BAGAIMANA CARA KERJA SEARCH ENGINE?

Bagaimana cara kerja search engine? Search engine itu bergantung pada program robot yang sangat rumit biasa disebut algoritma. Robot ini melakukan 4 hal, yaitu menjelajahi internet, mengumpulkan data ke dalam indexnya, menilai penekanan relevansi pada setiap halaman, dan memberikan ranking pada setiap halaman berdasarkan relevansinya dengan suatu kata kunci.

Tentu jika dijelaskan seperti ini saja yang baru memulai bisa bingung. Jadi saya akan menjelaskan keempat fungsi robot tadi. Mudah-mudahan setelah penjelasan ini bisa lebih mengerti bagaimana cara kerja search engine.

Menjelajahi Internet
Sekarang anggap saja internet itu seperti sebuah sarang laba-laba yang besar. Sarang laba-laba itu terdiri dari banyak simpul yang dihubungkan oleh jaring-jaring tipis. Seekor laba-laba tidak bisa menuju ke suatu titik di dalam sarangnya jika tidak ada jaring yang menghubungkannya dengan titik tersebut.

Demikian juga di dunia internet. Anggap saja blog anda adalah sebuah titik di dalam sarang yang luas. Jika anda ingin robot penjelajah atau spiderbot mengunjungi blog anda, maka yang perlu anda lakukan hanyalah mencari link dari situs yang sudah pernah dilalui spiderbot. Dapatkan link sebanyak-banyaknya, maka semakin cepat situs dan halaman-halaman anda dikunjungi spiderbot.

Saudara bisa mendapatkan link ini dengan cara komentar di blog dofollow, atau tukaran link, dan masih banyak metode lainnya. Jangan tertipu dengan layanan search engine submission, yang mengirimkan URL anda ke mesin-mesin pencari. Ini adalah layanan sampah yang tidak ada gunanya. Selain anda butuh waktu yang lebih lama untuk terindeks, sistem ini juga tidak menambah poin anda di mata robot search engine.

Singkat kata, yang dibutuhkan oleh sebuah blog untuk mendapat kunjungan Robot Search Engine seperti Google hanyalah sebuah link dari website lain. Lalu apa yang akan terjadi jika robot tersebut sampai ke blog anda? Baca lebih lanjut....

Membangun Indeks
Setelah spiderbot sampai ke halaman blog anda, maka dia akan membaca semua teks (tulisan) yang ada pada halaman tersebut tersebut lalu menyimpannya ke database search engine. Tempat penyimpanan data ini bisa anda bayangkan sebagai hardisk yang amat sangat besar sekali yang tersebar di beberapa negara.

Halaman yang sudah dibaca, akan dianalisa dan disusun berdasarkan persentase jumlah kata, penekanan-penekanan dengan menggunakan title tag, meta description, bold, dll. Proses ini sangatlah rumit, dan menggunakan banyak algoritma untuk mengenali, yang mana yang penting, dan yang mana tidak penting. Setelah di analisa, maka data-data ini disimpan untuk dipanggil kapanpun ada query yang membutuhkan.

Setelah proses ini selesai, maka blog anda sudah terindeks. Apakah itu berarti blog anda akan ditampilkan Google? Tentu tidak, prosesnya masih panjang. Jadi jangan gembira hanya karena blog anda terindeks. Google bisa saja mengindeks milyaran halaman, tapi hanya ada 10 tempat di halaman pertama. Jadi perjalanan belum selesai. Bagaimana cara kerja search engine saat ada query pencarian kata kunci yang diinput oleh seseorang? Ini bagian pentingnya....

Mengukur Relevansi Halaman Web
Halaman-halaman web yang disimpan di dalam database search engine mempunyai begitu banyak parameter. Semua kata pada halaman tersebut akan dihitung untuk menentukan relevansi halaman tersebut. Teks Jangkar pada link yang masuk pun diperhitungkan, dan ada begitu banyak lagi parameter yang menjadi penilaian suatu halaman. Google menyatakan bahwa ada lebih dari 200 faktor yang menjadi parameter untuk menentukan poin relevansi suatu halaman....

Memberi Rangking untuk Query
Pada saat seseorang membuka situs search engine dan memasukkan kata kunci, maka kata kunci itu akan dipilah per kata dan dicek oleh algoritma robot. Hasil pengecekan tersebut menentukan karakteristik nilai dan parameter yang disetujui oleh search engine. Nilai itulah yang kemudian disesuaikan dengan semua halaman yang disimpan di dalam database. Jika halaman anda yang paling memenuhi kualifikasi maka akan berada di halaman pertama.

Hal-hal dasar yang bisa membantu anda memenuhi poin-poin penting dari 200 faktor tersebut adalah optimasi SEO onpage dan optimasi SEO offpage. Tentunya kembali ke prinsip persaingan bebas, walaupun anda sudah melakukan semuanya anda tetap bisa kalah jika ada yang melakukannya dengan lebih baik. Jadi jika anda adalah blogger pemula dan ingin eksis di dunia maya, ada setumpuk PR untuk dikerjakan. Semoga Sukses....

Terima Kasih sudah singgah dan membaca

Bagaimana cara kerja search engine?

Jika ingin mendapatkan buzz terkini seputar SEO dan blog, silahkan add akun saya di bawah ini
Facebook ---> https://www.facebook.com/ricky.pratama.12139
Twitter ---> https://twitter.com/rickypratamaseo
Dan jika tidak keberatan mohon vote-nya untuk blog saya di sosmed, thanks berat gan!

Silahkan Berkomentar

BAGAIMANA CARA KERJA SEARCH ENGINE?
Ditulis oleh Ricky Pratama
Judul: BAGAIMANA CARA KERJA SEARCH ENGINE?
http://trikmudahseo.blogspot.com/2012/04/bagaimana-cara-kerja-search-engine.html
Rating: 5.0 Base On 458965 reviews
Harap untuk tidak melakukan copy paste! 68 blog sudah terhapus....
Ricky Pratama adalah nama saya, tapi biasa dipanggil keluarga sebagai Tama. Saya seorang blogger yang memulai kegiatan blogging sejak 2009 lalu. Pada tahun 2010 awal sampai akhir 2011 saya istirahat dari blogging karena kesibukan pekerjaan. Tapi sekarang di 2012 kembali lagi blogging, karena ada waktu luang... Blog saya adalah . Saya tinggal di Surabaya, dekat BG Junction . Saya adalah seorang Programmer pada perusahaan Swasta Nasional.
Jasa Backlink Murah Pagerank Tinggi