Cara Mendapatkan Sitelink Di Pencarian Google

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Setiap kali saya masuk ke dalam forum-forum blogger, pasti ada saja yang bertanya bagaimana cara mendapatkan sitelink seperti yang ada dalam gambar di atas. Bahkan ada banyak sekali orang yang memamerkan bahwa websitenya mempunyai sitelink di media-media sosial.

Jadi apa kegunaan sitelink itu dan bagaimana cara mendapatkan sitelink untuk website anda saat seseorang melakukan pencarian di Google?

Kegunaan Sitelink

Sebenarnya sitelink itu dibuat oleh Google untuk membantu penggunanya untuk langsung mengunjungi halaman-halaman tertentu dari website kita tanpa harus dipusingkan lagi dengan sistem navigasi di website kita. Contohnya orang yang mencari bank mandiri biasanya karena mau login ke internet bankingnya, maka Google biasanya langsung merekomendasikan sitelink untuk melakukan login.

Manfaat dari mempunyai sitelink adalah menaikkan click website kita untuk kata kunci tersebut. Peningkatan klik antara sebelum dan sesudah mempunyai sitelink bisa mencapai 80%. Sayangnya ini hanya terjadi pada kata kunci tertentu dan sangat jarang sebuah website mempunyai sitelink untuk lebih dari 3 kata kunci

Cara Mendapatkan Sitelink

Setiap kali anda mencari tutorial cara mendapatkan sitelink di Google, anda akan menemui jawaban bahwa ini adalah proses yang otomatis, jadi tidak ada hal yang bisa anda lakukan untuk mengatur bagaimana sitelink itu akan muncul.

Perlu anda catat bahwa misi untuk mempunyai sitelink adalah "cita-cita mulia" yang melebihi misi untuk menjadi ranking 1 di Google. Pemilik sitelink pada suatu kata kunci adalah "bukan ranking 1 biasa". Google menganggap bahwa website ini adalah yang paling relevan untuk kata kunci tersebut. Relevan yang benar-benar amat sangat relevan sekali.

Jadi untuk mempunyai sitelink pada suatu kata kunci bisa dianggap sebagai misi untuk melakukan branding pada suatu kata kunci. Jadi seolah-olah google menganggap bahwa kata kunci itu adalah "milik anda", karena website anda sedemikian relevan dengan kata kunci itu. Seolah-olah jika orang membicarakan kata kunci tersebut, maka pasti orang sedang membicarakan website anda.

Ini adalah misi yang sederhana saja jika anda menargetkan sitelink untuk kata kunci yang sangat unik. Misalnya anda mempunyai nama domain yang sangat unik KODOKNYENGIR.COM. Kalau anda melakukan optimasi sedikit saja, maka peluang anda untuk mendapatkan sitelink untuk kata kunci KODOK NYENGIR ini akan sangat besar.

Tapi lain kasus jika anda mengincar kata kunci yang lain. Anggap saja KODOKNYENGIR.COM ini membahas masalah otomotif; dan berharap sitelink muncul di kata kunci BERITA OTOMOTIF TERBARU.... Saya yakin perlu usaha jatuh bangun mengetik sampai jari-jari dan pergelangan kapalan untuk mendapatkan sitelink di kata kunci ini.

Tapi setidaknya langkah awalnya adalah menjadikan suatu kata kunci sebagai brand anda. Anda bisa membeli nama domain yang benar-benar tepat memuat kata kunci tersebut. Setelah anda mempunyai kata kunci tersebut, maka langsung kerja keras mendapatkan backlink dengan menargetkan kata kunci tersebut, plus share gila-gilaan di media sosial, dengan memakai kata kunci tersebut sebagai nama atau hashtag.

Lakukan yang terbaik sampai Google merasa kata kunci tersebut memang sangat relevan dengan website anda.

Tapi ingat; jangan menyiksa diri anda untuk mendapatkan sitelink hanya untuk gaya-gayaan. Pastikan sitelink itu memang mempunyai potensi trafik yang besar, dan layak untuk diusahakan. Kalau tidak ada potensi trafiknya untuk apa susah payah?

Sitelink untuk kata kunci TRIK MUDAH SEO di atas itu tidak pernah diusahakan, dan memang tidak banyak yang mencari kata kunci itu. Kata kunci itu hanya sekedar contoh saja; dan terjadi secara otomatis. Mungkin karena sudah 4 tahun kata kunci itu melekat untuk blog ini; dan cukup banyak dishare di website-website dan media sosial.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!