3 Faktor SEO Utama Yang Wajib Anda Tahu

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Faktor SEO adalah sesuatu yang sudah lama menjadi "penelitian" para pelaku optimasi website. Mesin pencari seperti Google tidak pernah mengumumkan secara terang-terangan semua faktor SEO yang mereka gunakan.

Praktisi SEO yang berusaha meraba-raba faktor SEO apa saja yang berpengaruh besar dan berusaha menyimpulkan mana faktor SEO yang paling utama dan wajib mendapatkan fokus terbesar di dalam optimasi.

MOZ, backlinko, dan masih banyak lagi praktisi SEO internasional sudah melakukan riset untuk ini. Jadi anda bisa belajar dari website-website mereka.

Di blog trikmudahseo ini saya cuma mau membagikan 3 bagian besar dari faktor SEO yang wajib anda ketahui. Saya akan menyusunnya menurut urutan yang wajib anda perhatikan untuk memudahkan optimasi anda.

Anda bisa membolak-balik urutan ini, tapi saya sangat yakin anda akan mendapatkan kesulitan besar di dalam optimasi jika anda melakukannya.

Ok, jadi 3 bagian utama dari faktor optimasi SEO yang harus anda perhatikan adalah:
  • ONPAGE
  • USER EXPERIENCE
  • BACKLINK

Kenapa urutannya seperti ini? Saya akan jelaskan satu per satu.

Faktor SEO Onpage

Faktor SEO Onpage saya letakkan di urutan pertama, karena suatu alasan yang sederhana. Onpage adalah hal yang paling pertama bersentuhan dengan mesin pencari. Onpage adalah faktor SEO yang menentukan apakah halaman website anda akan diindex di kata kunci yang anda harapkan.

Faktor SEO onpage yang menentukan apakah halaman website anda  dianggap relevan untuk kata kunci yang anda inginkan. Jika halaman website anda dianggap tidak relevan untuk kata kunci yang anda targetkan, maka optimasi anda yang selanjutnya akan sangat sulit.

Beberapa faktor SEO Onpage yang wajib anda perhatikan adalah:  
  • Title tag dan meta description
  • Konten yang lengkap
  • Sitewide link.

Title dan meta description sudah jelas harus mengandung kata kunci. Ini tidak perlu dibahas lebih jauh lagi. Yang sering bermasalah adalah konten yang lengkap dan sitewide link.

Konten yang lengkap artinya anda harus berusaha memberikan halaman yang memberikan penjelasan yang lengkap untuk suatu masalah. Semakin lengkap halaman web anda maka semakin besar poin relevansi yang anda peroleh.

Banyak orang malas sekali menulis tapi selalu bermimpi websitenya ranking 1 di kata kunci yang ditargetkan. Anda harus mencatat bahwa anda bukan satu-satunya yang menargetkan suatu kata kunci. Kalau anda malas, maka ranking anda juga akan malas bergerak.

Hal lain yang harus anda perhatikan adalah di tiap niche selalu saja ada kata kunci yang menjadi sumber trafik utama. Artikel-artikel dari kata-kata kunci utama ini harus menjadi prioritas utama anda dan mendapatkan sitewide link di website anda. Sitewide link adalah link yang muncul di semua halaman di website anda.... 

Artikel-artikel utama adalah halaman-halaman yang pantas mendapatkan prioritas sitewide link ini, selain halaman-halaman kategori tentunya. Jadi usahakan di sidebar anda selalu ada widget LABELS dan widget TOP POSTS.

Faktor SEO USER EXPERIENCE

Ok, sekarang anggap saja konten anda sudah mantap onpage-nya. Apakah itu sudah cukup? Ternyata belum. Onpage yang maksimum hanya akan membantu Google mengenali konten anda dan menganggapnya cukup baik untuk dihidangkan.

Jadi sekarang Google akan sesekali menghidangkan konten anda ke penggunanya. Anggaplah kata kunci tersebut mempunyai 1000 pencarian per hari. Dari 1000 pencarian ini Google terkadang akan memunculkan halaman-halaman baru di peringkat teratas untuk melihat reaksi pengunjung terhadap halaman-halaman baru ini.

Reaksi pengunjung ini disebut sebagai user experience.... Di sini Google akan melihat apakah pengunjung bertahan melewati batas waktu tertentu, atau ... pengunjung mengunjungi halaman lain di website anda,... atau malah kabur dari website anda sebelum batas waktu yang diharapkan oleh Google tercapai.

Yang bermain di user experience ini bukan hanya kelengkapan konten anda, tapi juga desain dari halaman web dan gaya bahasa tulisan anda. Ini bisa dilihat dari beberapa hal berikut ini:
  • Apakah desain web anda mempunyai navigasi yang mudah untuk pengunjung?
  • Apakah tulisan anda enak dibaca?
  • Apakah pengunjung terpancing berkomentar?
  • Apakah pengunjung membaca artikel anda yang lain?

Selain itu ada beberapa hal lainnya yang akan membuat pengunjung merasa tidak betah di website anda:
  • Teks anda terlalu kecil atau terlalu besar
  • Tulisan anda terlalu panjang di tiap paragrafnya
  • Kontrasnya menyakitkan mata
  • Tidak scanable

Apa itu scanable? Anda harus tahu walaupun artikel anda lengkap? Biasanya pembaca merasa hanya ingin membaca hal yang dibutuhkannya saja. Jadi anda harus bisa membantu pembaca anda agar mereka dengan cepat menemukan apa yang dibutuhkannya.

Anda bisa melakukan ini dengan memberikan daftar pembahasan yang dibahas di artikel tersebut, atau memberikan poin-poin dan cetak tebal pada hal-hal yang penting.

Faktor SEO Backlink

Backlink sudah jatuh dari posisinya yang sangat dominan di dalam optimasi. Berbeda dengan 10 sampai 5 tahun yang lalu di mana backlink adalah faktor SEO yang begitu menentukan peringkat. Sekarang backlink menjadi salah satu faktor pelengkap saja di dalam optimasi.

Tapi bukan berarti backlink sudah tidak penting lagi....

Kalau anda cukup memperhatikan hasil-hasil pencarian di SERP, anda akan menemukan bahwa banyak sekali website yang backlinknya sangat minim saat ini bisa menjadi ranking 1. Kalau anda memperhatikan biasanya halaman seperti ini bukan hanya mempunyai konten yang panjang, tetapi juga umur yang sudah lama (di atas satu tahun), dan mempunyai banyak komentar dari pengunjungnya.

Jadi saat ini masih terlalu sulit untuk memenangkan persaingan hanya dengan mengandalkan artikel yang lengkap saja. Kenapa? Karena banyak sekali orang yang bisa membuat artikel yang mempunyai pembahasan yang lengkap.

Biasanya artikel yang lengkap ini harus "sudah membuktikan diri" dalam kurun waktu yang panjang dan mendapatkan banyak respon dari pengunjungnya. Jika artikel ini bisa melewati waktu yang panjang ini dan mendapatkan banyak respon, maka bisa dikatakan artikel ini akan sanggup ranking tanpa backlink sedikitpun.

Tapi kalau anda mau menyaingi artikel yang mempunyai reputasi seperti ini? Anda tidak akan bisa menang hanya mengandalkan artikel baru yang panjang. Usia artikel dan komentar yang panjang yang tidak bisa anda dapatkan dalam waktu singkat ini hanya akan bisa anda imbangi dengan menambahkan backlink....

Hanya saja untuk kata kunci yang persaingannya berat; anda tidak akan bisa menyingkirkan begitu saja peringkat 5 besar hanya dengan menambahkan backlink.

Kalau anda menargetkan kata kunci yang sulit, maka anda harus bersabar untuk mendapatkan ranking yang anda harapkan. Google akan benar-benar menilai user experience di halaman website anda untuk beberapa waktu (bisa 2 sampai 4 bulan) sebelum mengizinkan anda naik ke peringkat 5 besar.

Proses ini bisa saja tidak terlalu lama kalau anda hanya menargetkan kata kunci yang persaingannya ringan....

Jadi memang backlink tidak sepenting dulu, tapi berharap anda bisa ranking di persaingan keras tanpa backlink itu juga masih terlalu bermimpi. Jelas sekali backlink masih mempunyai peranannya, karena saya masih memerlukan backlink untuk mengoptimasi kata-kata kunci bahasa inggris.

Seandainya backlink sudah tidak penting lagi, tentunya backlink tidak akan membuat perubahan peringkat yang nyata....dan benar-benar tidak diperlukan lagi.

3 HAL DI ATAS INILAH YANG HARUS MENJADI FOKUS ANDA SAAT MEMBUAT WEBSITE DI PERSAINGAN BERAT... MENGABAIKAN SALAH SATUNYA BISA MEMBUAT OPTIMASI ANDA MENJADI SIA-SIA.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!