PERTANYAAN SEO YANG PALING SERING DIAJUKAN

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Berikut ini adalah kumpulan pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan menyangkut SEO. Saya mencoba untuk membuat resensi pendek, dan nantinya akan disusul oleh artikel yang membahas dengan lebih detail. Jadi langsung saja kita bahas satu persatu.

Seputar Pagerank
Apakah Pagerank masih dominan?
Tidak lagi, Algoritma Google sudah sangat kompleks sehingga Pagerank sudah tidak menjadi indikator yang menjamin posisi blog.
Apa yang harus saya lakukan jika Pagerank turun?
Masih berkaitan dengan pertanyaan sebelumnya, jika Pagerank turun anda tidak perlu panik. Teruskan saja kegiatan blogging anda. Coba lakukan white hat SEO untuk optimisasi Onpage dan Optimisasi Offpage hasilnya jauh lebih awet.
Seberapa sering update Pagerank oleh Google?
Kalau tidak salah Update pagerank itu terjadi setiap 2 bulan sekali dalam kondisi normal. Kecuali Google mempunyai agendanya sendiri, maka kadang terjadi pergeseran. Tapi sekali lagi saran saya berhentilah memusingkan Pagerank anda. Dengan pagerank 0 pun anda sudah bisa bertengger di posisi pertama, jika anda melakukannya dengan benar.
Bagaimana cara menaikkan pagerank?
Jika anda benar-benar ngotot ingin menaikkan pagerank, maka hanya ada satu caranya, yaitu memperbanyak backlink saudara.

Seputar Backlink
Apakah Tukaran Link ada gunanya?
Kalau dulu sih iya, tapi sekarang rasanya ini pilihan yang kurang cerdas, selain akan menambah jumlah link pada halaman anda, dan mengacaukan niche blog....saat ini semakin banyak blogger opportunis yang menipu anda, dan kemudian menghapus link saudara. (Tapi kalau mau memasang link ke blog ini tentu saya tidak menolak :) dan terima kasih sebelumnya)
Bagaimana cara untuk mendapatkan backlink?
Saudara bisa melakukan beberapa cara untuk mendapatkan backlink, tapi pada umumnya adalah saudara harus menemukan website yang dofollow, baik itu forum, blog, directory, shoutbox yang dofollow, dan masih banyak lagi. 
Apakah perbedaan Nofollow dan Dofollow?
Nofollow adalah website yang memasang atribut larangan untuk mengirim poin ke luar dari domainnya. Jika anda hanya memfokuskan pada Google, maka anggap saja blog nofollow ini sebagai sampah. Mereka tidak akan memberikan poin apapun bagi anda. Bahkan Google akan menganggap link nofollow sebagai tidak ada link. Sedangkan dofollow adalah link yang hidup dan mengalirkan poin ke website yang ditujunya. Jadi itulah perbedaan dasar dofollow dan nofollow. Menghabiskan waktu membuat daftar blog dofollow adalah agenda awal yang baik anda lakukan sebagai pemula.
Bagaimana cara menemukan blog dofollow?
Saat ini cukup banyak website yang menyediakan daftar blog dofollow. Cari saja lewat Google "Blog Dofollow 2012", maka anda akan menemukan daftar-daftar blog dofollow yang bisa anda komentari untuk mendapatkan backlink. Beberapa di antaranya sudah kembali menjadi dofollow jadi ada baiknya saudara memakai plugin nodofollow pada firefox untuk memudahkan anda.
Apakah Article Submission bisa menjadi backlink?
Tergantung apakah website tersebut dofollow atau tidak. Jadi sebaiknya cek dulu, sebelum menghabiskan waktu anda memposting artikel.
Apa ciri-ciri backlink yang berkualitas?
Jangan terlalu pusing dengan pagerank. Backlink dari website yang alexanya baik jauh lebih berkualitas. Backlink dari website pemerintahan atau akademi (go.id atau ac.id) bisa jadi backlink yang sangat berkualitas. Selain itu, semakin di atas suatu link akan semakin berkualitas. Perhatikan juga agar backlink berasal dari halaman yang tidak dibanjiri link keluar. Terakhir, backlink berkualitas berasal dari situs yang membahas topik yang sama
Yang mana lebih baik; Sedikit backlink dari website berkualitas atau banyak backlink tidak berkualitas?
Jangan dipikirkan, cari saja yang banyak. Karena dari yang banyak itu pasti akan ada yang berkualitas. Tips saya; jika anda menemukan situs yang dofollow buatlah daftarnya dengan memakai excel. Suatu hari daftarnya akan menumpuk dan bisa membantu anda.
Apakah ada yang batas untuk mengatakan pertambahan backlink berlebihan?
Jawabnya TIDAK ADA. Pastikan saja backlinknya terlihat alami. Lalu bagaimana yang dimaksud dengan backlink yang alami? Pastikan anchor textnya bervariasi, dgn persentase kata kunci yang anda target berkisar pada 10% - 30% dari variasi yang anda buat.

Seputar Optimisasi Onpage
Apakah nama domain harus memakai tanda hubung (-)?
Sebaiknya jangan, karena tanda hubung memperkuat indikasi spam. Selain itu survey membuktikan tanda hubung membuat orang gampang melupakan nama website anda.
Apakah semua kata kunci harus dicetak tebal?
Jangan, sebaiknya kata-kata yang pertama dan terakhir saja dari artikel. 
Bagaimana cara melakukan optimisasi Onpage secara menyeluruh?
Silahkan baca di artikel optimisasi onpage yang telah saya buat sebelumnya.

Seputar Ranking SERP
Bagaimana untuk menjadi ranking 1 di Google?
Kuncinya ada pada nilai kompetisi. Anda bisa menjadi juara dengan mudah jika hanya mengejar kata kunci "aku orang ganteng", tapi akan sangat sulit jika mengejar kata kunci yang berkompetisi tinggi karena nilai komersil seperti "pulsa elektrik", "tips forex", dan lain sebagainya. Jadi langkah pertama adalah lakukan riset kata kunci yang sesuai dengan niche blog anda, lalu optimisasi onpage, dan dapatkan cukup banyak backlink untuk halaman tersebut.
Kenapa peringkat bisa turun?
Kenapa blog hilang dari SERP Google?
Blog anda bisa lenyap dari halaman Google bisa karena dua faktor, yang pertama Google dance, dan yang kedua Google sandbox. Google dance itu lebih mirip testing pada halaman-halaman baru yang dilakukan oleh Google, sedangkan Google Sandbox lebih kepada penalty yang diberikan karena pelanggaran blog. Biasanya terjadi karena optimisasi berlebihan pada blog dengan cara yang keliru. Jadi lebih baik menghindari Googe Sandbox ini daripada mencari cara keluar dari Sandbox.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!