kata kunci JASA BACKLINK.

Di sini saya juga mau merekomendasikan teman saya, yang juga adalah admin blog ini untuk membantu anda mencari backlink. Setelah saya bujuk cukup lama (-_-) akhirnya Fritz mau juga membuka jasa backlink khusus para pebisnis ini. Silahkan cek penawaran Fritz di halaman jasa backlink murah yang dia buat.

Ok, itu saja solusinya. Silahkan teman-teman mulai berkutat mencari backlinknya agar ranking blog saudara bisa meningkat.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!