Apa Meta Description Masih Penting Untuk SEO?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
meta description untuk SEO
Dalam praktek optimasi yang saya lakukan setiap hari, jelas terlihat kalau Google sekarang sanggup mencuplik bagian manapun dari artikel yang kita buat untuk ditampilkan sebagai pengisi meta description, jika halaman web tersebut tidak memiliki meta description.

Jadi sekarang pertanyaannya apakah meta description masih penting?

Anda perlu mengetahui bahwa Google masih menilik meta description terlebih dahulu sebagai "penjelasan" dari pemilik website tentang apa isi halaman web mereka. Jika konten ternyata relevan, maka Google masih akan menggunakan meta description ini.

Tapi Google bisa merekomendasikan deskripsi lain dari dalam konten jika meta description tidak terlalu mengena dengan kueri pencarian.

Jadi sekarang yang menjadi pertanyaan adalah "Apakah kita masih perlu memasukkan meta description? Dan apakah manfaatnya untuk SEO?"

Memaksimalkan Meta Description Untuk SEO

Anda bisa memaksimalkan meta description untuk SEO jika anda menggunakan meta description untuk 2 hal berikut:
Menambah keragaman kata kunci, dan
Meningkatkan Click Through Rate hasil pencarian.

Menambah keragaman kata kunci

Anda bisa menaruh kata-kata yang mungkin bisa menunjang kata kunci utama yang ada di dalam title tag. Ingat; anda tidak bisa membuat title tag yang terlalu panjang. Jadi anda bisa menaruh 7 kata paling utama saja di dalam title.

Dan setelah anda menaruh 7 kata paling utama di title dan berpikir masih ada kata-kata yang anda harapkan bisa ranking, maka kata-kata ini bisa anda masukkan ke dalam meta description.

Hanya saja anda perlu memastikan bahwa kata-kata yang anda masukkan ke dalam meta description ini bisa ditemukan di dalam konten artikel atau body halaman web.

Menaikkan CTR di SERP

Tentunya anda ingin link anda di halaman SERP Google mendapatkan klik yang sebanyak mungkin, dan cukup sering meta description yang sangat menarik membuat orang mau mencoba mengunjungi halaman web anda.

Jadi jangan mengisi meta description hanya untuk kepentingan SEO saja. Meta description bukan hanya untuk dilihat oleh robot, tapi oleh manusia pengguna Google juga.

Meta description sering menjadi pembeda persentase pendapatan yang cukup signifikan di website-website bisnis online, jika anda mengisinya dengan info-info yang bisa memicu ketertarikan orang untuk mengklik tautan anda.

Anda perlu mencatat bahwa ranking anda bisa meningkat jika CTR dari website anda di SERP Google juga naik.

Kesimpulan

Meta description masih mempunyai peranan yang bisa anda gunakan untuk optimasi SEO dari website anda. Meta description ini bisa menaikkan varian kata kunci yang anda kuasai dan juga menaikkan CTR dari website anda. Jadi jangan mengabaikan meta description dari website anda; khususnya jika anda adalah pemilik website bisnis online.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!