3 Hal Penting di dalam usaha SEO Anda

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Anda harus melihat SEO sebagai suatu proses yang utuh. Ada begitu banyak faktor yang bisa mendorong halaman web anda menjadi ranking 1 di mesin pencari di Google; dan setiap faktor saling mendukung satu dan yang lainnya. Tidak ada satu konsep yang paten dalam strategi SEO; yang pasti kekurangan di suatu faktor bisa ditutupi di faktor yang lainnya.

Tapi jika anda berencana membangun website yang sehat dalam jangka waktu yang panjang, maka ada 3 hal mendasar yang perlu anda ketahui sejak awal. Ketiganya akan saya jelaskan di bawah ini....

Strategi Konten

Strategi konten belakangan ini disebut oleh praktisi SEO sebagai "SEO yang baru". Pada saat algoritma Panda dan Penguin dikeluarkan Google; banyak strategi yang sebelumnya populer menjadi tidak berguna lagi. Algoritma-algoritma dari Google ini sudah memaksa banyak pelaku SEO untuk menyusun ulang rencana optimasinya, karena optimasi sebelum-sebelumnya hanya berbuah penalty.

Tapi jangan sampai menganggap strategi konten ini hanya sebatas menerbitkan artikel baru yang berkualitas. Ini juga mencakup artikel-artikel lama yang sudah ada di dalam web kita yang perlu dipastikan sudah memenuhi standar SEO onpage dari Google dkk. Tapi itu bisa anda pelajari belakangan. Sekarang yang perlu anda ketahui yaitu pengertian dari Strategi Konten itu sendiri.

Tahap awal dari strategi konten ini adalah memahami PASAR anda. Anda harus tahu apa yang diinginkan oleh pasar anda; dan anda harus tahu apa saja yang bisa anda penuhi dari permintaan pasar anda. Untuk itu anda harus mempelajari apa yang namanya riset kata kunci. Riset kata kunci ini adalah salah satu hal yang paling banyak diabaikan oleh mereka yang baru belajar SEO dan hasil akhirnya adalah mereka sering memburu kata kunci yang tidak ada gunanya.

Setelah anda mempelajari bagaimana melakukan riset kata kunci dan mengumpulkan beberapa kata kunci yang baik, maka langkah selanjutnya di dalam konten strategi ini nantinya anda akan belajar cara membuat artikel atau konten yang bukan hanya disukai Google tetapi juga disukai pembaca dan bisa membuat pembaca anda membeli produk anda atau membaca artikel yang lainnya.

Perlu anda ketahui bahwa pengunjung website itu semakin lama semakin banyak karena ada beberapa di antara yang pernah berkunjung akan kembali berkunjung karena menyukai konten anda dan juga layanan anda. Jadi sedapat anda buatlah konten yang memuaskan orang dan juga memenuhi faktor SEO yang diperlukan untuk ranking.

Mendapatkan Backlink

Ini adalah sekumpulan strategi untuk mendapatkan banyak link dari website lain menuju website anda. Backlink adalah istilah yang akan sering anda dengar dan akan sering membuat sakit kepala anda para pelaku SEO pemula. Kenapa ini membuat sakit kepala banyak orang? Karena mendapatkan backlink tidaklah mudah.

Sebenarnya kesulitan mendapatkan backlink ini dimulai oleh Google sendiri; karena Google pernah memberikan pemahaman bahwa link keluar yang dofollow akan mengurangi poin dari halaman sebuah website. Jika sudah dikatakan seperti itu, maka tidak ada orang yang mau memberikan link keluar untuk siapapun. Memangnya siapa yang mau rugi?

Belakangan barulah Google merilis bahwa website yang memberikan link keluar yang relevan akan mendapatkan keuntungan poin tambahan karena menyediakan referensi yang relevan untuk pembaca mereka. Bahkan link keluar yang relevan dihitung sebagai faktor kealamian website yang tidak spammy. Tapi ada 3 faktor yang perlu diperhatikan saat memberikan link keluar agar itu menguntungkan SEO website kita.
  1. Harus menuju website yang relevan dengan website kita
  2. Tidak boleh reciprocal link dalam artian ada link anda pada halaman web yang dituju, karena akan dianggap sebagai tukaran link
  3. Jangan terlalu banyak link keluar. 1 atau 2 saja sudah cukup. Jika terlalu banyak dan tidak berimbang dengan panjang konten anda, maka pertambahan poinnya akan tidak berimbang dengan poin yang keluar.
Hal-hal inilah yang masih banyak tidak dipahami blogger di Indonesia, sehingga anda akan begitu sulit mendapatkan link dari website yang relevan dengan anda. Padahal memberi backlink yang relevan itu justru bisa menambah poin web kita jika dilakukan dengan benar. Kita bisa melihat website di luar negeri yang sangat mudah memberikan dofollow link kepada website yang relevan dengan mereka; dan memang pada akhirnya web-web tersebut menjadi website besar. Sebut saja seroundtable.com dan moz.com yang selalu memberikan link dofollow kepada referensi mereka.

Untuk mengetahui website-website yang dianggap relevan dengan website mereka maka anda bisa googling dengan memakai operator related

Contoh: Ketikkan di Google related:https://www.seroundtable.com untuk menemukan website yang relevan dengan seroundtable.com.

Media Sosial

Banyak pelaku SEO yang tidak paham apa pengaruh dari sosial media pada strategi SEO. Sebenarnya sosial media itu digunakan untuk merawat hubungan dengan mereka yang datang ke website anda melalui SEO. Jadi jika anda mendapatkan trafik dari SEO, maka entah bagaimana caranya anda mengajak pengunjung website anda untuk memberi like pada fanpage anda.

Jadi nantinya kalau anda mempunyai postingan baru atau produk baru, anda bisa mengundang mereka untuk kembali dan membaca tulisan terbaru dari anda. Jadi semakin lama trafik anda semakin besar, karena trafik bukan hanya datang dari mesin pencari, tapi juga dari pengunjung lama, yang anda rawat hubungannya dengan anda melalui media sosial. Jadi sayang sekali jika anda melakukan blogging tapi tidak mengajak orang untuk memberi like pada akun sosial media anda.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!