Apakah Pagerank Masih Penting Untuk Peringkat?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Apakah Pagerank Masih Penting Untuk Peringkat? Sebelumnya saya sudah membahas dalam artikel 10 Nasehat SEO yang menyesatkan, bahwa pagerank tinggi bukan jaminan artikel mendapat ranking yang lebih baik pada hasil pencarian. Fakta bahwa artikel pagerank 0 bisa menduduki peringkat lebih baik daripada pagerank 2 atau 3 bisa ditemukan di mana-mana. Hanya saja jika ada yang berpikir saya bermaksud mengatakan pagerank sekarang sudah menjadi sampah. Orang itu salah besar....

Saya tidak mengatakan bahwa pagerank sudah kehilangan peranannya. Jika benar pagerank telah kehilangan peranannya, maka Google sudah pasti tidak akan menggunakannya lagi dan berhenti melakukan update pagerank. Tapi fakta bahwa Google masih aktif melakukan update pagerank membuktikan bahwa pagerank masih berperan di dalam penentuan peringkat suatu halaman web dalam hasil pencarian. Jadi pagerank masih penting dalam tatanan tertentu.

Walaupun sudah tidak dominan, Google tetap menggunakan pagerank sebagai salah satu faktor dalam perhitungan algoritmanya. Dengan demikian pagerank masih menjadi salah satu faktor dan Optimisasi Offpage.... Masalahnya adalah bagaimana menjelaskan pagerank 0 bisa mendapat peringkat lebih baik daripada pagerank 3???

Penjelasannya bisa sangat  rumit, tapi kita coba sederhanakan saja. Dulu pagerank adalah sistem voting yang hanya mengandalkan jumlah backlink yang masuk. Jadi setiap backlink adalah vote yang mendukung kata kunci halaman tersebut secara umum. Semakin banyak vote artinya halaman tersebut semakin penting.

Hanya saja belakangan Google membuat allgoritmanya semakin kompleks dalam perhitungan pagerank. Algoritma Google menggolongkan setiap poin yang diperoleh berdasarkan anchor text yang mengantarkan link tersebut. Selain itu keselarasan konten dan posisi link juga ikut mempengaruhi nilai dari link yang masuk. Bingungkan?

Untuk lebih mudahnya kita buat perumpamaan. Anggaplah ada sebuah halaman yang mempunyai 4.000 link masuk dengan anchor text "Bisnis Online" dan halaman ini mempunyai PR3. Lalu ada seseorang yang mencari di Google dengan kata kunci "Cara cari uang di internet". Google bisa saja menghidangkan halaman ini jika pada halaman ini memang terdapat frasa yang dicari.

Selain itu, Google juga bisa menggunakan nilai pagerank dari halaman ini sebagai salah satu faktor penambah nilai halaman. Hanya saja karena anchor text sama sekali tidak mengandung kata kunci "Cara cari uang di internet", maka algoritma Google akan memberikan "damping factor" alias faktor peredam. Besarnya faktor peredam itu tergantung hasil iterasi dari algoritma Google.

Di sisi lain ada sebuah artikel dengan jumlah backlink hanya 125 link, tapi anchor text-nya tepat "Cara cari uang di internet". Kemudian faktor-faktor optimisasi Onpage halaman ini memang menekankan kata kunci ini, maka bukan hal yang mustahil si PR0 ini bisa berada di atas si PR3 tadi.

Bagaimana cara meningkatkan Google Pagerank?

Tidak ada cara lain selain memperbanyak backlink. Hanya saja backlink itu memperhitungkan jumlah link pada halaman yang memberi backlink. Semakin banyak link pada halaman tersebut, maka semakin kecil poin yang diberikannya karena semakin besar nilai pembaginya.

Percuma saja PR3 pada halaman tersebut jika pada halaman tersebut ada 500 link keluar. Masih lebih baik link dari halaman yang PR-nya 0 tapi jumlah linknya cuma 20, karena hasil baginya masih lebih besar. Ingat, PR0 itu bukan berarti tidak ada poinnya, bisa saja poinnya 0,2 atau 0,4, atau bahkan 0,9.

Tips mencari backlink untuk meningkatkan pagerank.

  • Usahakanlah agar anchor text saudara bisa bervariasi. Jika bisa mempunyai 10 variasi kata kunci akan bagus sekali. Tapi salah satu kata kunci harus menjadi kata kunci utama dan mengambil porsi sebesar 20 sampai 30 persen dari sebaran variasi tadi.
  • Pada umumnya backlink itu kita arahkan pada homepage. Akibatnya PR homepage bisa menjadi jauh lebih besar dari halaman lain. Oleh karena itu cobalah mencari beberapa backlink buat halaman-halaman yang cukup penting dari blog anda.
  • Agar backlink homepage bisa menguatkan artikel cobalah membuat interlink antar artikel agar aliran pagerank di dalam blog bisa cukup merata. Kalau topik blog anda cukup gado-gado sehingga cukup sulit untuk membuat link antar artikel, ... anda bisa memanfaatkan HTML related articles atau Artikel Terkait untuk membuat link antar artikel. Hal ini akan membantu pagerank tersebar di artikel-artikel anda.

Jadi jika ditanyakan "Apakah Pagerank Masih Penting Untuk Peringkat?" Jawabnya adalah masih, tapi pagerank saat ini harus bekerjasama dengan unsur-unsur optimisasi onpage dari suatu halaman. Jadi SEO tetap harus dilakukan secara keseluruhan dan bukan hanya berfokus pada backlink untuk pagerank.

Silahkan Berkomentar

1 comment:

Fritz said...

Tes komentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!