Apa itu Web Spam di mata Google?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Saat ini sedang diluncurkan Algoritma Google terbaru 2012, yaitu Google Penguin. Algoritma ini ditambahkan untuk mendeteksi halaman-halaman web yang tergolong spam. Mungkin ada yang masih bingung apa Spam itu? Spam adalah segala kegiatan yang bertujuan untuk menaikkan peringkat blog dengan cara tidak wajar

Apa yang dimaksud dengan Web Spam?

Mari kita bahas satu persatu...
Kualitas isi blog sangat rendah
Google dulu belum mampu menentukan standar dari suatu halaman yang tidak berkualitas. Namun sejak diluncurkannya Google Panda pada Februari 2011, Google sudah dapat mendeteksi halaman web dengan kualitas yang rendah.

Lalu apa yang dimaksud dengan kualitas halaman web yang sangat rendah ini? Sederhananya bisa dikatakan berisi artikel yang sangat pendek, dan asal jadi. Mungkin ada baiknya saudara membaca artikel kenapa artikel berkualitas penting dan juga artikel 6 kesalahan yang membuat trafik blog turun

Penumpukan Kata Kunci
Ini adalah metode spam tertua di muka bumi. Penumpukan kata kunci itu seperti menaruh begitu banyak kata kunci dalam satu halaman dengan harapan bahwa kata kunci itu akan dicerna oleh Google. Sayangnya prinsip kerja robot search engine tidak seperti itu.

Jika anda menaruh kata kunci itu sebanyak dua atau tiga kali, maka grafik untuk kata itu akan menanjak drastis. Tetapi setelah lebih dari itu grafiknya akan mendatar, dan jika anda terus menambahkan maka grafiknya akan mulai menurun.

Setiap kombinasi kata mempunyai grafik yang berbeda, jadi tidak ada yang namanya ilmu pasti di sini. Jadi jangan termakan hasutan orang-orang bahwa mereka adalah pakar SEO. Bahkan orang yang bekerja di Google sekalipun belum tentu seorang pakar SEO.

Cara terbaik untuk membuat website merajai Google adalah membangunnya dengan profesional dan disiplin. Memang ada jalan pintas, tapi tidak bisa awet.

Teks tersembunyi
Ini adalah teknik yang biasa dilakukan orang setelah melakukan penumpukan kata kunci. Agar kata kunci tidak mengganggu pengunjung, maka warnanya disamakan dengan warna background. Banyak blogger tidak menyadari melakukan ini, karena mereka menggunakan template dengan background gambar.

Saat gambar dimuat, tulisan mereka tampak, tapi saat gambar tidak dimuat ternyata warna tulisan berpadu dengan warna background. Sayangnya robot tidak bisa membaca gambar, jadi ini sangat riskan. Coba nonaktifkan pemuatan gambar otomatis di option pada browser Internet saudara. Jika ada tulisan yang menjadi tidak tampak segera ubah warnanya.

Cloaking (Samaran)
Ini adalah pelanggaran kelas berat. Dengan melakukan ini kita membuat search engine menampilkan hasil yang berbeda dengan yang dilihat oleh pengunjung. Pelanggaran ini sangat berat di mata Google. Pelanggaran lain mungkin saja tidak disengaja, tapi cloaking selalu dengan kesengajaan.

Hal itulah yang membuat hukuman dari Google juga tidak main-main, yaitu banned dari indeks mereka. Jika tidak percaya silahkan dicoba. Sekali terdeteksi pasti langsung lenyap dari indeks.

Link berbayar
Ada cerita lucu tentang jasa link berbayar ini, yaitu Google pernah membanned dirinya sendiri. Ya, Google pernah melakukan ban pada Google Jepang karena kedapatan menggunakan jasa link berbayar. Google Jepang dicekal selama 11 bulan lamanya. Masih banyak website besar lainnya yang pernah dibanned karena membeli link.

Tapi rasanya blog-blog kecil seperti punya kita ini juga tidak mampu membeli begitu banyak link. Jadi sebaiknya lebih kreatif mencari backlink untuk mendukung blog-blog kita.

Link Spam
Yang dimaksud di sini adalah menjelajah di Internet untuk menaruh link-link kita di berbagai website atau forum. Ini termasuk black hat karena mengurangi kenyamanan dari halaman website lain. Biasanya banyak orang sekali singgah langsung menaruh belasan link.

Apakah saya melakukan ini? Kurang lebih bisa dikatakan seperti itu. Hanya saja masih dibatasi etika yang diizinkan oleh pemilik blog. Saya mencari backlink dari halaman-halaman dofollow dengan berkomentar sesuai artikel dan tidak menaruh link pada komentar.

Kalaupun saya menarget link pada sidebar dari website, ya harus pamit dengan pemiliknya atau ikuti aturan main yang ditetapkan. Tentu saja ini dalam tanda kutip "terpaksa" dilakukan pada saat blog masih sangat muda. Jika blog sudah berumur biasanya sudah tidak perlu lagi dilakukan.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!