Pengaruh Broken Link Dan Error 404 Pada SEO

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
pengaruh broken link pada SEO website anda
Salah satu hal yang cukup banyak ditanyakan oleh teman-teman blogger adalah apa pengaruh dari error halaman 404 yang ada pada website kita? Buat yang belum tahu apa itu error 404; ini adalah error di mana halaman kita tidak ditemukan oleh pencari pada suatu URL tertentu.

Apakah error 404 ini berbahaya?

Kalau ditanya apakah error 404 ini merusak SEO dari website kita, maka jawabannya adalah antara ya dan tidak. Error 404 itu sebenarnya adalah sesuatu yang lumrah terjadi karena orang bisa saja mengedit websitenya; sehingga ada gambar yang hilang atau ada halaman yang sebelumnya ada menjadi tidak ada; atau halamannya tetap ada tapi berubah URL.

Ini adalah sesuatu yang lumrah saja terjadi; dan tidak punya pengaruh merusak pada SEO dari website kita. Yang terjadi jika halaman kita berubah menjadi not found hanyalah Google menghapusnya dari index; dan itu tidak membawa pengaruh buruk pada website kita.

Yang menjadi masalah adalah pada saat anda memasang link menuju halaman 404 ini. Itu berarti link tersebut akan menjadi broken link. Ada dua hal yang terjadi jika anda memasang link menuju halaman error 404 ini, yaitu:
  • Anda akan membocorkan poin dari halaman anda menuju halaman yang tidak bermanfaat.
  • Google akan menganggap website anda memberikan rujukan yang tidak berkualitas, dan menjadikannya sebagai indikasi bahwa website atau blog anda tidak terawat dengan benar.

Efeknya adalah tentu saja ranking anda akan diturunkan oleh Google, karena kualitas yang kurang baik.

Trikmudahseo ini sendiri termasuk blog yang tidak terurus, dan kemarin saya mencoba mengecek berapa broken link yang ada, ternyata banyak sekali. Ada lebih dari 300-an broken link di seluruh trikmudahseo.

Saya mengecek broken link ini menggunakan http://www.brokenlinkcheck.com/

Di mana tampilannya seperti di bawah ini:
alat untuk cek broken link

Cara penggunaan alat untuk mengecek broken link ini adalah:
  • Masukkan URL anda pada kolom yang tersedia di halaman http://www.brokenlinkcheck.com/
  • Anda akan di bawah ke dalam halaman dengan tampilan seperti di atas
  • Masukkan SECURITY CODE, dan pilih report all occurrences of each dead link
  • Klik FIND BROKEN LINKS NOW
  • Tunggu beberapa saat, kalau koneksi anda lambat ini akan memakan waktu beberapa menit.
  • Hasil pencarian akan ditampilkan dalam tabel seperti di atas
  • Link yang rusak akan ditampilkan di kolom broken link; sedangkan halaman yang memuat broken link itu akan ditampilkan di link URL (Yang saya beri kotak merah)
  • Klik link-link URL untuk membuka artikel yang memuat broken link menuju halaman error 404, dan setelah itu anda bisa mengedit halaman itu.
  • Edit dengan mengganti link baru yang aktif atau sekalian hapus saja linknya.
  • Untuk memastikan broken link ini tidak muncul lagi, maka sebaiknya URL-URL yang broken tadi dialihkan dengan redirect 301 menuju artikel yang relevan.

Bagaimana jika Error 404 berasal dari Backlink?

Biasanya jika anda membuka halaman kesalahan perayapan di search console, anda akan menemukan halaman 404 yang linknya berasal dari backlink, atau linknya terpasang di website orang lain. Apa yang harus anda lakukan jika broken linknya berasal dari website orang lain? Apakah ini buruk untuk SEO anda?

Kalau anda merasa membutuhkan backlink tersebut, maka sebaiknya anda mengalihkan dead link tersebut menuju halaman yang relevan dengan redirect 301 tadi sebelum pemilik website menyadari itu sebagai broken link dan mencabut backlink anda, sehingga anda akan kehilangan poin.

Tapi ada juga kasus di mana broken link itu berasal dari website yang tidak relevan dengan website anda dan sifatnya spam. Spam dalam artian menumpuk banyak sekali dalam satu domain pada halaman yang tidak relevan dengan konten anda. Apakah ini membawa pengaruh buruk pada SEO anda?

Sama sekali tidak; link-link ini berasal dari domain orang lain dan siapapun bisa memasangnya. Tidak mungkin Google akan menghukum halaman web anda karena link seperti ini. Google hanya akan melakukan demotion link; dalam artian tidak menghitung broken link ini sebagai backlink untuk anda.

Ok, mudah-mudahan teman-teman blogger dan pemilik website lainnya sudah paham akan masalah broken link menuju halaman error 404 ini.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!