Kenapa SEO Blogspot Lebih Sulit?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Seo blogspot sulit
Beberapa tahun lalu banyak orang yang menganggap kalau blogspot lebih mudah untuk dioptimasi SEO. Tapi berbeda dengan fakta hari ini, kalau kita mengecek hasil pencarian di Google… kita akan melihat kalau blogspot semakin sedikit saja di halaman pertama hasil pencarian….

Bahkan menggunakan nama domain sendiri, tidak banyak membantu. Apa ini tidak terasa aneh? Jumlah pengguna blogspot yang gratis itu seharusnya lebih banyak dari CMS Wordpress yang berbayar; tapi kenapa SERP Google sangat sedikit menampilkan blogspot?

TRUST Blogspot Rendah

Satu aturan yang sederhana dari SEO adalah; semakin susah dan semakin mahal pembuatan sebuah website berarti semakin serius….

Coba pikirkan beberapa hal di bawah ini….
  • Lebih susah mana menulis artikel pendek atau artikel yang panjang mendetil?
  • Lebih susah mana menulis 1 artikel seminggu atau 7 artikel seminggu?
  • Lebih mahal mana pakai blogspot atau sewa hosting?
  • Lebih mahal mana sewa domain 1 tahun atau sewa domain 5 tahun?

Nah itu dia… Jadi kalau anda punya blogspot gratisan yang hanya diupdate sekali seminggu; jelas anda akan terlihat kalah serius dari website hosting berbayar yang update setiap hari. Dalam dunia SEO kita menyebut ini sebagai TRUST….

Faktor TRUST ini adalah sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan oleh mereka yang mau membuat website untuk tujuan SEO.

Alasan dari TRUST ini penting sangatlah sederhana; karena Google berusaha meniru penilaian manusia. Jadi sekarang coba anda bandingkan antara 2 website/blog di bawah ini. Keduanya mengoptimasi SEWA MOBIL JOGJA…. (sorry 😄 bukan live link)
  • http://www.sewamobiljogja.org/
  • http://jogjaempatroda.blogspot.co.id/2014/08/sewa-rental-mobil-jogja-murah.html
Tentu kedua website ini bisa memberikan persepsi yang berbeda kepada anda. Akan ada penilaian awal di mana anda akan beranggapan layanan yang satu akan lebih profesional daripada layanan yang lainnya. Walaupun pada kenyataannya belum tentu seperti itu….

Tapi ya begitulah dunia marketing; kesan pertama itu sangat perlu…. Dan Google juga memakai ini di dalam sistem penilaiannya…. Jadi anda harus sangat SERIUS jika mau membuat website untuk SEO, terlebih lagi untuk kata kunci yang persaingannya sangat tinggi.... Habis-habisan saja, selama yakin profitnya nanti lebih besar....

Google Memberi Poin Tambahan Untuk Fungsi

Banyak website seperti lazada yang membuat website dengan banyak fitur tambahan untuk mempermudah konsumennya melakukan pencarian. Fitur-fitur seperti ini membutuhkan script khusus dan penyimpanan yang memungkinkan fungsi ini berjalan....

Google memberikan nilai tambah untuk website-website yang memberikan fungsi yang bisa mempermudah pengunjung dalam mengakses konten yang sangat besar.

Blogspot tidak memberikan fleksibilitas untuk mengembangkan fungsi di halaman web anda. Jadi pada umumnya anda hanya bisa mempunyai blog dengan fungsi yang sederhana. Kalaupun terlihat sedikit "canggih", maka itu biasanya hanya ditampilan saja dan bukan fungsi website anda.

Kebocoran Poin Di Blogspot Besar

Ada saja script di blogspot yang membuat poin anda keluar dari halaman; bahkan footer pun membocorkan poin anda dengan external link menuju blogger atau kredit tema. Tentunya ini sangat mudah di atasi bagi yang paham HTML….

Tapi tetap saja kebocoran link itu besar. Apa anda tahu kalau semua gambar di blogspot adalah external link? Semua gambar di host di alamat yang berbeda dari blog anda. Berbeda subdomain saja sudah akan dipandang sebagai external link; jadi tentu saja berbeda domain sudah pasti external link….

Jadi pengguna blogspot sebaiknya jangan terlalu banyak memakai gambar di dalam artikelnya….

Ada banyak sekali blog wisata yang memakai banyak sekali foto; dan ini akan mempersulit blog tersebut untuk ranking….

Apakah ada solusi untuk mengatasi kelemahan blogspot ini? Ya tentu saja ada; anda bisa mengatasinya dengan memperbanyak internal link supaya poin yang bertahan di blog anda lebih besar dari yang keluar…. Tapi untuk mempunyai banyak internal link tentunya anda harus rajin posting artikel baru.

Jadi jika anda adalah pengguna blogspot dan berharap bisa ranking dengan baik di Google, maka sebaiknya perhatikan beberapa hal ini:
  • Rajin menulis
  • Sebaiknya gunakan nama domain sendiri untuk menghindari persaingan sesama blogspot di SERP (Google membatasi jumlah domain yang sama di SERP)
  • Jangan terlalu banyak memakai gambar
  • Lebih aktif untuk mendapatkan backlink

Untungnya Blogspot bisa membuat anda santai dengan servernya yang sangat handal. Server GSE blogspot ini begitu handal sampai waktu muat anda tidak akan ada masalah walaupun jumlah request dalam satu halaman lebih dari 100 request….

Btw, kalau ada yang tanya kenapa blog ini masih blogspot saja.... berarti orang itu pembaca baru di blog ini. Jadi saya ucapkan selamat datang di blog saya  👀👌

Dalam berapa postingan saya pernah menjelaskan kalau blog ini hanyalah blog untuk sharing saja; bukan blog atau website utama saya. Ranking atau tidak ranking sama sekali tidak masalah untuk saya; begitu juga orang mau percaya kontennya atau tidak percaya juga tidak berpengaruh sama sekali.... 😁

Jadi semua hal di atas hanya akan menjadi sangat penting jika anda memakai blogspot untuk tujuan yang komersil....💰💰💰


Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!