APA ITU OPTIMASI SEO OFFPAGE?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
APA ITU OPTIMASI SEO OFFPAGE? - Optimasi Offpage adalah suatu optimasi yang anda lakukan dibelakang layar. Tidak ada pengunjung blog anda yang bisa mengetahui sepenuhnya apa yang anda lakukan. Tujuan dari optimasi Offpage adalah membuat robot merasakan blog anda berautoritas, dan membuat semakin banyak orang yang menemukan blog anda.

Pada saat saya berbicara tentang bagaimana orang-orang menemukan blog anda, maka maksud saya bukan hanya trafik dari mesin pencari. Sumber dari trafik itu ada banyak sekali. Bisa situs social network, bisa juga situs web dictionary, dan masih banyak lainnya. Inti dari Offpage Optimization sebenarnya ada dua, yaitu mempromosikan blog dan mencari backlink.

Walaupun blog ini bernama Trik Mudah SEO, saya tidak hanya akan berbicara tentang trafik dari mesin pencari. Saya juga akan sedikit sharing tentang mendapat trafik dari sumber lain, karena sumber lain pun bisa mendukung optimasi saudara untuk mesin pencari (tapi pembahasannya nanti di artikel-artikel lainnya).

Lalu apa yang bisa anda lakukan untuk mengoptimasi blog secara offpage? Setidaknya untuk terlihat sebagai blog berotoritas di mata search engine anda harus mencari backlink dalam jumlah yang banyak tapi tetap terlihat natural. Bagaimana yang dimaksud dengan natural itu?

Usahakan grafik yang menanjak untuk backlink anda. Adalah lebih baik dimulai dari sedikit dan perlahan-lahan bertambah, daripada tiba-tiba banyak backlink membanjiri blog anda dan setelah itu anda kehabisan stok backlink.....

Sebagai contoh saya akan membagikan hasil percobaan backlink saya yang memakai metode grafik yang salah pada salah satu website baru domain sendiri kepunyaan saya. 

Dengan membalap laju backlink sampai sekitar 100.000 backlink hanya dalam seminggu dan setelah itu berhenti memberikan hasil awal yang luar biasa. Hanya dalam 2 bulan Alexa Rank website itu melejit sampai 300 ribuan dengan jumlah pengunjung 600-an orang perhari.

Tetapi setelah itu alexa bengkak lagi mendekati 400 ribuan dan pengunjung berkurang menjadi 500-an per hari. Dan setelah dua bulan kemudian jumlahnya berkurang lagi menjadi 300-an pengunjung per hari dan akibatnya alexa drop hingga hampir 500 ribuan.

Lalu setelah 4 bulan saya mulai lagi menambah backlink sampai 100.000-an, dalam waktu 1 bulan (waktu yang lebih lama). Setelah proses ini selesai, ternyata alexa langsung naik menjadi 200 ribu-an dengan jumlah pengunjung menembus 1200 orang per hari....

Jadi backlink adalah sesuatu yang harus dikerjakan secara berkesinambungan. Dengan sendirinya optimasi SEO offpage adalah sesuatu yang berkesinambungan. Jika anda punya banyak stok, maka lebih baik membaginya dalam rentang waktu yang panjang, daripada menyiksa diri memasang semuanya dalam waktu singkat. Lakukanlah dengan perlahan tapi pasti.

Mendapatkan backlink bukan sesuatu yang mudah. Ini juga yang menjadi alasan para master tidak pernah membagi rahasianya, karena mereka membuat perbendaharaan backlink itu dengan susah payah. Jika mereka membaginya, maka itu sama saja membunuh blog sendiri.

Jadi kalau anda menemukan artikel berjudul "Rahasia para Master SEO", artikel itu sedang membohongi anda. Artikel itu cuma mengajarkan anda apa yang dilakukan oleh para master. Tapi mereka tidak akan membagikan "Bagaimana melakukannya dengan benar?" ataupun membagikan database situs-situs yang bisa disedot backlinknya.

SEO itu ibarat berburu, anda boleh memegang senapan yang sama, tapi pada akhirnya keterampilan dan insting yang terbentuk dari pengalaman yang menentukan. Saya mengatakan ini bukan untuk mengecilkan semangat anda, tapi memang optimasi seo offpage bukan sesuatu yang mudah....jadi anda harus tahu fakta itu.

Hanya saja saya tidak ingin anda tertipu dan merasa sudah memegang rahasia yang sebenarnya tidak pernah dibagikan. Apakah saya akan membagikan stok backlink saya di sini?  Tentu tidak. Blog ini saja masih baru dan saya tidak punya waktu untuk mengoptimasinya dengan optimal. Kalau backlinknya pun saya bocorkan, maka tamatlah blog saya ini.

SEO offpage adalah perjalanan panjang dan tidak seperti dengan onpage yang relatif mudah dikuasai. Masih banyak artikel-artikel susulan yang akan membahas masalah seputar optimasi Offpage ini. Jadi bagi anda yang masih pemula harap bersabar.

OK untuk menutup artikel ini, dan mencegah kebingungan saudara, maka saya membuat rangkuman singkat:
  • Perbanyak perbendaharaan situs-situs yang bisa anda ambil sebagai backlink (Tukaran link benar-benar tidak disarankan). Cobalah situs backlinkwatch.com sebagai permulaan, dan intiplah backlink-backlink dari situs-situs yang sedang mengikuti kontes SEO.
  • Lakukan penambahan backlink dengan grafik menanjak. Lebih banyak tentu lebih baik, asal dengan catatan grafiknya menanjak dalam waktu yang relatif lama.
  • Buat diri anda semakin kreatif dalam hal mencari backlink. Bisa lewat template gratisan, web directory, blog dofollow, shoutbox dofollow, dan masih banyak lainnya.
  • Jangan abaikan sosial media, perdalamlah pengetahuan anda dalam suatu bidang, dan buatlah blog tentang itu, lalu masuki forum-forum yang membutuhkan pengetahuan anda. Dengan atau tanpa mesin pencari, blog anda pasti ramai (tentu saja lebih baik jika mesin pencari mendukung anda)
Sekian dulu artikel pembuka offpage ini....terima kasih sudah singgah membaca di blog ini.

Apa itu optimasi Offpage?

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!