Pengaruh External Link Untuk SEO Website

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
external link untuk SEO website
Banyak pemilik website yang tidak tahu banyak tentang pengaruh external link untuk websitenya, sehingga mereka sering melakukan kesalahan dalam menggunakan external link.

Anda perlu tahu; kesalahan dalam meletakkan atau menggunakan external link bisa membuat optimasi anda tidak akan pernah melihat hasil yang anda inginkan.

Jadi di dalam artikel ini saya mau membagikan hal-hal yang perlu anda ketahui seputar masalah external link ini.

External Link Itu Membocorkan Poin Anda

Pada saat anda memberikan external link menuju website lain, maka jelas Google akan memberikan poin otoritas kata kunci kepada website yang anda tuju dan itu diambil dari halaman web anda.

Beberapa hal ini perlu menjadi perhatian anda saat anda menggunakan external link:
  • Jangan meletakkan external link apapun di bagian header. Jika anda perlu meletakkan sebuah external link, maka letakkan itu di sidebar ataupun footer, atau suatu tempat di dalam artikel anda.
  • Jangan sekali-kali menggunakan external link yang tidak relevan dengan konten halaman web anda.
  • Jika anda merujuk ke website yang belum mempunyai reputasi, maka sebaiknya anda menggunakan tag nofollow

Jangan Kebablasan Memakai External Link Ke Situs Yang High Authority

Dalam beberapa artikel saya merekomendasikan bahwa anda bisa memberikan link menuju situs yang berotoritas dan setelah itu jadi banyak orang yang menggunakan external link menuju Wikipedia atau website-website populer lainnya; bahkan saat link itu sebenarnya tidak diperlukan sama sekali.

Sepertinya; pernyataan saya bahwa referensi menuju website berotoritas itu akan memberikan tambahan poin menjadi alasan dari itu semua.

Sering praktek penggunaan eksternal link ini malah terlihat kebablasan. Maksud saya seperti ini; kadang pemilik website mempunyai halaman web yang menjelaskan topik tersebut, tapi tetap saja memasang link menuju website lain dan bukannya menuju websitenya sendiri.

Belum lagi pemasangannya sering terlihat agak maksa. Artikelnya panjang lebar dan tidak ada link sama sekali selain menuju website seperti Wikipedia.

2 praktek di atas adalah sangat salah dari sisi SEO. Memang benar Google mengaku memberi “reward” ke website yang memberikan referensi yang berkualitas. Tapi reward ini hanya sebagai kompensasi atas poin yang hilang.

Seandainya anda mempunyai artikel yang bagus yang membahas masalah yang sama dengan website lain tersebut, maka jauh lebih menguntungkan jika anda memasang link menuju artikel anda sendiri. Anda akan memberikan poin yang lebih besar ke artikel anda yang lain tersebut.

External link menuju website lain yang berotoritas itu baru direkomendasikan jika anda benar-benar tidak punya halaman artikel yang membahas hal tersebut. Google memberikan “kompensasi” ini agar orang tidak takut mereferensikan konten yang berkualitas, tapi jauh lebih baik mereferensikan konten sendiri….

Kalaupun anda benar-benar harus mereferensikan website yang berkualitas, maka usahakan external link tersebut tidak menjadi satu-satunya link di dalam artikel anda. Kalau bisa; anda sebaiknya memasang internal link sebanyak-banyaknya untuk 1 external link (misalnya anda memasang 5-10 internal link untuk 1 external link). Ini akan memperkecil poin yang bocor dari halaman anda.

Jadi seperti ini cara menggunakan external link yang perlu anda perhatikan, jika anda mau optimasi SEO anda tidak bermasalah.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!