Apakah CTR (Click Through Rate) Mempengaruhi SEO?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
pengaruh click through rate pada SEO website anda
Apakah CTR atau Click Through Rate benar-benar mempengaruhi SEO? Ada banyak sekali orang yang mempertanyakan ini dan jelas ini masih menjadi perdebatan di internet. Ada dua kubu yang saling beradu argumentasi; yang pertama adalah yang setuju bahwa CTR mempengaruhi SEO dan yang lainnya yang tidak setuju.

Bagi pemula yang tidak tahu apa itu CTR, maka CTR itu adalah persentase klik yang anda dapatkan dibandingkan jumlah penayangan di halaman hasil pencarian Google. Dan ini yang menjadi pertanyaan banyak orang, apakah benar CTR atau Click Through Rate ini benar-benar mempengaruhi SEO.

Dari kubu mereka yang setuju bahwa CTR ini mempengaruhi SEO ada moz.com dan backlinko yang sudah sangat dikenal di dunia optimasi website. Percobaan yang diadakan pun cukup sederhana yaitu dengan meminta bantuan dari para fans website mereka untuk mengklik link mereka dan membacanya. Ternyata dari percobaan ini didapatkan hasil lonjakan ranking dari ranking 7 ke ranking 3 untuk uji kasusnya.

Namun teori ini mendapatkan tantangan dari Bartoz Goralewicz di mana dia mengadakan experimen untuk menghasilkan trafik palsu, dan ternyata setelah CTR-nya naik; yang terjadi malah rankingnya merosot. Jadi dia menyimpulkan bahwa CTR bukanlah faktor SEO. Karena jika benar CTR adalah faktor SEO, maka seharusnya ranking naik seiring dengan kenaikan dari CTR itu sendiri.

Jadi mana yang benar di antara kedua pendapat ini?

Jelas kita tidak bisa mengabaikan salah satunya, karena keduanya adalah hasil eksperimen yang riil dan memang datanya seperti itu. Berdasarkan hasil eksperimen di atas sebenarnya ada titik temu yang bisa kita simpulkan, yaitu:

Halaman web yang berhasil menaikkan CTR-nya di atas CTR rata-rata untuk peringkatnya saat itu, jelas berpeluang untuk mengalami kenaikan peringkat dan juga berpeluang untuk mengalami penurunan peringkat.

Hasil eksperimen yang mengalami kenaikan peringkat ini diikuti oleh manusia sebagai visitor; sedangkan hasil eksperimen yang mengalami penurunan peringkat tidak melibatkan manusia melainkan bot yang melakukan kunjungan otomatis.

Apa perbedaan antara trafik manusia dan trafik bot ini? Trafik manusia akan menghasilkan sinyal kunjungan untuk Google, baik itu lama kunjungan ataupun bounce rate, sedangkan trafik dari bot tidak melakukan ini. Jelas sekali moz.com ataupun backlinko, selain mengajak followernya mengklik linknya, keduanya menghidangkan konten yang membuat pengunjung menghabiskan waktu untuk membaca.

Jadi dari sini kita bisa melihat bahwa CTR sebenarnya bukan faktor SEO namun secara tidak langsung bisa mempengaruhi SEO jika CTR berada di atas CTR rata-rata dan para pengunjung memberikan sinyal positif ke Google.

Itu berarti Click Through Rate yang mengalami peningkatan adalah kesempatan untuk menghasilkan user experience yang baik; dan inilah yang akan menaikkan atau menurunkan ranking kita nantinya.



Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!