Memilih SEO atau Iklan Facebook/Adwords Untuk Promosi?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Memilih SEO atau Iklan di Facebook
Memilih SEO atau beriklan online sangat tergantung dari kebutuhan kita. Pada dasarnya SEO dan beriklan di facebook itu mempunyai tujuan yang berbeda dalam promosi. Saya akan memperlihatkan kepada anda apa saja perbedaan mendasar dari melakukan SEO dan beriklan online seperti adwords dan facebook.


Saya akan mulai menjelaskan dari beriklan online terlebih dahulu, nanti terakhir baru saya akan membandingkannya dengan SEO atau Search Engine Optimization.

Iklan Facebook

Memasang iklan facebook itu seperti menyebarkan pamflet promosi anda ke banyak orang. Anda tidak peduli apakah mereka butuh atau tidak butuh produk anda. Mungkin anda pernah melihat pamflet promosi mobil disisip dipagar rumah anda? Ya seperti itulah iklan facebook

Tujuan dari penggunaan iklan facebook itu seperti melempar ke banyak orang dan berharap ada yang membutuhkan produk anda; atau (dan ini yang lebih umum terjadi) membuat orang yang sebelumnya tidak terpikir membutuhkan produk anda menjadi tertarik.

Tapi satu hal yang perlu anda perhatikan bahwa hanya produk-produk tertentu saja yang mempunyai peluang besar melakukan itu. Tidak mudah membuat orang yang sebelumnya tidak memerlukan produk anda menjadi berpikiran mau membeli produk anda setelah melihat iklan anda. Biasanya produk yang paling berpotensi membuat orang yang sebelumnya tidak tertarik untuk membeli menjadi tertarik untuk membeli adalah produk fashion.....

Jadi produk fashion mempunyai potensi yang besar dalam iklan facebook.

Produk yang sulit dipromosikan di facebook adalah produk yang tidak lazim dipakai secara umum; atau hanya dalam kondisi-kondisi khusus saja orang membutuhkannya. Mengiklankan produk seperti ini berpotensi membuat biaya promosi anda lebih besar dari keuntungan yang anda buat.

Jadi anda sebagai pebisnis yang mempromosikan produk di facebook harus mempertimbangkan hal-hal berikut ini:
  • Biaya promosi iklan facebook
  • Luasnya jangkauan iklan facebook anda
  • Potensi Pasar dari Produk Anda
  • Besarnya keuntungan per penjualan yang anda hasilkan
  • Persentase penjualan yang terjadi dari jangkauan iklan anda

Tentunya untuk mengetahui persentase pada poin terakhir anda harus mencobanya sekali untuk mengambil data....

Iklan Adwords

Ini adalah produk iklan dari Google; dan sifatnya lebih tertarget dari Facebook. Kenapa dikatakan lebih tertarget? Karena iklan ini akan ditampilkan pada hasil pencarian yang memang relevan dengan penawaran anda. Dengan kata lain jika seseorang sedang mendapatkan calon pembeli, maka anda sedang mengintai di depan pintu. Barangkali saja mereka tidak mencapai kesepakatan dan anda bisa menawarkan produk anda.

Atau produk anda ditampilkan pada halaman yang relevan. Misalnya ada yang mencari tips fotografi atau teknik foto lainnya, maka iklan penjualan kamera anda akan ditampilkan pada halaman tersebut. Adanya kesamaan minat dengan produk anda akan memperbesar peluang munculnya daya tarik untuk membeli. Nah yang ini ibaratnya anda lagi menawarkan penjualan raket di kejuaraan bulu tangkis, atau menawarkan paket foto prewedding di wedding expo.

Atau anda juga bisa membuat iklan anda dipasang di halaman pencarian teratas dari Google. Sehingga orang yang memang niatnya mau membeli produk tersebut lebih dahulu melihat iklan anda.

SEO (Search Engine Optimization)

Ini adalah metode yang memerlukan waktu yang lama. Hanya saja SEO mempunyai 2 keunggulan dari yang lainnya; yaitu Gratis saat anda sudah menjadi ranking 1. Anda tidak perlu mengeluarkan sepeserpun dan Google akan terus "mempromosikan" produk anda. Keunggulan yang lain adalah sangat tertarget; karena yang melakukan pencarian bisa hampir dipastikan 80% adalah mereka yang membutuhkan  produk anda. Sedangkan 20% lainnya adalah pesaing yang sedang mengecek posisi mereka.

Hanya saja yang menjadi masalah adalah proses SEO bisa menjadi sangat lama. Saran saya: Jika anda menjual sebuah produk, mulailah dengan menaklukkan kata kunci lokal terlebih dahulu yang biasanya memerlukan waktu 1-3 bulan. Kata kunci lokal itu misalnya: Jual Sepeda Gunung Murah di Solo.

Ini biasanya akan sangat cepat mendorong naiknya penjualan anda.

Perbandingan

Jadi untuk perbandingannya,.... anda bisa mengingat konteks berpromosi di ke tiga media ini dengan melihat poin-poin penting yang ada di bawah ini:
  • Iklan Facebook: Sebaran Acak - Berbayar - Hasil Cepat - Lebih Besar Konversinya dari Adwords (pada produk tertentu karena tampilan lebih atraktif)
  • Iklan Adwords: Sebaran lebih tertarget dari iklan Facebook - Berbayar - hasil cepat
  • SEO: Sangat tertarget - Gratis - Memerlukan waktu antara 1 bulan sampai 1 tahun tergantung kerasnya persaingan di bidang anda.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!