Long Tail Keyword Solusi Blog Baru

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com

Apa itu Long Tail Keyword?

Long tail keyword adalah kata kunci panjang yang terdiri atas 5 kata atau lebih. Kata kunci ini jelas jauh lebih mudah dikuasai daripada kata kunci yang pendek. Kebanyakan blog yang baru melakukan optimisasi satu atau dua bulan berharap bisa menaklukkan kata kunci pendek. Sebenarnya ini bukan langkah yang baik untuk sebuah blog baru.

Bagaimana Menggunakan Long Tail Keyword?

Sebenarnya penerapan long tail keyword ini sangat dipengaruhi oleh tipe dari blog anda. Apakah blog anda itu artikelnya campur-campur atau mempunyai tema tersendiri akan mempunyai optimisasi yang berbeda. 

Maksud saya seperti ini, jika blog anda mempunyai tema campur-campur, maka sebaiknya pengoptimalan kata kunci panjang ini ditekankan pada masing-masing artikel. Sedangkan jika tema anda cukup spesifik, maka penekanan kata kunci panjang bisa dipusatkan pada homepage dari blog anda.

Saya buat contoh kasus; sewaktu saya membuat blog ini di akhir maret 2012 jelas saya tidak bisa berharap mendapatkan pengunjung dari Google jika saya membidik kata kunci yang pendek seperti "Tutorial SEO" atau "Belajar SEO". Tentu saya bisa membuat blog saya ini terindeks, tapi indeksnya hanya ada di halaman 10, lalu apa gunanya? Apakah akan ada yang mengunjungi blog saya jika saya cuma dipamerkan di halaman 10?

Tapi lain kasus jika saya membidik kata-kata kunci yang panjang. Jadi saya mulai memikirkan kata-kata kunci apa saja yang akan dicari orang. Apa saja long tail keyword yang bisa diandalkan oleh blog saya ini? Jelas saja blog saya ini membahas SEO, Blogging, dan Traffic. Jadi saya mulai melakukan riset kata kunci untuk mengetahui kata kunci apa saja yang banyak pencariannya.

Setelah saya mempunyai daftar kata kunci pendek yang banyak pencariannya, maka saya tinggal mencari variasi long tail keywordnya dengan membuka halaman pencarian Google. Saya ketikkan kata kunci pendek, dan mesin ini akan memberi saran kata kunci panjangnya....
mencari long tail keyword
Jadi saya melakukan beberapa riset untuk mengumpulkan 30 kata kunci panjang, untuk saya kerjakan selama dua bulan, karena waktu blogging saya yang sangat sedikit. Ternyata taktik kata kunci panjang ini cukup berhasil. Satu persatu kata kunci panjang ini mengambil posisi di halaman pertama, dan saya mulai menuai banyak kunjungan.

Seandainya saya terlalu fokus untuk menguasau kata-kata kunci pendek, saya yakin trafik pengunjung ke blog saya ini masih akan sangat sedikit. Jadi luangkan waktu anda untuk mengumpulkan kata kunci yang panjang, habiskan waktu istirahat siang untuk membuat satu artikel setiap harinya, dan habiskan malam anda untuk memburu backlink. Mungkin ini sedikit masukan buat pemilik blog baru.

Selesai! Lumayan sambil menunggu hasil presidential election dari Amerika. Saat ini 268-203 untuk kemenangan Obama. Ada yang buat artikel untuk long tail keyword pemilu amerika ini? Besok pasti akan meledak pembaca topik ini.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!